Mengenal Lebih Dekat Keindahan Pantai Sawarna

 Ada banyak sekali pilihan wisata pantai indah dan eksotis jika kamu mengunjungi Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.  Salah satunya adalah Pantai Sawarna. Surga yang tersembunyi,  mungkin itulah yang cocok untuk menggambarkan keindahan pantai ini.


Di antara ratusan pilihan pantai di Kabupaten Lebak, nama Pantai Sawarna begitu melegenda dan tersohor disebabkan keindahan serta keunikan pantainya. Oleh karena itu, jika kamu mencari tempat yang nyaman dan menawarkan keindahan alam yang memukau, maka tempat ini sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi di akhir pekan.

Pantai ini akan membuat kamu menjadi lebih tenang, rileks, serta menikmati udara bersih. Bahkan, kepenatan dalam hidupmu seakan terlupakan ketika menyaksikan hamparan keindahan yang tersaji di depan mata.  

Sejarah Desa Sawarna

Ternyata selain menyimpan kekayaan alam berupa keindahan alam yang eksotis, Pantai Sawarna juga menyimpan histori yang cukup panjang dan cukup menarik untuk kita ketahui sejarah asal mula hingga bukti-bukti peninggalannya.

Sawarna merupakan nama desa yang terletak di Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Di desa ini terdapat sebuah tempat kuburan atau makam yang tingginya mencapai 1 meter lebih. 

Makam ini berbentuk persegi yang diketahui sebagai tempat kuburan seorang bangsawan bangsa Belanda. Bangsawan itu bernama Jean Louis van Gogh. Setelah ditelusuri,  bangsawan ini merupakan sepupu dari pelukis terkenal yaitu Vincent van Gogh. Kuburan ini ditemukan oleh warga sekitar pada tahun 2000 dan masih ada sampai saat ini. 

Konon pada pertengahan tahun 1907, bangsawan Jean Louis van Gogh diutus oleh pemerintah Belanda untuk membuka pemukiman di tengah hutan belantara di daerah Tanjung Layar- Ciantir untuk kemudian dijadikan sebagai perkebunan kelapa. Dalam proyek ini Jean Louis van Gogh merekrut beberapa tenaga kerja penduduk sekitaran daerah Banten untuk membantunya menyelesaikan tugas itu. Selanjutnya, para tenaga kerja ini mendirikan beberapa bangunan yang dijadikan tempat tinggal mereka. Hingga bergulirnya waktu, tempat singgah ini semakin banyak dan membentuk satu perkampungan yang mereka beri nama Sawarna. 

Alamat dan Rute Perjalanan

Pantai Sawarna berada di alamat Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Ada beberapa pilihan rute perjalanan yang dapat kamu jadikan petunjuk ke arah Pantai Sawarna dengan menjadikan Jakarta dan Bandung sebagai patokan awal pemberangkatan.

Rute dari Jakarta

Jalur Timur 

  • Jakarta- Ciawi, Bogor-Cibadak/Cikidang-Pelabuhan Ratu-Cisolok-Sawarna.
  • Jakarta- Ciawi,Bogor—Cikidang/Cibadak-Pelabuhan Ratu-Cisolok-Sawarna Jakarta- Ciawi, Bogor-Cijeruk-Cikidang/Cibadak-Pelabuhan Ratu-Cisolok-Sawarna

Jalur Barat:

  •  Jakarta- Serang- Pandeglang- Saketi- Malingping- Bayah- Sawarna.
  •  Jakarta- Rangkasbitung- Gunung Kencana- Malingping- Bayah- Sawarna
  •  Jakarta- Cilegon- Anyer- Labuan- Malingping- Bayah- Sawarna.

Rute dari Bandung

  • Bandung- Cianjur- Sukabumi- Cibadak-Cikidang- Pelabuhan Ratu- Cisolok- Sawarna

Harga Tiket Masuk

Jika ingin berkunjung ke Pantai Sawarna, kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp.5.000,00 per satu orang yang dijadikan alat tukar dengan tiket yang disediakan pihak pengelola untuk masuk ke Pantai Sawarna.

Biaya tiket masuk ini sudah termasuk ke dalam biaya retribusi pengelolaan dan pemeliharaan wisata Pantai Sawarna yang sudah disepakati oleh pemerintah daerah setempat dengan pihak pengelola wisata Pantai Sawarna.

