Mengenal Keindahan Wisata Alam Pantai Indrayanti

Mengenal Keindahan Wisata Alam Pantai Indrayanti

Gunungkidul adalah satu di antara kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta  (DIY) yang memiliki sejuta keistimewaan, baik dari segi tempat-tempat bersejarah yang ada di sana hingga obyek wisata kuliner maupun wisata alamnya yang menyajikan serpihan-serpihan surga dunia yang demikian memukau.

Berbicara tentang wisata alam khususnya wisata pantai, di Kabupaten Gunungkidul terdapat banyak jejeran pantai yang bisa kamu kunjungi. Salah satu dari jejeran pantai tersebut adalah Pantai Indrayanti.

Pantai yang juga populer dengan nama Pantai Pulang Syawal ini memiliki tempat sendiri di hati orang-orang yang pernah berkunjung ke sana. Pasalnya, banyak hal-hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke sana. Terlebih lagi, rute menuju ke Pantai Indrayanti tersebut sangat jelas dan mudah.

Hal-Hal Menyenangkan yang Bisa Dilakukan di Pantai Indrayanti

1. Menyaksikan Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Menyaksikan Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Pantai Indrayanti berada di bagian timur dari pantai Sundak, yang ukuran pantainya sangat panjang. Pantai tersebut beralaskan pasir putih sebagai latar utama pemandangan dengan dihiasi beberapa ornamen yang tak kalah indahnya, seperti bukit karang, saung-saung eksotis dan juga air laut yang berwarna biru jernih siap memanjakan setiap pasang mata yang melihatnya.

Maka tidak begitu mengherankan apabila banyak pelancong yang sengaja menghabiskan banyak waktu hanya untuk menikmati panorama menakjubkan yang Pantai Indrayanti suguhkan kepada setiap pendatang.

2. Menikmati Indahnya Sunset and Sunrise

Menikmati Indahnya Sunset and Sunrise

Salah satu alasan utama mengapa banyak pengunjung yang datang ke Pantai Indrayanti adalah untuk menikmati indahnya Sunset dan Sunrise  yang terlihat jelas dari lokasi pantai tersebut. Penampakan matahari terbenam dan terbit memang sesuatu yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Olehnya itu, bagi kamu yang mungkin jarang menyaksikan fenomena di atas, maka berkunjung Pantai Indrayanti merupakan salah satu solusi yang tepat untuk dilakukan.

3. Menikmati Fasilitas Wisata di Pantai Indrayanti

Fasilitas-fasilitas yang terdapat di Pantai Indrayanti menjadi alasan lain pengunjung betah untuk datang ke Pantai Indrayanti. Pasalnya, pihak penyelenggara di Pantai Indrayanti menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung kepuasan bermain dan bersantai di pantai tersebut. Di antara fasilitas yang disediakan adalah sebagai berikut :

Jet Sky

Jet Sky

Jet sky merupakan wahana yang menggabungkan adrenalin sembari menikmati pemandangan biru laut yang cukup menguji adrenalin setiap penikmatnya. Selain memicu ketegangan tersendiri, kamu juga akan merasakan percikan air yang terbelah akibat seluncuran jet sky yang kamu naiki.

Harga yang harus kamu bayar untuk menaiki wahana ini berkisar Rp.250.000. Dengan biaya sebesar itu, kamu berhak menikmati wahana tersebut hingga batas waktu yang telah ditentukan yaitu selama 15 menit.

Children's Play Area atau Area Bermain Anak

Children's Play Area atau Area Bermain Anak

Fasilitas atau wahana menarik yang satu ini tidak dimiliki oleh pantai lainnya yang berada di jajaran pantai Gunungkidul. Wahana ini memang merupakan inovasi terbaru dari pihak pengelola Pantai Indrayanti.

Pengadaan fasilitas ini diawali dengan banyaknya temuan pengunjung yang membawa anak-anak kecil, namun pengawasan dan perhatian terhadap anak-anak tersebut sangat kurang. Untuk mengantisipasi terjadinya kejadian yang tidak diinginkan, maka fasilitas atau wahana ini pun diadakan guna kenyamanan dan keamanan setiap pengunjung.

Saung/Gazebo

Saung/Gazebo

Keberadaan fasilitas ini tentunya merupakan komitmen utama dari pihak pengelola Pantai Indrayanti untu memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang datang. Pasalnya, cuaca di pantai ini terkadang sangat menyengat di kulit. Akibatnya, tak jarang pengunjung mendirikan tenda-tenda sendiri yang mengakibatkan kesan sembrawut dan tidak enak dipandang oleh pengujung lain.

