Lagi Liburan, Coba Main ke Tempat Wisata di Gunung Ciremai Ini


Saat liburan panjang tiba, mending kamu berkunjung ke objek alam. Sebagai rekomendasi, kami sarankan mainlah ke Gunung Ciremai di Kuningan, Jawa Barat. Pasalnya salah satu gunung tertinggi di pulau jawa ini memiliki ribuan flora dan fauna unik.

Selain itu, di sekitar gunung ciremai terdapat tempat wisata alam yang sayang kalau ditinggalkan apalagi saat berkunjung ke Kuningan. Tempat wisata yang cocok dijadikan sebagai tempat pelarian dari padatnya rutinitas kota. Beberapa contohnya akan disajikan di bawah ini.

Informasi Umum Gunung Ciremai

Sebelum masuk ke pembahasan inti tentang ulasan tempat wisata di kaki Gunung Ciremai, lebih baik kamu tahu tentang informasi umum gunung tersebut. Itu berguna sebagai bekal jika ingin mendaki, berguna pula sebagai pengetahuan dasar yang mesti dibagikan ke orang lain.Adapun informasi umum tentang Ciremai sebagai berikut :

Nama : Gunung Ciremai (ceremé).

Lokasi : Kuningan, Jawa Barat.

Ketinggian : 3078 mdpl.

Tahun meletus : 1951.

Flora endemik : bunga edelweiss.

Fauna endemik : macan hitam.

Bentuk gunung : kerucut.

Tipe gunung : stratovolcano.

Objek Wisata di Sekitar Gunung Ciremai

Sebagaimana disinggung pada awal artikel, gunung ciremai menyajikan jutaan keindahan alam yang tidak dimiliki tempat lain. Maka dari itu, banyak objek wisata yang berdiri di sekitar kaki gunung tertinggi Jawa Barat ini. Dari beragam tempat liburan terbaik di sana, beberapa di antaranya ada yang akami rekomendasikan, yaitu :

Curug Putri


Curug putri adalah salah satu objek wisata pertama yang dibuka pemerintah Kuningan ke masyarakat umum. Tempat satu ini merupakan air terjun setinggi 25 meter. Air terjun tersebut mengalirkan ratusan debit air dari sumbernya di Gunung Ciremai.

Air yang turun dari atas ditampung dalam satu kolam. Kolamnya berada persis di bawah kucuran air terjun. Kolam tersebut sering dipakai wisatawan sebagai tempat pemandian. Wajar saja karena air di sana sangat jernih dan menyegarkan badan.

Di sekitar kolam disediakan satu musala bagi mereka yang hendak melaksanakan ibadah salat. Disediakan juga kamar mandi untuk tempat ganti baju wisatawan. Jika tidak ingin berenang, ada saung-saung yang berjajar di pinggiran air terjun lengkap dengan karpetnya.

Kalau kamu ingin makan, di sana juga ada puluhan warung yang menyediakan makanan kepada para pengunjung. Tentu tarifnya agak sedikit mahal karena posisinya ada di kawasan wisata. Terlepas dari itu, tingginya harga akan terbayar dengan perut kenyang, dan badan hangat.

INFORMASI CURUG PUTRI

Tiket Masuk : Rp. 8000 – Rp.17500 per orang.

Tiket Parkir : Rp.6000 (motor), Rp.11.000 (mobil).

Jam operasional : 08.00 – 17.00 (setiap hari).

Syarat tidak tertulis : patuhi protokol kesehatan.

Fasilitas : musala, kamar mandi, saung, tempat makan.

Lokasi : Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kuningan.

Curug Landung


Curug landung adalah objek wisata di sekitar Gunung Ciremai yang bisa kamu kunjungi bersama orang tercinta. Objek wisata satu ini merupakan air terjun setinggi 40 meter dengan debit yang keluar mencapai ratusan liter per menit saat musim kemarau. 

Saat musim hujan, debit air semakin besar. Ada yang memperkirakan sampai ribuan liter per menit. Ada pula yang memprediksi ratusan ribu liter air mengocor setiap menitnya. Terlepas dari itu, angka tadi menunjukkan dahsyatnya aliran air. Maka untuk menghindari segala hal terburuk, wisatawan dilarang mandi.