Di dalam Desa Sawarna terdapat beberapa objek wisata pantai yang cukup terkenal, dan setiap pantai mempunyai tempat pos masuk tersendiri. Pos-pos ini berada di Pantai Tanjung Layar dan Pantai pasir Putih, Pantai Pulo Manuk, Pantai Goa Langir, Karang Bokor, Legon Pari dan Goa Lalay.

Untuk kamu yang baru pertama memasuki atau berkunjung ke Desa Sawarna, kamu bisa meminta warga loka untuk dijadikan sebagai pemandu jalan atau kamu ajak teman yang sudah pernah berkunjung untuk menunjukan arah ke Pantai-pantai yang kamu ingin kunjungi.

Destinasi Wisata Pantai di Desa Sawarna

Desa Sawarna mempunyai pilihan pantai-pantai yang indah untuk kamu kunjung. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1.Pantai Tanjung Layar


Pantai Tanjung Layar merupakan destinasi wisata alam utama yang menjadi pilihan terbaik para pengunjung. Bisa dikatakan sebagai tempat wajib yang didatangi pengunjung setiap datang ke Desa Sawarna. Hal ini tidak mengherankan karena Pantai Tanjung Layar memiliki keunikan dari segi arsitektur keindahan alam berupa dua kerang berukuran besar yang menyerupai layar kapal zaman dahulu. Oleh karena itu, masyarakat sekitar menamainya dengan nama Pantai Tanjung Layar.

Selain penjelasan di atas, di tempat ini juga terdapat bongkahan karang berjejer rapi yang kemudian menjadi lapangan yang luas di saat air laut sedang surut. Selain itu, terdapat juga karang berbentuk bangunan benteng yang tengah siap menghalang deburan ombak yang menghantam bibir pantai Tanjung Layar.

Biasanya pengunjung Pantai Tanjung Layar akan ramai pada waktu matahari terbenam (sunset) dan waktu matahari terbit (sunrise).

2.Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari merupakan pantai yang memiliki ciri khas berupa pemandangn yang indah dengan karakteristik warna dan corak lembut, air laut yang jernih kebiru-biruan. Jika terdapat ombak, maka ombaknya cenderung lebih tenang. Makanya tidak heran jika tempat ini menjadi spot menarik untuk dijadikan sebagai tempat berenang atau hanya ingin menikmati keindahan alam yang siap memanjakan setiap pasang mata.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Pantai Legon Pari, kamu harus menempuh perjalanan darat yang cukup melelahkan. Pasalnya. jarak antara tempat pemberhentian kendaraan dengan Pantai Legon Pari terpaut jarak yang cukup jauh. Tapi tenang, pihak pengelola Pantai Legon Pari sudah menyediakan tim pemandu perjalanan yang dapat kamu sewa.

3.Pantai Karang Taraje

Pantai Karang Taraje ini berada di sebelah timur dari Pantai Legon Pari. Pantai ini merupakan favorit bagi kamu yang ingin mencari spot-spot foto yang keren. Pastinya, tidak akan kalah dengan para selebgram idola kamu, karena kamu akan menyaksikan keindahan pasir putih yang terhampar begitu luasnya dan juga terdapat batuan karang besar yang tersusun menyerupai anak tangga Itulh sebabnya mengapa yang kemudian masyarakat sekitar menamainya dengan nama Pantai Karang Taraje.

4.Pantai Karang Beureum


Pantai Karang Beureum merupakan salah satu pantai favorit yang sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Karang Beureum memiliki ciri khas yaitu memiliki corak dan warna karang agak kemerah-merahan jika dilihat secara jauh. Oleh karena itu masyarakat sekitar menamainya dengan nama Pantai Karang Beureum dalam bahasa Sunda Beureum berarti merah.

Pantai ini memiliki keindahan alam berupa keindahan pasir putih yang dipadu dengan merahnya karang yang akan memanjakan setiap pasang mata pengunjung yang melihatnya. Pantai ini biasanya akan sangat ramai disaat matahari terbit (sunrise) dan saat matahari terbenam (sunset).

Itulah beberapa ulasan lengkap mengenai destinasi wisata pantai yang tersedia di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten yang dapat kamu jadikan referensi perjalanan liburanmu. Semoga informasi ini bermanfaat.