Pantai Sadranan - Wisata, Alamat, Rute dan Tiket Masuk

pantai sadranan

Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya yang hampir merata disemua kabupaten. Namun dari sekian banyak destinasi wisata di Yogyakarta yang paling menonjol tentu saja yang ada di Gunungkidul. Hampir disetiap sudut kabupaten ini kamu akan menemukan destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal ataupun dari luar daerah saat libur.

Daerah ini punya potensi pariwisata melimpah terutama di daerah pesisir. Pantai di pesisir Gunungkidul memang salah satu yang terbaik di Indonesia dan jumlahnya tidak main-main. Ada sekitar 50 lebih pantai di Gunungkidul yang punya karakteristik berbeda beda dan menawarkan berbagai keindahan untuk kamu nikmati.

Ciri khas dari pantai di pesisir Gunungkidul adalah hamparan pasirnya yang berwarna putih seolah olah menjadi seperti magnet yang ingin menarik wisatawan untuk datang melihat keindahannya.

Begitupun pantai Sadranan, pantai di pesisir Gunungkidul ini salah satu yang terbaik dan menawarkan berbagai hal untuk wisatawan. Mau tahu lebih banyak tentang pantai ini! Mari kita ulas lebih banyak tentang pantai yang berada di Dusun Pulegundes ini.

Asal Usul Pantai Sadranan

asal usul pantai sadranan

Disamping sebagai objek wisata, pantai yang tidak begitu jauh jaraknya dengan pantai Drini ini merupakan tempat bagi sebagian masyarakat lokal menggantungkan hidupnya dengan mencari nafkah sebagai nelayan.

Selain itu, sebagian masyarakat lokal juga mempertahankan sebuah budaya turun temurun yang disebut "Nyadran". Ritual ini merupakan sedekah terhadap laut sebagai rasa syukur masyarakat terhadap pencipta alam semesta yang kerap memberikan mereka rezeki berupa hasil laut melimpah.

Nyadran inilah menjadi asal usul nama pantai Sadranan yang dikenal hingga saat ini.

Wisata Pantai Sadranan

wisata pantai sadranan

Sebagai salah satu pantai terbaik di Gunungkidul tentu saja pantai ini mempunyai segudang daya tarik. Mulai dari hamparan pasirnya yang putih, kondisi lingkungannya yang bersih hingga pemandangan disekitar pantainya juga bisa dibilang tidak ada duanya berkat pulau karang disekitar pantai seolah menawarkan pantai ini pemecah ombak alami.

Belakangan pantai Sadranan juga mulai dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk melakukan aktivitas snorkeling berkat kekayaan dan keanekaragaman biota lautnya. Jadi untuk liburan, pantai Sadranan merupakan pilihan paling pas bagi kamu yang punya agenda berwisata di pantai. Mari kita ulas lebih jauh daya tarik pantai ini.

1. Aktivitas Pantai

aktivitas pantai sadranan

Banyak hal yang bisa kamu lakukan saat bersiwata di pantai Sadranan, salah satunya aktivitas pantai. Di sini kamu bisa menikmati suasana pantai Sadranan sambil berjalan jalan menyusuri hamparan pasir putih ditemani dengan angin sepoi-sepoi di bibir pantai.

Puas jalan-jalan, kamu bisa melanjutkan aktivitasmu dengan berenang di bibir pantai. Jernihnya air di bibir pantai akan membuatmu betah berlama lama menghabiskan waktu dengan berendam. Selain itu kamu juga bisa menyewa pelampung dari ban-ban untuk melengkapi hari-harimu bermain air di pantai Sadranan. Tidak puas dengan ban-ban, kamu bisa menyewa kano bersama temanmu menyusuri perairan dangkal di pantai Sadranan.

Ohh iyah, perlu kamu ingat semakin siang ombak di pantai Sadranan semakin kuat oleh karena itu tetap berhati hati dan jangan sampai lupa diri bermain jauh dari bibir pantai.

2. Snorkeling

snorkeling pantai sadranan

Selanjutnya daya tarik dari pantai Sadranan adalah kekayaan biota lautnya. Di pantai Sadranan ada beberapa spot terkenal sebagai tempat snorkeling. Kamu bisa menikmati beragam biota laut dan terumbu karang yang hidup di perairan pantai Sadranan.

Jangan khawatir apabila kamu tidak membawa perlengkapan berenang atau snorkeling ke pantai Sadranan karena kamu bisa menyewa perlengkapan renang atau snorkeling di sini dengan harga bervariasi mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 50.000 dengan standar internasional tentunya.

Aktivitas snorkeling ini tentunya tidak bisa kamu lakukan sepanjang waktu, semuanya tergantung dari kondisi laut di perairan ini. Apabila air laut sedang surut kamu bisa melakukan snorkeling namun apabila sedang pasang, jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas snorkeling karena bisa jadi kamu akan terseret ke tengah laut.

3. Camping

camping pantai sadranan

Jangan heran jika kamu menemukan banyak anak muda mendirikan tenda di pantai Sadranan karena memang hal ini boleh dilakukan. Jika kamu juga ingin mendirikan tenda bersama temanmu, kamu bisa menyewa tenda dengan kapasitas 4 orang seharga Rp 50.000.

Aktivitas camping di tepi pantai Sadranan ini akan semakin meningkat tak kala malam minggu atau hari-hari libur lainnya. Jadi jangan sampai ketinggalan merasakan camping di tepi pantai Sadranan.

4. Panorama Sunset

sunset pantai sadranan

Walaupun tidak seindah sunset di pantai Kuta, tetap saja panorama sunset selalu membawa daya tarik bagi wisatawan. Hal itu pun terjadi di pantai Sadranan.

Kamu bisa menikmati sunset di pantai Sadranan dari gazebo yang berada di bukit sekitar pantai Sadranan. Pengalaman ini tentunya tidak akan terlupakan, apalagi kamu datang dengan pujaan hatimu. Rasanya dunia ini hanya milik berdua...hehe

Alamat dan Tiket Masuk

Alamat: Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000/orang

Cara Menuju Pantai Sadranan

Dari pusat kota Jogjakarta arahkan kendaraanmu ke Pasar Wonosari. Dari Pasar Wonosari, belok kanan menuju pantai Drini. Setelah tiba di pantai Drini lalu arahkan kendaran yang sedang kamu gunakan ke timur hingga menemukan petunjuk arah jalan ke pantai Sadranan.

Oke, sekian dulu jalan-jalannya. Selamat berakhir pekan.