Tips Liburan ke Pantai Melasti Agar Tidak Rancu

Menawarkan pantai pasir putih yang indah dan tersembunyi oleh tebing kapur besar, Pantai Melasti sudah sering digambarkan sebagai salah satu pantai terbaik di Uluwatu, sehingga tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Pulau Dewata Bali.

Dulu pantai ini lumayan cukup sulit untuk diakses karena formasi bebatuan yang terbentuk sepanjang jalanan menuju lokasi tersebut. 

Akan tetapi, kini sudah banyak perkembangan yang memudahkan kita untuk bersantai di Pantai Melasti, dan membuatnya menjadi salah satu pantai terpopuler untuk didatangi saat ini. 

Jika kamu memang berminat untuk berkunjung ke Pantai Melasti, maka ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu sampai di objek wisata tersebut dengan lebih mudah, dimulai dari waktu kunjungan, cara mengakses, hingga hal-hal seru yang wajib kita lakukan di sana.

Lokasi dan Cara Mengaksesnya

Nama kepanjangan dari tempat wisata ini disebut sebagai Pantai Melasti Ungasan Bali, karena terletak di wilayah Ungasan tepat di Bukit Peninsula.

Jika kunjungan kamu ke Bali adalah untuk mendatangi pantai indah yang satu ini, maka disarankan untuk mencari tempat penginapan di sekitaran Uluwatu atau Ungasan, karena akan memudahkan kita nantinya.

Kemudian setelah berhasil memilih tempat penginapan, maka saatnya kita mulai mengakses lokasi emas yang satu ini.

Cara Tiba di Pantai Melasti

Dari penginapan yang terdapat di Uluwatu, kita bisa menyewa sepeda motor untuk melakukan perjalanan singkat ke Melasti Bali.

Jika kamu tak menginap di area tersebut, maka akan menghabiskan waktu kurang lebih 1 hingga 1,5 jam dari Kuta, Seminyak, atau Canggu, tergantung keadaan lalu lintas pada saat itu.

Kamu juga boleh merental mobil lengkap dengan supirnya sebagai alternatif tambahan, jikalau tak bisa mengendarai sepeda motor.

Banyak kok agen rental mobil berpengalaman yang tarifnya sudah meliputi:

  • Supir berpengalaman.
  • Antar jemput dari hotel ke pantai Melasti, atau sebaliknya.
  • Air mineral gratis.
  • Bensin full tank.

Kemudian sesampainya kamu di Pantai Melasti, maka diharuskan untuk membayar biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah saja. 

Namun jika kamu berkunjung untuk acara pernikahan, sesi pemotretan, syuting, atau acara khusus lainnya, maka akan dikenakan biaya tambahan.

Waktu Terbaik untuk Disambangi

Sama halnya seperti tempat lain di Indonesia, Bali mengalami 2 musim yang berbeda, yaitu kemarau antara bulan Mei dan September, dan musim hujan antara bulan Oktober hingga April.

Disarankan untuk berkunjung ke Pantai Melasti pada saat musim kemarau yang suhu rata-rata pada saat itu adalah sekitar 30 derajat celcius.

Sementara musim hujan tak terlalu disarankan karena bisa merusak acara kamu saat bermain di sana.

Memang di musim basah ada beberapa waktu ketika langit menampakkan warna birunya dan seperti akan cerah seharian penuh, akan tetapi seringkali hujan turun dengan begitu mendadak dan tiba-tiba, sehingga mengganggu mood kamu saat bersenang-senang dan bersantai di pinggiran pantai.

Lain lagi jika kamu berkunjung ke Pantai Melasti di musim panas, maka ada banyak hal yang bisa dilakukan, dimulai dari menikmati matahari terbit di pagi hari, berjemur dan berenang di siang hari, menikmati sunset di sore hari, hingga acara makan-makan di malam hari.

Fasilitas Terbaik

Pantai Melasti terus mengalami perkembangan karena semakin populer di mata para pelancong. Di saat yang bersamaan pula, fasilitas dari tempat ini pun semakin ditingkatkan dari hari ke hari. 

