Pantai Pandawa, Pantai Indah dengan Hamparan Pasir Putih di Bali


Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai terindah di Indonesia. Terletak di area Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Memiliki julukan The Secret Beach—Pantai Rahasia, karena lokasinya yang ada di balik perbukitan. Nama pantai Pandawa mendeskripsikan lima buah patung tokoh Pandawa Lima dan satu patung Dewi Kunti — ibu mereka, yang terpahat di salah satu sisi tebing sekitar pantai yang sangat besar.

Sejarah Pantai Pandawa

Awalnya, banyak orang yang tidak tahu keberadaan pantai ini. Karena letaknya yang memang tersembunyi di balik tebing sehingga dijuluki Pantai Rahasia. Namun beberapa tahun kemudian, pantai ini mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Pada tahun 2004 silam, beberapa wisatawan mengunjungi pantai ini meski akses untuk menuju masih sangat seadanya. Akhirnya, pada tahun 2010 Prajuru desa menjadikannya sebagai tempat wisata. Mulailah dibangun berbagai infrastruktur dan perbaikan kondisi. Sehingga pada tahun 2012, pantai ini resmi dibuka sebagai tempat wisata dan jumlah pengunjung meningkat secara signifikan.

Jika Anda sedang mencari tempat yang nyaman dan indah untuk melancong di Bali, Pantai Pandawa bisa menjadi tempat paling favorit. Bagaimana tidak, ada banyak daya tarik yang bisa Anda temukan di sini.

Hal-Hal Menyenangkan yang Bisa Dilakukan di Pantai Pandawa


1.Olah Raga Air dan Paralayang

Ada banyak jenis olah raga air yang bisa Anda lakukan di pantai ini, antara lain: Flyboard, Flying Fish, Rolling Donut, Banana Boat, Sea Walker, Parasailing, Snorkeling, Wakeboarding, Jet Ski, Skuba Diving, Glass Bottom Boat.

Selain itu, pantai ini sangat recommended sekali untuk Anda yang ingin terbang dengan Paralayang. Anda bisa terbang dari atas Bukit Timbis menuju Pantai Pandawa.

Anda bisa terbang memicu Adrenalin, sambil menikmati pemandangan indah pantai dari angkasa. Lihatlah pesona tebing yang memukau dan rasakan embusan angin sejuk di tubuh Anda.

Biaya sewa alat Paralayang ini bervariasi sesuai paket yang diambil, yaitu mulai dari Rp 400 ribu.

2.Berenang Sepuas Hati Anda

Keindahan pantai ini hampir tak bisa digambarkan dengan kata-kata. Satu hal yang tak bisa diragukan dari pantai ini adalah air lautnya yang sangat jernih, serta pasir putih paling bersih se-Indonesia. Selain itu, ombaknya yang begitu tenang menjadikan pantai ini cukup aman untuk berenang.

3.Berjemur dan Bersantai

Terdapat banyak jasa penyewaan kursi lengkap dengan payungnya yang tersedia di pantai ini. Biasanya ada tersedia di sisi kanan pantai. Anda bisa berjemur dengan view terindah yang belum pernah Anda temukan di pantai lain. Langit biru berkolaborasi sempurna dengan pasir putih yang lembut.

Sambil berjemur, Anda bisa menikmati minuman kelapa muda. Jika lapar, ada banyak aneka makanan khas Bali di jual di sini. Bahkan, makanan khas seluruh daerah Indonesia dan ala barat pun ada. Harganya sangat terjangkau. Nasi goreng standar hanya dijual 15.000 rupiah, ayam goreng lalapan 15.000 rupiah, mi kuah 15.000, dan kentang goreng 25.000 rupiah. Sedangkan ikan bakar 80.000 rupiah, cumi bakar 50.000 rupiah, udang goreng 50.000 rupiah.

4.Berkeliling Pantai dengan Kano

Anda dapat bermain kano di Pantai ini. Banyak tersedia jasa penyewaan kano di sekitar area pantai.

Tarif cukup terjangkau, untuk menyewa kano berkapasitas 1 orang, tarifnya berkisar Rp.25.000 per jam, sedangkan kano berkapasitas 2 orang bisa disewa dengan tarif Rp.50.000 per jam.

