Cara Cek Izin Resmi Travel Umrah dan Tips Berhaji yang Aman

Cara Cek Izin Resmi Travel Umrah

Salah satu ibadah yang paling banyak diimpi-impikan oleh sebagian besar umat muslim di dunia adalah pergi berhaji dan berumrah. 

Buat kamu yang belum tahu, umrah merupakan istilah yang ditujukan untuk berziarah ke Mekah, atau versi pendeknya dari pertemuan haji tahunan. 

Kata umrah sendiri dalam bahasa Arab berarti “mengunjungi tempat berpenduduk”, yang mana kegiatan ini menawarkan kesempatan bagi umat muslim utuk menyegarkan iman mereka, sekaligus mencari pengampunan dan doa untuk kebutuhan mereka di dunia dan di akhirat.

Tetapi karena ibadah ini mengharuskan kita berkunjung ke tempat dimana ka’bah berdiri, maka secara otomatis harus mengikuti prosedur dari negara bersangkutan, yaitu Arab Saudi.

Dimulai dari passpor dan visa, ternyata kita bisa mendapatkan opsi terbaik untuk bisa menunaikan ibadah haji dengan mudah, yaitu melalui travel umrah. 

Sayangnya, masih banyak pihak tak bertanggung jawab yang "memancing di dalam air keruh" demi mendapatkan keuntungan yang besar melalui kebutuhan masyarakatn kita yang satu ini. 

Alhasil, memilih agen travel umrah yang terpercaya menjadi wajib hukumnya agar kamu bisa terbang ke Arab Saudi tanpa hambatan. 

Ada loh cara cek izin resmi travel umrah demi memastikan nasib kita ditangani oleh orang yang tepat, yang mana caranya akan kita bahas secara lengkap di bawah ini:

2 Cara Cek Izin Resmi Travel Umrah

Cara Cek Izin Resmi Travel Umrah

Dengan mengecek izin resmi travel umrah yang tengah kamu sasar, maka bisa mengurangi kemungkinan resiko terkena tipu. 

Ribuan orang calon haji seringkali batal umrah disebabkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab yang hanya mengeruk keuntungan semata.

Nah, dengan adanya tutorial ini, diharapkan bisa mengurangi korban penipuan seiring dengan berjalannya waktu. 

Setidaknya ada dua cara buat kamu mengecek izin resmi travel umrah yang terdaftar di kementrian. Lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

Melalui Website Kementrian Agama

Melalui Website Kementrian Agama

Perlu diingat bahwa terdapat banyak sekali situs-situs yang mengaku sebagai kementrian agama resmi, padahal hanya tipu-tipu belaka agar mereka mendapatkan detail data kita sekaligus memberikan informasi palsu.

Untuk membedakan antara situs asli dan situs palsu, maka kita harus memeriksa ekstensi domain itu sendiri. Situs resmi menggunakan domain .go.id. Ekstensi domain ini tak bisa didapatkan oleh sembarangan orang, sehingga bisa menjadi acuan terbaik buat kita agar terhindar dari tindakan framing.  

Langkah lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Ketikan kata “simpu kemenag” di mesin pencarian Google.
  2. Kemudian masuk ke website resmi Kementrian Agama Republik Indonesia, dengan alamat website resmi simpu.kemenag.go.id.
  3. Setelah website terbuka, masukan nama travel umrah di kolom pencarian untuk mengetahui apakah agen tersebut terdaftar secara resmi atau tidak. 
  4. Kemudian klik tombol “Cari PPIU” di sebelah kanan kolom pencarian tersebut. 
  5. Jika agen travel umrah yang hendak kita ikuti telah terdaftar di kementrian agama, maka akan muncul namanya di kolom hasil pencarian. 
  6. Beberapa data yang muncul diantaranya: Nama PPIU, Nomor SK, serta Kontak & Alamat.
  7. Jika bisa, coba kamu menghubungi kontak alamat yang tertera di sana demi menghindari campur tangan calo.

Jika misalnya hasil pencarian tersebut kosong, maka sudah dipastikan bahwa agen travel umrah yang hendak kamu ikuti tersebut belum teregistrasi di kementrian agama.

Cara Cek Izin Resmi Travel Umrah hasil pencarian

Sekalipun nampak meyakinkan, agen yang belum terdaftar resmi cenderung lebih beresiko. Saat terjadi hal-hal yang tak diinginkan, maka tak ada organisasi pemerintah yang bisa melindungi dana kita yang hilang jika misalnya mereka kabur atau hilang kontak setelah menerima dana umrah dari kita.

Selalu waspada terhadap agen travel umrah yang belum berizin resmi, karena penipuan sudah banyak terjadi di negara kita dengan embel-embel agama.

Melalui Aplikasi Umrah Cerdas

Cara kedua ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bisa mengeceknya melalui ponsel cerdas dengan beberapa kali ketukan saja.

