Pantai Kuta - Wisata, Alamat, Rute dan Tiket Masuk

pantai kuta
Pantai Kuta

Saat ini siapa yang tidak kenal dengan Bali? Nama ini begitu mendunia dan dikenal luas berkat destinasi wisatanya yang mempesona seolah menyihir wisatawan mancanegara untuk selalu rindu datang ke Bali. Bahkan, orang mancanegara lebih kenal Bali dari pada Indonesia itu sendiri.

Salah satu destinasi wisata paling berperan menaikkan nama Bali ke ketinggian seperti saat ini adalah pantai Kuta.

Yup, pantai yang berada di Kecamatan Kuta ini mendapat pengakuan dunia melalui daya tarik dan pesona keindahannya yang jarang ditemukan pada pantai dibelahan dunia manapun.

Pantai yang dijuluki pantai matahari terbenam ini merupakan salah satu keindahan alam yang sama sekali tidak bisa kamu lewatkan untuk datang menginjakkan kaki disini walau hanya sekali.

Sejarah Pantai Kuta

sejarah pantai kuta

Kamu sebagai generasi milenial yang lahir diantara tahun 1980-1995 pasti tidak akan pernah tahu bahwa pantai Kuta sudah mulai dikenal dunia sejak awal tahun 1970-an.

Namun jauh sebelum pantai Kuta terkenal sebagai salah satu destinasi wisata dunia seperti saat ini, pantai ini merupakan sebuah pelabuhan yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk memperdagangkan produk lokal mereka pada orang yang datang dari luar Bali.

Satu per satu orang luar mulai datang berdagang di Kuta dan salah satunya bernama Mads Lange, seorang pedagang dari Denmark. Mad Lange dikenal sebagai ahli negosiasi, dia pun mulai dikenal oleh raja-raja Bali pada saat itu. Hingga pada awal abad 19 Mads Lange mulai mendirikan basis perdagangan di Kuta. Inilah salah satu sejarah yang menjadi tonggak atau cikal bakal Kuta dikenal luas oleh orang luar.

Oke, cukup dengan sejarah pantai Kuta. Saatnya lanjut untuk melihat daya tarik utama dari destinasi wisata pantai Kuta.

Wisata Pantai Kuta

wisata pantai kuta

Salah satu alasan kenapa pantai Kuta menjadi salah satu destinasi wisata paling menonjol dan paling ramai dikunjungi wisatawan dari mancanegara di Bali karena lokasinya yang strategis. Pantai ini tidak begitu jauh dari bandara internasional Ngurah-Rai dan cuman butuh 10 - 15 menit dari bandara untuk menuju ke pantai Kuta.

Selain lokasi yang strategis pada dasarnya pantai Kuta memang benar-benar mempesona. Dengan garis pantai yang membentang hingga 5 KM, pantai ini menawarkan begitu banyak hal untuk wisatawan.

Kira-kira apa saja yang ditawarkan pantai ini hingga bisa benar-benar membuatmu jatuh cinta dengan pantai Kuta?

1. Sunset

sunset pantai kuta

Salah satu daya tarik utama dari pantai Kuta adalah panorama alam matahari terbenam yang sering disebut Sunset. Memang panorama alam ini terjadi di seluruh permukaan bumi tak kala matahari terbenam. Namun selalu akan ada cerita yang berbeda apabila orang melihat sunset di pantai Kuta.

Rasanya tidak akan terlalu membekas di hati apabila itu bisa digambarkan dengan mudah dalam sebuah untaian kata. Namun jika sulit menggambarkannya maka tentu hal itu benar-benar luar biasa.

Seperti itulah kata-kata yang bisa menggambarkan keindahan sunset di pantai Kuta. Tidak heran kamu akan menemukan banyak wisatawan yang tidak akan beranjak dari tempat duduk mereka sebelum menyaksikan sunset dikala matahari terbenam di ufuk barat.

2. Aktivitas Pantai

pantai kuta bali

Garis pantainya yang membentang sejauh 5 KM dengan pasir berwarna putih bersih padu padan dengan birunya laut pantai Kuta. Membuat khalayak terhipnotis dengan sentuhan sang pencipta. Tidak heran kamu akan menemukan banyak wisatawan menikmati destinasi wisata pantai Kuta ini sambil berjemur atau hanya sekedar berjalan jalan disekitar pantai seolah olah tidak ingin momen mereka di pantai Kuta cepat berlalu.

Selain itu, kamu akan menemukan banyak wisatawan mancanegara berselancar disini karena memang pantai Kuta terkenal dengan ombaknya yang landai. Kamu yang ingin belajar berselancar bisa melakukannya di sini karena di pantai Kuta tersedia fasilitas surfing yang bisa kamu sewa. Jangan khawatir juga kamu tidak tahu akan mulai dari mana karena akan ada instruktur yang memandumu belajar surfing dari nol.

3. Fasilitas

fasilitas kuta bali


Puas dengan aktivitas pantai saatnya kamu mengisi perut. Tidak perlu galau mau makan dimana karena di pantai Kuta ada banyak restoran yang menyediakan makanan lezat untuk kamu coba satu per satu.

Jika merasa isi dompet kamu tidak sesuai dengan harga makanan restoran disekitar pantai Kuta, solusinya kamu bisa keluar dari area pantai Kuta dan masuk lebih dalam ke kawasan Kuta untuk mencari kuliner yang pas dengan isi dompet dan lidah orang Indonesia.

Seperti mencari makanan yang pas, begitu juga saat kamu mencari penginapan. Semakin jauh dari area pantai Kuta maka kamu akan menemukan penginapan dengan harga terjangkau.

Alamat dan Tiket Masuk

Alamat: Jl. Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali

Harga Tiket Masuk: Gratis

Cara Menuju Pantai Kuta

Dari Bandara Ngurah Rai: Gunakan transportasi umum (Bus) Rp 5.000/orang

Akhir kata, selalu ada cerita berbeda yang akan kamu ceritakan setiap kali kamu datang menginjakkan kaki di pantai Kuta. Selamat berakhir pekan.