Pantai Sanur - Wisata, Alamat, Rute dan Tiket Masuk

pantai sanur

Tidak ada habisnya jika kita omongin Bali. Daerah yang dikenal dengan segudang destinasi wisatanya ini selalu jadi tujuan wisata bagi pelancong dari dalam maupun luar negeri yang seolah olah terbius dan selalu penasaran dengan keindahan pulau Dewata.

Ada banyak destinasi wisata di pulau Bali dan salah satu yang tidak bisa kamu lewatkan jika datang melancong ke pulau Dewata adalah pantai Sanur. Pantai yang berada di sebelah timur kota Denpasar ini menawarkan segudang daya tarik bagi orang yang haus akan keindahan alam pulau Bali.

Masyarakat awam mungkin hanya mengenal nama "Pantai Sanur", namun pada dasarnya area ini sebenarnya memiliki tujuh pantai, diantaranya Matahari Terbit, Semawang, Merta Sari, Batu Jimbar, Karang Sanur, Sindhu dan Segara Ayu.

Tidak ada salahnya juga sih hanya menyebutkan nama pantai-pantai ini sebagai Pantai Sanur karena sebutan ini telah dikenal luas dan memiliki sejarah yang panjang.

Banyak hal yang ditawarkan pantai Sanur ini dan kamu tidak boleh melewatkan setiap jengkal keindahan tersebut.

Sejarah Pantai Sanur

sejarah pantai sanur

Sama seperti pantai Kuta, pantai Sanur telah lama dikenal luas oleh dunia. Namun tahukah kamu pantai ini awal mulanya diperkenalkan oleh seorang seniman dari Belgia!

Pantai Sanur sebagai tujuan destinasi wisata pertamakali diperkenalkan oleh seorang seniman berkebangsaan Belgia pada tahun 1937 yang bernama Adrian-Jean Le Mayeur. Seniman Belgia ini punya kedekatan emosional dengan daerah ini karena istrinya memang asli Bali bernama Ni Pollok, seorang penari legong yang sering menjadi model dalam lukisan Adrian.

Uniknya, Adrian memperkenalkan pantai Sanur dan sejumlah destinasi wisata di Bali lewat hasil karya seninya berupa lukisan yang dipamerkan ke berbagai negara. Adrian mulai dikenal dunia pada tahun 1933 lewat sebuah pameran lukisan di Singapura menggunakan Ni Pollok sebagai modelnya. Tiga tahun bekerjasama, akhirnya Adrian menikahi Ni Pollok pada tahun 1935 dan menetap di Sanur.

Pada tahun 1957, Adrian dan pemerintah Indonesia sepakat menjadikan lukisan dan kediaman Adrian sebagai museum yang hingga kini masih lestari dan bisa kamu nikmati pada museum Le Mayeur di kawasan pantai Sanur, Denpasar, Bali.

Wisata Pantai Sanur

wisata pantai sanur

Jika kamu sedang mencari destinasi wisata di Bali untuk bersantai maka pantai Sanur merupakan jawaban yang pas karena suasana pantai Sanur begitu tenang dan kondisinya pantainya selalu bersih. Apalagi garis pantainya membentang hingga 8 KM membuat kamu bisa melakukan berbagai hal, terutama bagi kamu yang suka dengan aktivitas pantai.

Mau tahu lebih banyak tentang pantai Sanur! Berikut beberapa hal yang ditawarkan pantai Sanur yang akan membuat liburanmu terasa lebih lengkap.

1. Sunrise

sunrise pantai sanur

Jika pantai Kuta terkenal dengan sebutan "Pantai Matahari Terbenam" maka pantai Sanur sebaliknya. Pantai ini terkenal dengan nama "Pantai Matahari Terbit" karena panorama alamnya terlihat sangat mengagumkan ketika matahari mulai terbit dari Timur.

Tidak heran kamu akan menemukan wisatawan mulai menjejali pantai Sanur pada dinihari dan enggan beranjak dari tempatnya sebelum momen sunrise berlalu dari pantai Sanur. Bahkan ada sebagian wisatawan yang sengaja menginap di sekitar pantai Sanur hanya untuk menunggu momen sunrise ini.

Jadi jika kamu punya kesempatan datang ke sini, jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan sunrise dari pantai Sanur.

2. Aktivitas Pantai

aktivitas pantai sanur

Kamu yang suka atau ingin belajar berselancar sepertinya harus kecewa tidak bisa melakukan hal itu di sini. Ombak di pantai Sanur begitu tenang sehingga tidak mendukung aktivitas selancar. Namun jangan berkecil hati karena banyak aktivitas pantai yang bisa kamu lakukan di sini, salah satunya bersantai.

Kamu akan sangat nyaman menikmati pantai Sanur sambil berjalan jalan atau duduk menikmati sejuknya udara di sekitar pantai Sanur. Selain itu, kondisi pantai sepanjang 8 KM ini begitu bersih dan suasananya cukup tenang membuatmu betah berlama lam. Bisa jadi ini akan menjadi salah satu tempat romantis yang pernah kamu sambangi.

Puas berjalan jalan disekitar pantai, kamu bisa coba berenang atau sekedar bermain dengan keluarga atau teman kamu di bibir pantai Sanur.

3. Sea Walking dan Snorkeling

snorkeling pantai sanur

Puas dengan aktivitas pantai, kamu bisa lanjut dengan melakukan aktivitas snorkeling di salah satu sudut pantai Sanur. Ada banyak sekali biota laut diperairan sekitar pantai Sanur ini yang akan membuatmu kagum dan tidak ingin membuatmu berhenti mengeksplorasi dan menikmati kekayaan lautnya.

Selain snorkeling, di sini kamu bisa juga mencoba sea walking. Sea walking akan memberi kamu pengalaman yang tidak terlupakan berjalan di dalam air menikmati biota laut. Tidak perlu khawatir akan meminum air laut karena kamu akan dibekali dengan sebuah helm khusus berbahan dasar kaca.

Ohh iyah, di sini ada juga ada Kano yang bisa kamu sewa dengan harga bervariasi bersama temanmu untuk menjelajahi permukaan laut disekitar pantai Sanur. Pastinya sangat seru dan ini aman karena kamu akan dilengkapi dengan sebuah pelampung.

Alamat dan Tiket Masuk

Alamat: Jl. Danau Buyan, Desa Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

Harga Tiket Masuk: Gratis

Cara Menuju Pantai Sanur

Dari Bandara Ngurah Rai

Kamu bisa langsung ke Sanur menggunakan Taksi dengan tarif bervariasi Rp 100.000 - Rp 150.000. Apabila kamu menyewa mobil maka sebaiknya kamu ke Sanur lewat Tol Bali Mandara - Bypass Ngurah Rai. Selain itu kamu juga bisa memesan kendaan online untuk sampai ke Sanur.

Selamat berakhir pekan dan jangan lupa selalu mematuhi protokol kesehatan dimanapun kamu berada.