Pantai Drini - Wisata, Alamat, Rute dan Tiket Masuk

Pantai Drini
Pantai Drini

Gunung Kidul tidak pernah kekurangan destinasi wisata khususnya pada area pesisir. Jika kamu cuman mengenal pantai Baron, Pantai Indrayanti atau pantai Sepanjang, berarti kamu kurang update karena tepat di sebelah timur pantai Baron ada sebuah pantai yang menawarkan panorama alam nan menawan bernama pantai Drini.

Panorama alam di pantai Drini tidak kalah dengan pantai-pantai lain di daerah pesisir Gunung Kidul yang menawarkan berbagai aktivitas wisata layaknya pantai-pantai yang sudah lebih dahulu dikenal luas.

Pantai ini cukup unik karena tepat ditengah pesisirnya ada sebuah pulau karang yang seolah olah membelah garis pantainya. Menurut warga lokal, dahulu di area dalam dan tepian pulau ini banyak ditumbuhi tanaman perdu jenis Setigi atau bahasa lokalnya Drini (Pemphis acidula). Itulah mengapa pantai ini diberi nama pantai Drini oleh masyarakat setempat.

Apabila air sedang surut, kamu bisa bisa masuk ke pulau ini dengan menaiki tangga yang terbuat dari beton. Di sini kamu akan bisa melihat seluruh lanskap pesisir pantai Drini dari atas ketinggian. Dari atas pulau ini pun nantinya kamu akan tahu bahwa pulau karang ini sebenarnya seperti sebuah benteng yang menahan derasnya ombak dari arah barat pesisir pantai Drini.

Wisata Pantai Drini

Wisata Pantai Drini

Ada berbagai aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di pantai Drini mulai dari berenang, snorkeling, berjemur, memancing hingga ber selfie-ria menjadi aktivitas utama jika kamu datang berwisata ke pantai Drini.

Berikut ulasan satu per satu aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan disini.

1. Panorama Menawan Pantai Drini

Pantai Drini

Pertamakali menginjakkan kaki di sini kamu akan dikejutkan dengan panorama alam menawan di pantai Drini. Di sini kamu dapat bersantai di atas pasir putih yang terjaga bersih sambil menikmati udara segar nan sejuk khas pantai di pesisir Gunung Kidul.

Pemandangan disekitar pantai ini kian menarik dengan perbukitan hijau disekitarnya. Tidak perlu takut kulit akan menjadi gosong karena di pantai ini kamu dapat menyewa tenda siap pakai yang akan membuat wisatawan tetap teduh ditengah teriknya panas matahari.

Selain itu, disebelah barat pantai ini kamu akan menemukan kapal-kapal nelayan lokal sedang berlabuh dan tidak jauh dari lokas itu kamu akan menemukan tempat pelelangan ikan yang bisa kamu beli untuk dibawa pulang.

2. Aktivitas Seru di Pantai Drini

Aktivitas Seru di Pantai Drini

Sudah cukup bersantai saatnya kamu mencoba hal lain di sekitar pantai Drini. Kamu bisa mulai dengan berenang di sekitar bibir pantai atau snorkeling melihat biota laut yang hidup di dalam laut pantai ini.

Tidak bisa berenang! Jangan khawatir, di pantai ini kamu bisa kok menyewa pelampung. Jadi kamu tidak akan ketinggalan menikmati air laut di pantai Drini dari atas pelampung.

Selain itu kamu juga bisa menyewa kano untuk menyusuri perairan yang dangkal disekitar bibir pantai Drini. Tidak ada batas waktu pemakaian kano, jadi kamu bisa sepuasnya menggunakan fasilitas yang dapat muat 2 sampai 4 orang ini.

Ohh iyah, jangan heran apabila kamu melihat ada wisatawan sedang memancing di tepi pantai Drini karena memang pantai ini bisa kamu jadikan sebagai spot pemancingan yang kaya akan biota laut termasuk ikan dalam jumlah besar.

3. Spot Fotografi

Spot Photography Pantai Drini

Kamu yang suka narsis di media sosial sepertinya tidak boleh ketinggalan mengabadikan momen wisata di pantai Drini. Ada banyak spot-spot yang sangat bagus dijadikan backround pengambilan foto.

Jika tidak puas dengan spot photography disekitar bibir pantai, kamu bisa coba naik ke puncak kosakora untuk mengambil gambar dari atas puncak. Pemandangan dari puncak ini benar-benar mengesankan karena di spot ini kamu bisa melihat pantai Kukup dan mercusuar pantai Baron dari atas puncak kosakora.

Namun untuk ke puncak ini kamu perlu berhati hati karena jalannya cukup terjal jadi tidak cocok apabila kamu membawa anak-anak. Selain itu, kamu akan dikenakan biaya 2rb - 5rb rupiah untuk naik ke puncak ini,

4. Kulineran dan Budaya

Kuliner Khas Pantai Drini

Lelah bermain disekitar pantai saatnya mencoba kuliner khas pantai Drini. Di sini kamu tidak akan susah mencari makanan karena disekitar pantai cukup banyak warung makan dengan aneka masakan yang siap mengisi lambungmu.

Selain itu, jika kamu datang berwisata bertepatan tanggal 1 Suro (Tahun baru Jawa) kamu akan beruntung melihat Sedekah Bumi atau biasa disebut Larungan. Ini merupakan salah satu budaya dari masyarakat sekitar yang masih tetap terjaga hingga saat ini.

Alamat dan Tiket Masuk

Alamat Pantai Drini: Desa Banjarejo, Kecamatan Tanungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000/orang

Cara Menuju Pantai Drini

Dari arah Yogyakarta:

Pusat kota Yogyakarta - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Landasan udara Gading - Siyono -Tugu BPD - Wonosari - Jalan Baron - Tanjungsari - Pantai Drini

Dari arah Solo:

  • Rute 1: Klaten - Cawas - Semin - Watukelir - Tanjungsari - Pantai Drini
  • Rute 2: Sukoharjo - Solo - Tawangsari - Seming - Watukelir - Karangmojo - Tanjungsari - Pantai Drini
Oke, itu dia panta Drini, pantai dengan segudang panorama menawan. Selamat berakhir pekan.