Misalnya, kita bisa dengan mudah menemukan kamar mandi yang bersih, toilet yang tak berbau busuk, dan ruang ganti yang terletak di lokasi.

Ada juga toserba dan beberapa warung kecil sebagai pelengkap kita bermain di sana. Bahkan tempat parkirnya pun diperluas demi menampung para pengunjung yang kian bertambah.

Pastikan kamu membawa uang tunai untuk bisa membeli makanan dan minuman ringan sambil bermain di pantai Melasti. Bawa juga peralatan penting lainnya seperti baju renang, handuk kering, dan tabir surya.

Pilihan Beraktivitas Saat Berlibur ke Pantai Melasti

Sama halnya seperti pantai pada umumnya, kita bisa melakukan beberapa aktivitas dasar selama berkunjung ke sana seperti berenang, berjemur, bermain pasir pantai, atau makan-makan bersama sebagai acara piknik. 

Sayangnya, dikarenakan Pantai Melasti ini masih dalam tahap perkembangan, maka belum ada aktivitas spesial yang bisa kita lakukan di sini. Tak ada snorkeling, berlayar, atau fasilitas hiburan lainnya yang biasanya disediakan oleh pengelola pantai.

Akan tetapi, jika berbicara mengenai aktivitas santai, berjemur, dan merasakan air lautnya yang jernih, maka Pantai Melasti jagonya untuk urusan tersebut.

Pantai Melasti sendiri terbagi ke dalam 3 bagian. Di area tengah saat air surut, maka akan nampak kolam batu kecil yang terbentuk di sepanjang garis pantai dan menciptakan tempat yang sempurna buat kita untuk menenangkan diri.

Sekalipun momen tersebut mampu mengundang banyak sekali para wisatawan yang tengah bermain di sana, tapi bukan berarti kamu melupakan area timur dan barat dari Pantai Melasti, karena tak kalah dalam memberikan nuansa menenangkan dengan pemandangan lautnya yang begitu indah.

Misalnya, di sebelah timur kita akan menemukan tanjung yang terbentuk secara alami dari batu kapur, sementara di sisi barat adalah tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam bersama orang tersayang. 

Secara geografisnya, pantai Melasti dikelilingi oleh tebing, sehingga jika kita melihatnya lebih dekat, maka akan disuguhkan dengan sejumlah pemandangan laut yang menakjubkan dari berbagai macam sudut berbeda.

Saat artikel ini dibuat, terdapat arena yang baru saja dibangun dan kemungkinan digunakan untuk menyelenggarakan upacara adat dan pertunjukan lokal.

Pada Saat Jam Makan

Aktivitas bermain kita tentunya harus dibarengi dengan wisata kuliner demi menambah kembali tenaga yang mulai hilang setelah bergerak seharian. 

Tidak ada salahnya untuk berpiknik dan membawa bekal makanan dari rumah atau hotel tempat kamu menginap, tapi akan lebih praktis jika membelinya di warung terdekat. 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kita akan dengan mudah menemukan beberapa warung di tepi pantai yang menyuguhkan makanan cepat saji yang lezat dan kelapa segarnya yang khas dengan harga super murah. 

Atau jika kamu menginginkan tempat makan yang lebih mewah, maka disarankan untuk mengunjungi La Palmila Beach Club, yang mana menawarkan layanan pantai VIP berupa kolam renang, cabana, dan bahkan bar yang patut kamu coba. 

Tak berhenti sampai di sana, kita pun bisa menemukan Karma Beach Club jika terus berjalan di sepanjang garis pantai dari area tengah menuju arah Barat. 

Tempat ini menawarkan restoran dan bar bergaya klub tepat di tepian air laut, sehingga bisa memberikan nuansa unik dan spesial tersendiri saat kita menyantap makanan yang seringkali menggoyang lidah para traveler dan pelancong dalam maupun mancanegara.