Namun jika kita mengetikkan kata kunci “umrah cerdas” di Google Play Store atau Apple Store, mungkin ada beberapa aplikasi yang bermunculan. 

Agar terhindar dari kesalahan install, maka pastikan kamu memilih aplikasi dengan ikon gambar seperti di bawah ini. 

Aplikasi Umrah Cerdas

Jika sudah menemukan aplikasi umrah cerdas tersebut, selanjutnya lakukan langkah berikut:

  1. Install aplikasi umrah cerdas di ponsel masing-masing. 
  2. Buka aplikasinya, lalu pilih menu PPIU.
  3. Di sini kamu sudah bisa melihat ribuan daftar agen travel umrah yang telah terdaftar resmi di kementrian agama.
  4. Namun ada cara tercepat untuk bisa mengecek agen travel umrah yang hendak kita gunakan. 
  5. Caranya sama dengan cara pertama di atas, yaitu tinggal memasukan nama agen di kolom pencarian.
  6. Jika agen tersebut sudah terdaftar resmi di kementrian agama, maka data-data penting akan bermunculan dimulai dari nomor SK, tanggal SK, akreditasi, alamat, hingga nama direktur.

Semakin kamu jeli dalam melakukan pengecekan, maka akan semakin terhindar dari penipuan yang seringkali menelan banyak korban dan membuatnya kehilangan puluhan jutaan rupiah. 

Tips Aman Melakukan Umrah

Tips Aman Melakukan Umrah

Setelah kamu mengikuti agen travel umrah yang telah terpecaya, maka pastikan kamu melakukan persiapan agar proses beribadah kamu berjalan lancar.

Ada tips-tips cepat dan sederhana yang bisa kamu lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hindari bentuk syirik dan bid’ah. Pergi haji termasuk ke dalam rukun Islam yang 5, artinya benar-benar sakral dan harus dilakukan dengan hati bersih tanpa melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama.
  2. Hafalkan istilah bahasa Arab dasar, seperti tho’am (makanan), ma’ (air), hafila (bus), dan barang-barang atau aktivitas yang menjadi kebutuhan dasar lainnya.
  3. Titipkan anak-anak pada keluarga terdekat di rumah.
  4. Pastikan tetap terhidrasi selama ibadah berlangsung. Jika kamu pernah berlibur ke Hongkong atau liburan ke Malaysia dan merasakan suhu menyengat di musim panas, maka Arab Saudi jauh lebih daripada itu. Tetap minum secukupnya agar terhindar di heatstroke atau dehidrasi.
  5. Berikan label pada barang-barang secara jelas, seperti air zam-zam, kurma, kacang arab, dan lain sebagainya.
  6. Bawa baju ganti secukupnya.
  7. Hindari membawa barang besar dan tajam, termasuk kamera dan pisau. Selalu ada pemeriksaan barang bawaan ketika sampai di Madinah. 
  8. Jangan berdiri di tengah saat sholat jika bukan pada saat berjamaah. 
  9. Jangan buang sampah sembarangan!
  10. Hindari mengonsumsi makanan yang kurang menyehatkan seperti mie instant atau junk food.
  11. Jangan cari masalah dengan orang lain. Hindari mendorong, mengejek, marah-marah, dan perbuatan tercela lainnya. Allah SWT merupakan Dzat pemaaf, tapi berbeda dengan manusia yang terkadang sulit untuk memaafkan.
  12. Jangan mengambil barang orang tanpa permisi.
  13. Pelajari cara tayammum untuk situasi terdesak.
  14. Dapatkan kartu telepon agar dapat berhubungan dengan orang rumah.
  15. Tukarkan rupiah kamu ke dalam bentuk riyal di broker khusus, dan bukan di bandara atau lobi hotel.
  16. Pelajari tulisan arab gundul, karena hampir semua huruf pada penunjuk jalan ditulis tanpa harakat.
  17. Dalam suatu rombongan, pastikan kamu menempatkan wanita di tengah-tengah dan pria di pinggiran sebagai tameng, terutama di area yang ramai. 
  18. Pastikan datang lebih awal di Masjidil Haram agar mendapatkan area yang nyaman (pastikan dekat dengan AC jika tak kuat dengan suhu panas).
  19. Jangan pernah pergi sendirian. Minimal 2 orang agar terhindar dari situasi panik saat terjadi hal di luar dugaan. 
  20. Jangan mengambil apapun yang telah terjatuh ke lantai demi terhindar dari kecelakaan di tengah keramaian. 

Dengan mengetahui cara mengecek izin resmi agen travel umrah tertentu, maka bisa terhindar dari kerugian finansial.

Sementara mengetahui beberapa tips umrah di atas dapat membuat kamu terhindar dari kecelakaan fisik dan tetap lancar dalam menjalani ibadah haji.