Pantai Losari dan 7 Hal Wajib yang Harus Dilakukan

Popularitas dari pantai Losari cenderung tak pernah pudar sekalipun di masa sulit seperti sekarang. Bahkan sejarah mencatat bahwa objek wisata ini sudah menjadi area yan paling banyak dikunjungi di kota Makassar.

Dari keseluruhannya, Pantai Losari merupakan tempat yang sangat cocok untuk bersantai di siang hari, merasakan air lautnya yang segar, serta menikmati pemandangan matahari terbenam saat menjelang malam. 

Ditambah lagi adanya berbagai macam spot yang instagrammable, sehingga bisa menjadi surga tersendiri bagi para pemilik akun medsos.

Pantai Losari juga bahkan dilengkapi dengan fasilitas super seperti mushola, dengan begitu tak perlu takut untuk melewatkan jam beribadah kepada Tuhan YME.

Namun terlepas dari itu semua, ada beberapa hal menarik dan seru yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Pantai Losari, yang mana daftarnya sudah dituliskan secara lengkap di bawah ini. 

Mengunjungi Pulau Samalona

Sangat rugi sekali jika kamu jauh-jauh datang ke Pantai Losari tetapi tidak memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Pulau Samalona, yang padahal jaraknya sangat berdekatan dengan bibir pantai itu sendiri.

Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan berjalan sekitar 10 menit ke Dermaga Kayu Bangkoa untuk menyewa perahu bersama teman atau keluarga.

Setelah kamu berlayar layaknya bajak laut selama 30 menit, maka pasir putih dan rona biru cantik dari pulau Samalona akan langsung menyambut dengan ceria. 

Berkat keindahannya yang tiada tara, maka tempat ini pun sangat cocok untuk hunting fotografi. Silahkan lakukan jepretan terbaik kamu untuk mendapatkan foto lanskap terindah, atau sekedar selfie bersama teman-teman dekat.

Ada pula beberapa aktivitas lainnya yang tak kalah seru dan wajib kamu coba, terutama snorkeling untuk menikmati keindahan taman laut yang membiru.

Pagi hari adalah waktu terbaik untuk dipilih. Siapkan pula makanan dan minuman yang bisa dibeli di area pantai Losari untuk kemudian berpiknik dan makan bersama dengan rombongan. 

Menikmati Matahari Terbenam

Di Makassar, Pantai Losari juga terkenal akan pemandangan matahari terbenamnya yang begitu spektakuler dan mempesona.

Dengan beragamnya opsi untuk menikmati pantai Losari, maka banyak pula traveler yang datang berduyun-duyun dengan tujuannya masing-masing.

Ada yang ingin sekedar menikmati semilir angin yang menyegarkan, mandi di laut, snorkeling, atau sengaja datang di sore hari demi menikmati fenomena sunset-nya yang romantis dan menenangkan jiwa.

Untuk alasan ini jugalah, banyak para wisatawan yang rela menunggu hinagga berjam-jam hanya demi melihat cahaya matahari yang berubah warna menjadi ringan dan kemerahan. 

Jadi jika kamu berniat untuk mengambil foto pas pada saat matahari mulai malu-malu turun menuju tempat pengistirahatannya di ufuk Barat, maka pastikan kamu sudah sampai di Pantai Losari sebelum jam 6 sore agar tidak ketinggalan pertunjukkan. 

Berburu Makanan Lokal

Setelah kaki pegal karena berjalan tanpa henti dan perut keroncongan menagih asupan gizi yang seimbang, maka itu pertanda kamu harus segera menyambangi warung atau restoran demi menikmati aneka makanan khas Makassar yang banyak dijajakan di sana.

Demi memenuhi lidah kamu yang menginginkan makanan manis, maka masakan khas Makassar yang disebut sebagai Pisang Epe harus menjadi pilihan utama untuk segera dicicipi.

Disajikan dengan gula merah cair dan kelapa parut, maka akan menggoyang lidah dan bikin ketagihan. Sebuah mahakarya pisang bakar yang datang dari kota Makassar.

