4 Tempat Wisata Gunung Galunggung Untuk Mengatasi Stres

Menghabiskan waktu liburan kamu di sebuah puncak gunung bisa menjadi salah satu momen mendebarkan sekaligus menyenangkan. Selain dapat merasakan udara segar dan dingin, juga akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang menghampar luas.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, ada sebuah tempat yang wajib kamu datangi, yaitu Gunung Galunggung. 

Tak jauh dari pusat kota Tasikmalaya yang hanya berjarak sekitar 17 KM saja, kita bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan pribadi, kemudian cari tempat penitipan atau parkiran kendaraan terdekat dan mulai mendaki melalui 620 anak tangga untuk bisa sampai ke puncak.

Gunung Galuggung sendiri memiliki ketinggian hingga 2168 meter diatas permukaan laut. Untuk alasan ini jugalah, kamu harus membawa persediaan yang mumpuni. 

Nah, selain asyiknya menjelajahi dan menaiki gunung itu sendiri, kita pun bisa menikmati beberapa area wisata terkenal yang ramah lingkungan dan dapat diakses oleh semua orang.

Jadi agar acara main ke Gunung Galunggung kamu semakin seru, maka cobalah beberapa objek wisata seperti yang sudah disusun di bawah ini secar terperinci.

Menyaksikan Kawah Gunung

Tanpa perlu kita ragukan lagi, kawah gunung bukanlah pemandangan biasa yang dapat kita lihat setiap hari. Objek wisata ini harus didatangi di beberapa lokasi tertentu di ketinggian.

Dengan begitu, pastikan kamu untuk tidak melewatkan menyaksikan pemandangan spektakuler dari kawah Gunung Galunggung saat menginjakkan kaki ke tempat tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kita wajib menggerakkan kaki terlebih dahulu demi menaiki 620 buah anak tangga untuk bisa mendapatkan momen berharga tersebut. 

Memang sedikit melelahkan, akan tetapi semua usaha kamu pasti akan terbayar secara kontan. Pasalnya, kawah Gunung Galunggung sendiri nampak begitu indah dilengkapi dengan lanskap-nya yang hijau dan menghampar luas.

Objek wisata ini sangatlah cocok buat kamu yang suka dengan petualangan dan aktivitas luar ruangan. Sebagai bonusnya, pikiran kamu akan merasa terjernihkan dengan background alam yang indah tiada tara.

Semakin kita menyatu dengan alam, maka kondisi mental kita akan semakin stabil sehingga bisa menjadi obat bagi para penderita stres dan depresi.

Ada kalanya kita harus beranjak dari kesibukan dan aktivitas kota besar dan meluangkan waktu untuk menikmati alam di Kawah Gunung Galunggung sebagai bagian dari terapi dan meditasi.

Intinya, area kawah gunung ini merupakan tempat terbaik buat kamu yang ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. 

Jika mau, kamu pun boleh melakukan camping tepat di bibir kawah dari Gunung Galunggung tersebut. Carilah tempat aman yang ditempati banyak orang. Berkemah di area yang tak terjamah bisa mendatangkan resiko tersendiri.

Hembusan Air Terjun Curug Agung

Saking derasnya, kita akan merasakan hembusan dari buih-buih air terjun curug Agung saat terhempas ke bebatuan.

Tentunya ini merupakan salah satu momen terasyik yang harus kamu coba saat berkunjung ke Gunung Galunggung. Namun dikarenakan suhunya yang dingin, pastikan membawa ekstra pakaian dan baju hangat, apalagi jika pakaian kamu terkena cipratan air dan basah.

Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 80 meter. Di saat yang bersamaan, kita pun tak disarankan untuk pergi mendekati titik pusat curug tersebut karena arusnya yang deras. Terlalu riskan jika kamu mencoba untuk memaksakan diri mandi tepat di bawah curug tersebut. 

Sebaliknya, cukup pandangi di area yang aman atau bermain air di area sungai yang tak terlalu berbatu.

Pemandangan curug Agung juga akan terlihat semakin indah saat malam hari tiba, karena difasilitasi dengan lampu LED berwarna sehingga akan menampilkan kesan hebat saat kita memandanginya.