Harga yang kamu harus bayar untuk bisa menikmati fasilitas ini berkisar Rp.30.000 saja. Harga tersebut masih tergolong murah dan terjangkau jika dilihat dari fungsinya. Apalagi jika kamu berkunjung ke pantai ini dengan membawa banyak keluarga atau kerabat. Tentu saja mereka membutuhkan tempat bernaung dan beristirahat agar bisa menikmati panorama alam sekitar pantai sepuasnya dengan nyaman.

Rute Mudah Menuju Pantai Indrayanti

Rute Mudah Menuju Pantai Indrayanti

Jika kamu hendak berwisata ke Pantai Indrayanti, kamu bisa mengikuti rute mudah ini agar tidak sampai terkendala kemacetan apalagi nyasar di jalan, Yuk simak baik-baik mengenai rute ini:

Rute dari Jalan Imogiri

Imogiri adalah nama kota yang berada Kabupaten Bantul, sebelah timur Provinsi DIY. Rute ini melewati daerah pegunungan. Adapun rincian rute jalannya adalah sebagai berikut:

Ketika kamu sudah sampai di daerah Imogiri, selanjutnya carilah rute ke arah Jalan Siluk. Selanjutnya ikuti arah menuju Jalan Panggang hingga sampai di kawasan Saptosari. Tinggal jalan lurus sampai kepada daerah Trowono, kemudian ikuti arah yang menuju Baron. Setelah sampai di Baron, kamu akan mudah menemukan arah menuju ke Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal.

Rute dari Wonosari

Wonosari adalah nama pusat kota Kabupaten Gunungkidul. Rute ini melewati daerah perkotaan dengan rincian rute jalannya sebagai berikut :

Mulailah perjalanan dari Ringroad Timur Jogja menuju Piyungan terus melewati Patuk. Jalan lurus saja mengikuti Jalan Wonosari hingga sampai di daerah Karangrejek. Lanjutkan perjalanan dengan mengikuti arah ke Hargosari hingga sampai di daerah Tepus. Setibanya di daerah ini, dengan mudah kamu akan menemukan plang jalan menunjukan arah petunjuk ke Pantai Indrayanti.

Itulah beberapa rute yang dapat kamu ikuti sebagai petunjuk jalan menuju Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal, selamat mencoba.

Jam Operasional Serta Harga Tiket Masuk & Parkir Kendaraan

Pantai Indrayanti menerapkan beberapa peraturan penting terkait jam operasional dan juga harga satu tiket untuk setiap orang yang ingin mengunjungi pantai indah yang satu ini. Peraturan tersebut di antaranya:

Jam Buka/ Operasional Pantai Indrayanti

Jam operasional Pantai Indrayanti mulai hari Senin hingga berakhir pada hari Minggu dan buka sampai 24 jam alias tidak ada libur.

Peraturan jam operasional tentu akan semakin memudahkan masyarakat yang ingin berkunjung ke sana. Sebab, kita tahu bahwa setiap orang memiliki kesibukan dan hari libur yang berbeda. Ttentu kebijakan ini akan disambut baik, terlebih untuk para pelancong dari luar kota yang jauh-jauh dari tempat asal hanya untuk menikmati indahnya panorama yang disajikan pantai Indrayanti.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket yang diberlakukan mulai dari Rp.10.000 untuk setiap orang, baik dewasa maupun anak-anak.

Harga tiket ini terbilang cukup murah mengingat harga ini sangat layak diberikan untuk fasilitas dan keistimewaan yang akan pengunjung dapatkan di pantai ini.

Harga Parkir Kendaraan

Harga parkir untuk kendaraan sepeda motor sebesar Rp.2.000, Mobil sebesar Rp.5.000, dan untuk Bus sebesar Rp.20.000.

Harga parkir ini sudah sangat wajar dan normal. Ternyata, harga parkir yang diberlakukan di Pantai Indrayanti ini seragam dengan harga parkir yang juga berlaku di beberapa pantai lainnya, semisal Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Sundak, Krakal, dan Pok Tunggal.

Itulah sedikit informasi mengenai Pantai Indrayanti serta hal-hal menarik dan menyenangkan yang bisa kamu lakukan jika berkunjung ke sana. Oleh karena itu, jika kamu merencanakan untuk menghabiskan waktu liburan dengan berwisata, pastikan kamu memasukkan Pantai Indayanti ke dalam destinasi wisata yang akan kamu kunjungi.