Meski dilarang mandi, wisatawan bisa mengunjungi atau bermain wahana-iwahana lain yang berada di sekitar air terjun. Wahana paling sering dimainkan adalah sepeda gantung sampai flyingfox. Sekiranya ingin foto-foto, wisatawan boleh melakukannya, sebab banyak titik dari air terjun yang layak dijadikan latar belakang gambar.

INFORMASI UMUM

Tiket masuk : Rp.10.000 per orang.

Tiket Parkir : Rp. 3000 per kendaraan.

Jam operasional : 09.00-17.00 (setiap hari).

Syarat tidak tertulis : menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Fasilitas : gazebo, musala, toilet, tempat parkir.

Lokasi : St. Penjambon-Sagara Hiang, Ds. Santana, Kec. Cigugur, Kuningan.

Taman Cisantana


Jika kamu bosan berkunjung ke curug, ada satu tempat wisata yang sangat kami rekomendasikan. Tempat tersebut berada di alun-alun Desa Cisantana. Masyarakat sekitar memanggil lokasi ini dengan Taman Cisantana.

Sama seperti namanya, Taman Cisantana hanya sebuah taman biasa. Fasilitas yang tersedia pun sama seperti taman-taman lain di Indonesia. Sebut saja toilet, lapangan bermain, gelanggang olahraga kecil, warung-warung pinggir jalan, dan sepeda.

Perbedaannya adalah dahulu daerah di sekitar taman ini sangat hancur karena bekas penambangan. Perusahaan yang menambang enggan bertanggung jawab untuk mengembalikan seperti semula. Atas inisiatif dari warga, daerah tersebut ditata sedemikian rupa agar rapih. Akhirnya dibukalah Taman Cisantana sebagai objek yang mesti dikunjungi para pelancong.

INFORMASI UMUM

Tiket masuk : Rp. 10.000 per orang.

Tiket parkir : Rp. 3000 per kendaraan.

Jam Operasional : 09.00-17.00 (setiap hari).

Syarat masuk : cuci tangan, jaga jarak, pakai masker.

Fasilitas : saung, gelanggang olahraga kecil, toilet, lapangan bermain.

Lokasi : Ds. Cisantana, Cigugur, Kuningan.

Situ Cicerem


Situ cicerem sebenarnya sama seperti danau-danau lain di Indonesia. Perbedaannya adalah air yang ada di sini sangat bersih. Saking bersihnya, batu-batu atau barang yang tersusun rapi pada dasar danau terlihat jelas. Maka dari itu, wajar orang-orang menyebut tempat satu ini sebagai danau cermin.

Meskipun sejernih cermin, kamu tidak boleh berenang di situ cicerem. Alasannya danau tersebut sangat dalam, yaitu ratusan meter sehingga ada resiko buat tenggelam. Di satu sisi juga, masyarakat sekitar ingin menjaga kelestarian air di sana dari pencemaran lingkungan.

INFORMASI UMUM :

Tiket : Rp. 2500

Tiket parkir : tidak ada

Fasilitas : gazebo, toilet

Jam operasional : 09.00-17.00 (setiap hari)

Syarat masuk : protokol 3m

Lokasi : Jalan Pasawahan, Kuningan

Bumi Perkemahan Awi Lega


Bagi kamu yang ingin camping dengan teman terdekat, ada satu tempat yang sangat cocok. Lokasinya tidak jauh dengan curug putri, tempat wisata tertua di Kuningan. Tempat tersebut bernama Bumi Perkemahan Awi Lega.

Sama seperti area perkemahan lain, di sini, kamu masih bisa menemukan warung-warung yang siap menjajakan makanan ke semua konsumen. Yang disajikan pun ada beragam, mulai dari gorengan sampai nasi. Fasilitas umum seperti toilet, musala, dan sebagainya dapat kamu temukan, dengan keadaan seadanya.

INFORMASI UMUM

Tiket masuk : Rp. 15.000 per orang.

Tiket parkir : Rp. 5000 per kendaraan.

Fasilitas : toilet, musala, gazebo, dan arboretum.

Jam operasional : 10.00 – 17.00 (setiap hari).

Syarat masuk : protokol 3m.

Lokasi : Bantaragung, Mekarwangi, Majalengka.

Itulah tempat wisata di gunung ciremai yang mesti kamu kunjungi kalau berlibur bersama keluarga. Soalnya sayang bila kamu lewatkan, kamu tidak akan memandang keindahan alam yang dimiliki oleh gunung tertinggi di Jawa Barat ini.