Wisata Air Terjun di Bali Terindah yang Tak Banyak Orang Tahu

Air Terjun di Bali

Pulau Bali memang menawarkan keindahan alam yang tak ada duanya. Terdapat berbagai macam tempat wisata yang Anda bisa temukan di Bali. Selain pantai, wisata air terjun di Bali juga bisa Anda kunjungi.

Banyak sebaran wisata air terjun di Bali yang menghadirkan suasana alam terindah untuk mengobati rindu Anda terhadap keheningan dan nuansa tentram yang dihadirkan. Gemericik air yang mengalir dari atas tebing, berpadu dengan suasana alam yang mengesankan semuanya bisa Anda dapatkan. Berikut rekomendasi wisata air terjun terindah yang bisa Anda kunjungi!

Wisata Air Terjun di Bali Terindah

Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan
  • Alamat :  Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Jam buka : 06.30 – 18.30 WITA
  • Harga tiket masuk : Rp 20.000,00

Air Terjun Tegenungan merupakan wisata air terjun di Bali dengan ketinggian 15 meter yang memiliki aliran air sejuk dan bersih. Oleh sebab itu, seringkali air terjun ini menjadi tempat penduduk sekitar mandi dan berendam bahkan berenang.

Air Terjun Tegenungan

Selain terdapat air terjun utama, di dekatnya telah dibangun tempat – tempat pemandian untuk mandi yang aliran air di pemandian tersebut berasal dari sumber mata air alami di Tegenungan. Bagi Anda yang punya nyali, atraksi lompat dari atas tebing ke kolam air bisa dilakukan, tapi kalau tidak bisa berenang dan nyalinya masih ciut, jangan coba – coba ya!

Air Terjun Sekumpul 

Air Terjun Sekumpul

  • Alamat : Sekumpul, Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali 
  • Jam buka : 07.00 – 18.00 WITA
  • Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Air Terjun Sekumpul bisa dikatakan merupakan salah satu air terjun yang paling populer di Bali. Salah satu air terjun di Bali terindah ini memiliki 7 tebing terjunan air yang berkumpul. Oleh karena itu, air terjun ini dikenal sebagai Air Terjun Sekumpul.

Ada banyak aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan setelah sampai di Air Terjun Sekumpul, mulai dari bersantai, bermain air, berendam, atau berfoto – foto. Namun untuk sampai di sana, Anda harus bersiap melewati trek yang cukup menantang dan berjalan beberapa ratus meter sampai masuk ke dalam sungai. Anda yang memang suka petualangan, dijamin deh akan puas berwisata di Air Terjun Sekumpul ini!

Air Terjun Kanto Lampo

Kanto Lampo Waterfall

  • Alamat : Jl. Kaliasem lingk.kelod kangin, Beng, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WITA
  • Harga tiket masuk : Bayar seikhlasnya

Air terjun Kanto Lampo merupakan air terjun berundak yang berada di Bali. Tebingnya tidak terlalu tinggi sehingga tidak terlalu berbahaya. Di bawah air terjun berundak ini sudah terdapat kolam yang bisa dipakai berendam.

Aliran air di air terjun ini sangat  jernih dan bersih. Tempatnya memang sangat tersembunyi sehingga tentu saja Anda bisa berkunjung ke sini kapan pun Anda mau tanpa perlu khawatir keramaian. Jika Anda memang ingin berlibur ke tempat – tempat yang menjanjikan kesejukan dan ketenangan, Air Terjun Kanto Lampo mampu memberikannya untuk Anda.

Aling - Aling Waterfall

Aling - Aling Waterfall

  • Alamat :  Jl. Raya Desa Sambangan, Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 
  • Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
  • Harga tiket masuk : Gratis

Untuk bisa sampai di Aling – Aling Waterfall, Anda harus rela trekking selama kurang lebih 10 menit. Sesampainya di kawasan air terjun, Anda akan menemukan air terjun yang terbelah dua. Satu alirannya sangat deras dan satunya lagi memiliki debit yang lebih sedikit.

Aling – Aling Waterfall juga memiliki kolam air yang cukup dalam. Kedalamannya sekitar 4 meter dan sangat ideal untuk dijadikan tempat berenang. Air di sini juga sangat segar dan bersih sehingga bisa dipastikan hal yang wajib dilakukan wisatawan di sini adalah berenang sepuasnya.

Air Terjun Tibumana 

Air Terjun Tibumana

  • Alamat : Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WITA
  • Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 untuk wisatawan domestik dan Rp 15.000,00 untuk wisatawan mancanegara

Air Terjun Tibumana merupakan air terjun di Bangli yang populer dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Air terjun ini dikelilingi tebing – tebing hijau dengan tanaman rimbun yang terasa sangat menenangkan dan menyenangkan untuk dipandang.

Di air terjun ini, selain bisa bermain air, Anda juga bisa berburu foto dengan latar belakang tebing dan air terjun yang menjulang tegak. Kawasan air terjun ini cukup luas sehingga Anda penggemar fotografi bisa memburu berbagai angle fotografi menarik ketika berlibur di sini.

Tukad Cepung Waterfall

Tukad Cepung Waterfall

  • Alamat :  Central parkir waterfall tukad cepung, Jl. Tembuku, Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali 
  • Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
  • Harga tiket masuk : Rp 15.000,00

Tukad Cepung Waterfall merupakan air terjun di Bali yang tak kalah indah dengan air terjun yang telah disebutkan sebelumnya. Keunikan air terjun ini adalah karena letaknya seperti berada di dalam ngarai atau canyon dan diapit tebing – tebing batu yang memberikan pemandangan berbeda dibandingkan air terjun lain yang ada di Bali.

Jika Anda datang ke sini di waktu yang tepat, Anda bahkan bisa mendapatkan foto dengan aksen ‘cahaya surga’ yaitu cahaya yang menembus dinding tebing dan memberikan keunikan berbeda pada hasil foto Anda. Keindahan air terjun ini semakin bisa dinikmati ketika volume airnya deras.

Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit

  • Alamat :  Jl. Raya Bedugul - Singaraja, Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 
  • Jam buka : 24 jam non stop
  • Harga tiket masuk : Anak – anak Rp 10.000,00, dewasa Rp 20.000,00

Last but not least ada Air Terjun Gitgit yang memiliki ketinggian mencapai 48 meter. Pemandangan yang dihasilkan air terjun ini benar – benar mengesankan. Anda akan menemukan terjunan air ke bawah dengan dua kolom yang terbelah batu tebing. 

Hanya saja untuk tiba di air terjun ini butuh perjuangan yang tidak mudah. Lokasinya cukup jauh dan Anda harus trekking dengan cukup sabar untuk sampai di wisata ini. Oh ya, tak jauh dari Air Terjun Gitgit juga terdapat beberapa air terjun kecil lain yang bisa membuat pengalaman wisata air terjun Anda semakin puas.

Jangan lupa siapkan memori card tambahan ketika berlibur di wisata ini karena dengan pemandangan indahnya dijamin Anda tidak akan pernah berhenti memotret. Terlebih jika memang Anda adalah pecinta fotografi.

Akhir Kata

Itulah beberapa rekomendasi wisata air terjun di Bali terindah yang wajib masuk ke daftar kunjungan wisata Anda. Dapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan dan tak ada duanya dengan berkunjung ke salah satu atau sebagian wisata air terjun di atas. Sekian dari Info Hotel, selamat liburan semuanya! Stay Safe!