Gunung Merbabu - Sejarah, Pesona dan Jalur Pendakian

gunung merbabu

Salah satu alasan kenapa Indonesia di anugerahi tanah yang subur seperti saat ini karena banyaknya jumlah gunung berapi di Indonesia yang tersebar merata di setiap daerah. Abu vulkanik yang disemburkan oleh gunung berapi saat erupsi banyak mengandung mineral dan unsur-unsul lain penyubur tanah seperti sulfur, fosfor, dll. Selain menyuburkan tanah, tentu saja gunung berapi juga punya daya tarik dalam hal pariwisata seperti halnya gunung Merbabu.

Gunung Merbabu adalah salah satu gunung berapi aktif di Indonesia yang berada di ketinggian 3.145 meter dari atas permukaan laut. Gunung berapi dengan tipe strato ini setiap akhir pekan selalu ramai disambangi oleh pendaki gunung yang ingin melihat keindahan gunung Merbabu dan menikmati sensasi berada di atas puncaknya.

Jika kamu punya rencana untuk mendaki gunung ini maka informasi seputar gunung Merbabu di artikel ini akan sangat berguna sebelum melakukan pendakian.

Sejarah Gunung Merbabu

sejarah gunung merbabu

Gunung yang berada di Jawa Tengah ini apabila dilihat dari segi administratif berada di tiga kabupaten berbeda, Semarang di lereng sebelah utara, Boyolali di lereng sebelah timur serta selatan dan Magelang di lereng sebelah barat.

Menurut naskah lama peninggalan Belanda, kata "Merbabu" berasal dari gabungan dua kata "Meru" berarti Gunung dan "Abu" adalah Abu yang merujuk pada Abu vulkanik.

Dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh ahli vulkanologi, tercatat gunung Merbabu pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Ada juga sebuah laporan yang menyatakan gunung ini pernah meletus pada 1570, namun hal ini belum bisa dikonfirmasi kebenarannya karena belum pernah dilakukan penelitian lebih lanjut.

Pesona Gunung Merbabu

pesona gunung merbabu

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung yang mempunyai pemandangan terbaik di Jawa Tengah. Panorama sunset dan sunrise di gunung ini di yakini salah satu yang terbaik. Jadi jangan heran apabila kamu menemukan pendaki yang telah berkali kali naik ke gunung ini namun tidak pernah bosan melakukan pendakian.

Selain itu gunung Merbabu juga mempunyai dua padang sabana yang sama-sama terlihat indah dengan membawa masing-masing karakter berbeda. Di sabana pertama kamu akan menemukan lahan luas yang ditumbuhi rerumputan hijau dengan bukit-bukit sebagai pelindungnya. Area ini biasa digunakan pendaki gunung sebagai tempat beristirahat dan mendirikan tenda untuk menghabiskan malam di gunung Merbabu.

Padang sabana kedua juga tidak kalah indahnya. Walaupun tidak seluas padang sabana yang pertama, di sini kamu akan menemukan bunga edelweis tumbuh subur. Selain itu, di sini kamu juga akan menemukan beberapa pohon yang disebut "Pohon Jomblo" tumbuh di beberapa area padang sabana.

Dari gunung Merbabu kamu juga bisa loh melihat gunung Merapi dari jauh. Kamu bisa melihat jelas gunung Merapi ini apabila kamu berada di puncak tertinggi dari gunung ini yaitu puncak Kenteng Songo. Pemandangan gunung Merapi dari atas ketinggian gunung Merbabu ini seperti tidak ada duanya dan sulit untuk dilukiskan dengan kata-kata.

Alamat dan Tiket Masuk

Alamat: Suroteleng, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia.

Harga Tiket Masuk: Rp 15.000/orang

Jalur Pendakian Gunung Merbabu

jalur pendakian gunung merbabu

Bagi para pendaki, mendaki gunung Merbabu seperti sebuah acara liburan karena medannya tidak seberat dengan gunung-gunung terkenal lainnya di Indonesia. Walaupun begitu, keselamatan tetap menjadi prioritas utama karena ancaman bahaya pasti selalu ada mulai dari kabut tebal, udara dingin, kurangnya sumber air, dll. Oleh karena itu, sebelum melakukan pendakian perlu melakukan persiapan maksimal dan kondisi tubuh dalam keadaan fit.

Untuk melakukan pendakian di gunung Merbabu ini tersedia 5 jalur yang masing-masing punya tingkat kesulitan dan pemandangan yang berbeda beda.

Berikut ke 5 jalur pendakian menuju gunung Merbabu:

  1. Jalur Pendakian via Thekelan
  2. Jalur Pendakian via Wekas
  3. Jalur Pendakian via Gancik
  4. Jalur Pendakian via Selo
  5. Jalur Pendakian via Suwanting

Dari ke lima jalur pendakian ke gunung Merbabu, jalur pendakian via Selo merupakan jalur pendakian paling populer karena medannya tidak sesulit jalur pendakian lainnya.

Apabila kamu baru mendaki gunung Merbabu dan masih minim pengalaman dalam hal mendaki gunung maka prioritaskan menggunakan jalur pendakian yang paling mudah yaitu via Selo.

Ingat, jangan coba-coba mendaki via jalur lain apabila kamu minim pengalaman. Utamakan keselamatan.

Untuk sampai ke puncak tertinggi (Kenteng Songo) setidaknya kamu harus melewati 5 pos dengan masing-masing pos punya kesulitan tersendiri. Start dari basecamp ke pos 1, kamu akan melewati pereng dengan jalan yang lumayan terjal. Dari pos 1 menuju pos ke 2 medannya tidak terlalu sulit karena kamu akan melewati hutan yang ditumbuhi pepohonan rindang. Perjalanan paling sulit berada antara pos ke 4 menuju pos 5. Medannya terasa licin dan cukup terjal.

Namun semua jerih payahmu akan terbayar lunas begitu kamu telah sampai di puncak tertinggi gunung Merbabu.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum melakukan pendakian di gunung Merbabu. Tetap utamakan keselamatan dan happy weekend.