Pesona Gunung Bunder Dengan 5 Kegiatan Wisata yang Mengasyikkan

Sebagai salah satu objek wisata bernuansa alam dan pegunungan, Gunung Bunder berhasil menyihir banyak sekali traveler untuk berkemah dan menikmati segala fitur yang disediakan.

Tempat kemahnya sendiri baru saja diresmikan pada bulan Desember 2020 lalu dengan biaya yang ditawarkan antara 150 ribu hingga 350 ribu untuk penyewaan tenda.

Sementara buat kamu yang tak berniat untuk menginap, maka diharuskan untuk membayar tiket masuknya saja sebesar 30 ribu rupiah. 

Area wisata yang terletak di kota Bogor Jawa Barat ini memiliki ketinggian hingga 1000 meter di atas permukaan laut, sehingga tak heran jika memiliki suhu dan udara yang sangat menyegarkan. 

Suasana asrinya semakin terasa ketika kamu melewati jalanan yang dipenuhi dengan pepohonan rindang, membuat sinar matahari agak malu-malu untuk menembusnya.

Namun entah tujuan kamu untuk berkemah atau sekedar bermain seharian penuh di Gunung Bunder, pastikan untuk tidak melewatkan beberapa aktivitas dan lokasi menarik yang ada di tempat indah yang satu ini.

Menikmati Keindahan Sungai dan Air Terjun

Berbeda dengan sungai-sungai yang ada di kota-kota besar, jenis yang terdapat di pegunungan seperti Gunung Bunder masih belum terjamah dan terkotori oleh limbah pabrik dan sampah masyarakat, sehingga akan nampak begitu menyejukkan saat kita bermain di sana. 

Bukan hanya itu saja, kita pun bisa mencoba mandi di sungai tanpa harus takut terkena penyakit akibat paparan bahan kimia limbah pabrik atau serangga-serangga tropis lainnya.

Untuk menjaga keselamatan kita selama bermain di sungai, pengelola objek wisata Gunung Bunder pun menyediakan guide yang profesional dan mengenal medan. 

Sekalipun mereka tak mematok harga untuk jasanya tersebut, tapi bukan berarti kita tak menghadiahi apa-apa kepada mereka.

Cukup berikan uang tips seikhlasnya saja agar mereka bisa merasakan kegembiraan seperti halnya kamu saat bermain air di sungai.

Perlu diketahui juga bahwa terdapat tiket yang harus kamu bayarkan sebelum masuk ke area sungai sebesar 10 ribu. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pemeliharaan lingkungan karena lokasi ini dikelola oleh pemerintah setempat.

Hiking Aman Tanpa Beban

Pengelola Gunung Bunder pun kini sudah membuka paket hiking yang bisa diikuti oleh semua kalangan usia – asalkan masih kuat untuk berjalan jauh. 

Harga paket tersebut adalah 150 ribu per orang untuk perjalanan menjelajahi gunung sambil menikmati berbagai macam pemandangan dan air terjun yang indah.

Harga tersebut tentunya sudah termasuk fitur-fitur tambahan seperti makan satu kali, snack, dan pemandu yang akan menemani kegiatan hiking tersebut. 

Alhasil, acara naik gunung pun hampir-hampir tak ada resiko yang bikin kita deg-degan. Semuanya benar-benar terkontrol karena adanya profesional hiking yang siap membantu jikalau ada hal-hal yang tak diinginkan atau di luar dugaan.

Acara hiking ini akan lebih disarankan buat kamu yang tengah memiliki acara berkemah di tempat tersebut, sehingga momen dan nuansa adventure pun akan semakin terasa.

Di tempat ini pun dikemas dengan banyak sekali air terjun yang hampir mengelilingi semua area. Asyiknya lagi, semua lokasi curug tersebut saling berdekatan sehingga kita bisa mendatanginya satu per satu sambil melakukan acara hiking.

Kejernihan air dan ketenangan kolam di bawah air terjunnya pun cenderung aman untuk kita sentuh. Jadi, jangan lupa membawa baju ganti jika kamu tergoda untuk mandi dan berendam di sana.