Tapi ingat, Pisang Epe itu hanya berupa makanan pembuka saja. Untuk membuat perut kamu merasa lebih kenyang dan lidah terpuaskan, maka cobalah Coto Makassar yang banyak dijajakan di warung-warung sekitaran pantai.

Berasal dari nama Soto, Coto Makassar ini merupakan makanan berkuah dengan kaldu yang begitu lezat. 

Makanan selanjutnya adalah berupa Mie Titi, yaitu sajian mie biasa yang digoreng kemudian disiram kuah kaldu yang guring dengan saus yang menggugah selera.

Kebanyakan para kaum foodie paling memfavoritkan dan menjagokan ketiga makanan ini saat bermain ke Pantai Losari di kota Makassar.

Jadi, mari kita pinjam pengalaman mereka dengan mencicipi ketiga makanan ini dan masukan ke dalam cerita pengalaman kamu yang panjang.

Naik Perahu Bebek

Salah besar jika kamu selama ini hanya mengira bahwa perahu bebek itu hanya bisa dikendalikan di danau saja.

Nyatanya, Pantai Losari punya jenis perahu unik yang satu ini untuk menemani masa santai kamu di tempat tersebut. 

Dengan menaiki perahu mengasyikkan berkepala bebek, maka akan memberikan suatu pemandangan yang dapat dilihat dari luar sudut pantai, sehingga membawa nuansa berbeda saat memandangi pesona alam yang tiada tara.

Bersantai di Malam Hari

Suasana nightlife miliknya Pantai Losari tentunya tak kalah dengan yang ada di Pulau Dewata Bali. Saat kamu bersantai di sini, maka semakin malam malah akan semakin ramai.

Dengan begitu, kehangatan bisa kamu dapatkan saat bermain bersama teman dan kerumunan orang-orang yang datang dari berbagai macam penjuru.

Di beberapa area tertentu dilengkapi dengan penerangan yang sangat memadai, jadi lebih disarankan untuk menghabiskan waktu malam kamu yang panjang di sana.

Banyak aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang di sini, dari nyanyi bareng, membuat api unggun, makan-makan, hingga bersenda gurau dan bercerita sambil membuat lingkaran dengan grupnya masing-masing. 

Momen-momen hangat ini tentunya tak boleh kamu lewatkan begitu saja saat main ke Pantai Losari, karena mungkin tak akan bisa kamu temukan di area yang lain di kota Makassar.

Memancing

Ada pula hobi yang mungkin sulit untuk kamu pisahkan saat melihat air laut, yaitu memancing bersama teman. 

Untuk bisa mendapatkan tangkapan ikan terbaik, maka disarankan mencari lokasi yang lebih sepi agar ikan-ikan tidak berhamburan dan berlarian akibat didekati oleh puluhan wisatawan. 

Cari juga tempat berbatu sebagai pijakan dengan area laut yang lebih dalam dan gelap. Jika misalnya lupa membawa pancingan, maka bisa menyewa atau bahkan membelinya di toko-toko terdekat sekitaran pantai.

Tapi hati-hati ketika air laut tengah pasang, karena ada resiko kamu terhempas oleh ombaknya yang besar di area berbatu tersebut. 

Menginap di Hotel Pilihan

Jika kamu memang berniat untuk menghabiskan waktu beberapa hari di Pantai Losari, maka wajib menyewa kamar hotel yang murah tapi mewah. 

Agar nuansa anak pantai kamu tetap terasa selama masa liburan, maka pilihlah hotel-hotel yang berdekatan dengan lokasi tersebut atau bahkan menampilkan pemandangan laut yang bisa terlihat dari jendela kamarnya.

Demi tujuan tersebut, ada beberapa nama hotel yang muncul ke permukaan, yang diantaranya adalah:

  • Losari Beach Hotel
  • Ibis Makassar City Center Hotel
  • Hotel Aryaduta
  • Quality Plaza Hotel Makassar
  • Hotel Asyra Makassar

Silahkan pilih satu dari kelima hotel di atas, tentunya disesuaikan dengan budget, jumlah orang yang menginap, atau fasilitas dan jenis kamar yang disediakannya.