Seperti halnya saat kita naik ke puncak Gunung Galunggung untuk menonton kawah, air terjun curug Agung ini juga sangatlah bagus didatangi bersama keluarga. Airnya jernih dan menyehatkan, sehingga cocok buat terapi air sungai. 

Cukup rasakan aliran air yang dingin dan menyegarkan melewati pergelangan kaki kamu. Aktivitas ini saja sudah bisa memberikan relaksasi terhadap semua area organ tubuh kita.

Berendam Air Hangat di Cipanas

Tak jauh dari area air terjun tersebut, terdapat sebuah kolam pemandian air hangat yang juga bagus untuk terapi saat bermain bersama keluarga.

Bahkan Gunung Galunggung sendiri sangatlah terkenal akan pemandian air panasnya, yang kemudian diberi nama Cipanas Galunggung.

Silahkan pilih salah satu kolam yang telah disediakan untuk berendam diri di dalam air panas. Suasana nyaman dan tenang akan kamu rasakan jika sambil memandangi alam sekitar.

Asyiknya lagi, aktivitas berendam kamu akan semakin terasa berkat cuaca di sekitarnya, sehingga nampak memanjakan tubuh kita untuk bersembunyi dari dinginnya suhu Gunung Galunggung.

Sekalipun dibatasi akibat pandemik dan harus membayar tiket seharga 30 ribu per orangnya, akan tetapi masih menjadi spot wisata terbaik untuk menghilangkan stres saat bermain ke Gunung Galunggung.

Jika bisa, cobalah berkunjung di malam hari setelah seharian beraktivitas untuk menghilangkan semua rasa pegal dan capek di tubuh.

Berendam air hangat sebelum tidur juga sangatlah menyehatkan, karena mampu merevilitasi tubuh secara alami dari berbagai macam tekanan akibat pendakian yang panjang menuju puncak Gunung Galunggung.

Pemandian air panas di Gunung Galunggung ini bahkan tak kalah seperti onsen di Jepang. Di bagian depan memang agak sedikit ramai dengan anak-anak yang bermain kesana kemari.

Jadi jika kamu berniat untuk menghilangkan stres tubuh dan pikiran, maka pilihlah area yang lebih dalam karena nampak lebih bagus dan terkelola dengan baik.

Hamparan Gunung di Deck Galunggung

Gunung Galunggung memiliki air terjun yang sangat indah dan difasilitasi dengan lampu LED untuk membuatnya nampak berkilauan saat malam tiba.

Nah, agar kamu dapat melihatnya dengan jelas, maka gunakan saja deck Galunggung yang disediakan oleh tim pengelola tempat wisata tersebut.

Sementara saat di siang hari, kita pun akan disuguhkan dengan pemandangan dan hamparan gunung yang penuh dengan inspirasi dan menenangkan jiwa.

Berbeda dengan saat kamu melihatnya di puncak gunung dengan lantai yang tak rata, deck Galunggung akan memungkinkan kita mampu memandangi semua hasil ciptaan Tuhan tersebut dengan lebih nyaman dan aman. 

Dapatkan jepretan terbaik dari pemandangan atau sekedar selfie. Nikmati pula momen terindah bersama keluarga, teman, atau orang terdekat lainnya dengan menghabiskan waktu di tempat tersebut.

Suasana Deck Galunggung-nya sendiri benar-benar ramah lingkungan karena terbuat dari kayu. Dilengkapi dengan penerangan saat malam hari, kita pun bisa menyaksikan pemandangan lampu-lampu kota di kejauhan, sehingga akan nampak seperti bintang-bintang yang mendarat ke bumi. 

Selalu bawa baju hangat jika kamu memutuskan untuk datang ke tempat ini di malam hari. Jika tidak, suhu udara dan anginnya yang dingin akan terasa menusuk tulang.

Hindari pula membuang sampah sembarangan jika kamu membawa camilan ke sana. Sayangi alam dan gunung dari kotoran yang kamu angkut dari kota agar nuansa asri dan kebersihannya tetap terjaga dengan baik.