Pemandangan Matahari Terbenam Tiada Duanya

Selepas kamu menjelajahi gunung bersama guide hiking profesional, kini saatnya kembali ke perkemahan di sore hari demi melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Dari bumi perkemahan Gunung Bunder, lapisan awan yang indah saat matahari terbenam berlangsung akan sangat begitu jelas terlihat. 

Bahkan esensi dari sunset itu sendiri bisa nampak lebih terasa ketika adanya tingkat atas dan bawah awan yang saling bersinggungan secara harmoni.

Warna cemerlang yang terpantul di awan memberikan gradasi warna merah dan oranye ketika detik-detik sang matahari mencoba bersembunyi dari pandangan kita diantara pegunungan dan horizon yang lapang. 

Segera ambil jepretan terbaik kamu melalui area terbaik di Gunung Bunder bersama orang tersayang.

Efek psikologis yang mampu meningkatkan kepuasan jangka panjang tersebut tentunya dapat memberikan manfaat terhadap keadaan tubuh kita sehingga terhindar dari stres dan depresi, serta penyakit terkait gangguan mental lainnya.

Alhasil, berlibur ke Gunung Bunder pun bisa kamu jadikan pengobatan atau mencegah masalah kesehatan yang seringkali tercipta akibat kerasnya dan sibuknya aktivitas kota-kota besar.

Makan-Makan di Malam Hari

Sekitar 1 jam selepas matahari bersembunyi dari pandangan kita, segera sewa alat pembuat Barbeque seharga 30 ribu saja untuk menikmati hidangan spesial bersama keluarga.

Coba bayangkan, kita bisa menyantap makanan hangat sambil merasakan dinginnya cuaca gunung, maka akan menjadi kenikmatan tersendiri.

Belum lagi sebuah lanskap berupa gemerlap lampu-lampu kota yang bisa kita lihat dari kejauhan, maka akan melengkapi setiap momen yang kamu lewati di Gunung Bunder.

Untuk alasan inilah, kamu harus mempersiapkan dua hal terpenting saat malam tiba, yaitu baju hangat dan bahan-bahan untuk membuat barbeque itu sendiri.

Suhu di tempat tersebut bisa mencapai kurang dari 16 derajat celcius secara alami, sehingga tubuh pun harus dilengkapi dengan pakaian yang memadai. Belum lagi angin gunung malam yang ganas dan gampang membuat kita masuk angin dan jatuh sakit.

Begitupun dengan bahan makanan untuk membuat barbeque. Dikarenakan di tempat ini hampir tak ada warung terdekat yang menyediakan bahan masakan yang diperlukan, maka kamu harus membawanya sendiri dari rumah.

Rencanakan bersama keluarga bahan apa saja yang ingin kamu bawa. Sementara untuk alat masaknya sendiri sudah disediakan oleh pihak pengelola Gunung Bunder tanpa harus capek-capek mencarinya ke sana kemari.

Menikmati Sunrise di Pagi Hari


Setelah terbangun di tendanya masing-masing, maka pastikan kamu melihat keluar tepat sebelum pukul 6 pagi untuk menyaksikan fenomena matahari terbit yang indah.

Sama halnya seperti saat matahari terbenam, momen ini pun tak boleh kamu lewatkan sama sekali karena bisa memberikan efek emosional yang menggugah jiwa raga sebagai bagian dari terapi stres dan depresi.

Apalagi lokasi perkemahannya yang terletak di lereng Gunung Salak, maka kita pun akan disuguhkan dengan pemandangan indah tiada duanya sambil merasakan udara yang begitu menyegarkan.

Hal ini tentunya tak akan pernah kamu dapatkan saat beraktivitas pagi di kota besar, mengingat kesibukannya yang sebagian besar menggunakan kendaraan bermotor dan menyebabkan tingkat polusi semakin menyebar di pagi hari.

Tepat di atas Gunung Bunder, kita akan bisa meilhat warna-warna indah dan garis sinar yang ringan dan panjang. 

Terbitnya matahari yang rendah di cakrawala akan membuat sinarnya menembus lapisan atmosfer, sehingga memberikan pemandangan luar biasa untuk kamu kenang dan ceritakan kepada orang-orang terdekat saat pulang nanti.