Dengan Kano ini, Anda bisa puas berkeliling dan melihat betapa indahnya laut biru yang dikelilingi tebing kapur. Anda akan mendapat fasilitas jaket pelampung sebagai alat keselamatan apabila Kano terbalik.

Jika sebelumnya Anda tidak pernah bermain kano, maka di sini Anda bisa mencoba untuk menikmati sensasinya menaikinya, sembari menikmati suguhan panorama alam yang sangat di indah di sekitarnya.

5.Budidaya Rumput Laut

Selain bisa menikmati berbagai fasilitas dan wahana olahraga air yang tersedia di Pantai Pandawa, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mempelajari bagaimana melakukan budidaya rumput laut. Pasalnya, di bagian sisi barat pantai, terdapat budidaya rumput laut yang dilakukan oleh warga setempat.

Anda bisa melihat langsung bagaimana petani rumput laut mengikat, menanam, dan menjemur bibit rumput laut. Anda akan dipersilahkan mengenal dan berkesempatan mempelajari budidaya rumput laut ini.

6.Pijat Refleksi di Tepi Pantai

Ada banyak penduduk lokal yang menawarkan pijat tradisional. Manjakan tubuh Anda sambil bersantai menikmati pemandangan di tepi pantai yang indah. Banyak jenis pelayanan yang bisa Anda pilih. Tarifnya sangat terjangkau, yaitu berkisar mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 150ribu

Selain pijat refleksi, beberapa teknik pijat lainnya antara lain pijat khas Bali, pijat Pandawa, dan pijat refleksi kaki.

7.Oleh-oleh Dari Kerajinan Unik

Banyak kerajinan unik yang bisa Anda jadikan oleh-oleh saat pulang nanti. Tersedia banyak toko yang menyediakan barang-barang khas Bali, seperti pakaian, kain, barang-barang seni, dan lain-lain.

Barang-barang unik khas Bali memang termasuk salah satu oleh-oleh yang paling membanggakan .

Fasilitas Wisata di Pantai Pandawa


Setelah mengetahui beragam daya tarik yang bisa Anda lakukan di atas, pastinya Anda tertarik untuk memilih Pantai Pandawa sebagai tempat berlibur bukan?

Hal itu wajar, apalagi fasilitas yang tersedia di lokasi pantai sangat lengkap. Pihak pengelola sudah mempersiapkan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan aktivitas, mulai dari area parkir, kamar mandi, serta rumah makan.

Bagaimana Cara Menuju ke Pantai Pandawa?


Nah, jika Anda tertarik untuk mencoba pengalaman mengesankan di pantai ini, Anda bisa dengan mudah menuju ke sana. Jarak dari Bandara Internasional Ngurah Rai hanya sejauh 18 km dan dapat ditempuh selama kurang dari satu jam perjalanan.

Sedangkan jarak dari pusat kota Denpasar hanya sepanjang 27 km melalui jalur tol Bali Mandara.

Meski belum tersedia transportasi umum yang langsung menuju pantai, Anda bisa menggunakan beberapa pilihan transportasi seperti bus pariwisata, jasa rental/sewa mobil, atau menggunakan taksi.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Pandawa ini? Jika iya, kamu bisa memasukkan obyek wisata yang satu ini ke dalam daftar destinasi wisata yang akan kamu kunjungi pada musim liburan mendatang.

Lebih direkomendasikan sewa mobil berikut dengan sopir, untuk menjamin kenyamanan Anda berwisata. Karena sopir di sini sudah sangat paham peta arah berbagai objek di Bali.

Harga Tiket Sangat Terjangkau

Sesampainya di sana, Anda cukup membayar tiket masuk sekitar Rp8.000. Sedangkan biaya parkir sekitar Rp5.000 (mobil) dan Rp2.000 (motor).

Waktu Paling Pas Menikmati Pemandangan Pantai

Pergilah pada pagi hari atau sore hari karena tidak terlalu panas. Namun, lebih bagus di sore hari, karena Anda berkesempatan menikmati suasana langit senja berwarna jingga.

Pantai Pandawa baru buka mulai pukul 08.00 - 19.00 WITA. Namun, bagi yang ingin berkemah atau menikmati suasana malam, Anda bisa meminta izin kepada pihak berwenang.