Sepatu Terbaik untuk Hiking Lengkap Beserta Harganya

Memilih sepasang sepatu untuk naik gunung merupakan salah satu hal yang paling rumit untuk dilakukan. Sekalipun ada beberapa produsen yang mengaku bahwa produk mereka didesain untuk hiking, tapi malah cepat rusak dan tak nyaman saat dikenakan. 

Sepatu terbaik untuk hiking sendiri haruslah memenuhi beberapa syarat penting seperti kenyamanan, traksi, bobot, dan daya tahan agar bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Intinya, sepatu untuk naik gunung itu haruslah lebih berkualitas daripada sepatu casual dan olahraga. 

Sekalipun harga menjadi nomor kesekian untuk dipikirkan, namun jika kita bisa menemukan jenis termurah dari daftar yang sudah disediakan di bawah ini, kenapa tidak dipilih saja?

Jenis dan Merk Sepatu Terbaik untuk Hiking

Beberapa jenis di bawah ini tidaklah dipilih secara acak, melainkan melalui pemeriksaan, review, dan penelitian yang lumayan lama.

Dengan begitu, kamu bisa lebih aman dan nyaman saat menggunakan beberapa merk sepatu tersebut tanpa rasa khawatir akan cepat rusak atau jebol di jalan. 

Sekalipun harganya di atas satu jutaan, tetapi masih layak untuk kamu sasar agar aktivitas hiking kamu tetap lancar dan seru. 

Berikut adalah merk-merk sepatu hiking lengkap dengan rata-rata harga yang dijual, entah itu secara online maupun di toko sepatu dan toko fashion. 

  1. Salomon X Ultra 4 Low GTX – 2,6 juta.
  2. Saucony Peregrine 11 – 2,9 juta.
  3. Salomon XA Pro 3D V8 GTX – 2,3 juta.
  4. HOKA ONE ONE Speedgoat 4 – 3,3 juta.
  5. Keen Targhee III Low WP – 2,6 juta.
  6. Altra Lone Peak 5 – 2,5 juta
  7. La Sportiva Spire GTX – 3,5 juta
  8. Merrell Moab 2 WP Low – 2,3 juta.
  9. Vasque Breeze LT Low GTX – 4 juta.

Kesembilan sepatu gunung di atas tentunya sudah menjalani syarat penting agar bisa dilabeli sebagai sepatu terbaik. Tetap perhitungkan pajaknya ya! Soalnya semua sepatu di atas merupakan merk import. 

Tak perlu merasa keberatan, karena memang hampir segala sesuatu itu memiliki pajak. Bahkan pembelian jasa tanpa fisik seperti jalan-jalan pun ada pajaknya loh! Jika ingin tahu lebih banyak, silahkan baca cara menghitung pajak travel agar disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. 

Syarat Sepatu Gunung Disebut Terbaik

Alasan kenapa 9 merk atau tipe sepatu gunung di atas dipilih adalah karena mencakup 5 keutamaan dan kelebihan dibandingkan dengan jenis sepatu biasa. 

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Nyaman dan Cocok

Tak hanya cocok sebagai tampilan saja, juga harus sesuai dan mampu melewati berbagai macam medan di pegunungan. 

Secara umumnya, sepatu terbaik untuk hiking haruslah nyaman saat dikenakan karena memberikan ruang bagi jari-jari kita untuk melebar, memiliki bantalan yang mendukung bentuk kaki kita secara natural, dan memiliki sedikit kelenturan di bagian atas sehingga dapat bergerak mengikuti postur kaki kita dari waktu ke waktu.

Kita akan mengenakan sepatu gunung sehari semalam dan menjejalahi jalanan setapak sejauh berkilo-kilo meter.

Tak lucu jika sepatu tersebut tak bisa mengimbangi kekuatan kaki kita saat melangkah, atau bahkan menyebabkan luka yang bisa mendatangkan infeksi dan menghambat petualangan kamu di alam liar. 

Sayangnya, masih banyak orang yang mengenakan sepatu lari untuk aktivitas hiking, yang padahal rentan mendatangkan cedera karena sifat dan ergonomisnya yang tak didesain untuk menaiki bukit.

Bahkan ada beberapa orang yang memaksakan diri mereka untuk hiking mengenakan sepatu sneaker biasa. Memang cenderung nyaman saat digunakan, tapi sepatu jenis ini akan cepat rusak karena tidak didukung dengan bahan-bahan super keras di medan yang terjal dan tak rata.

Harga

Selanjutnya masuk ke harga. Semua daftarnya memang sudah tersedia di atas, tetapi nilai suatu sepatu pastinya berbanding lurus dengan harga jual yang disediakan. 

Namun buat kamu yang tak rela merogoh kocek terlalu dalam, maka bisa memilih sepatu hiking dengan budget di bawah 2 jutaan. 

Dan jika serius untuk melakukan hiking dan sudah mendarah daging dengan diri kita, maka memilih sepatu hiking terbaik dan termahal mungkin bisa menjadi kebanggaan tersendiri.

Keseruan dan kesuksesan menaklukan bukit dan gunung tentunya didukung oleh kaki yang sehat. Sementara kaki sehat haruslah difasilitasi dengan alas yang mumpuni. 

Kaki kita merupakan aset terpenting, terutama bagi para pendaki gunung. Maka berikan perlakuan terbaik dengan memilih sepatu paling pas untuk hiking tanpa harus merasa galau dan dilema terhadap harga yang ditawarkan.

Bobot Sepatu

Berat di kaki kita cenderung mengeluarkan energi sekitar 5 kali lebih banyak daripada berat yang dibawa oleh punggung. 

Itu artinya, sepatu yang lebih ringan tetapi kuat akan mengurangi kinerja kaki kamu sehingga mengurangi durasi kelelahan otot saat berjalan dalam jarak yang jauh dengan medan tempuh yang ekstrim. 

Bahkan bobot sepatu yang ringan bisa mengurangi dampak cedera saat terjatuh akibat tersandung atau kejadian yang tak diinginkan lainnya. 

Terlebih kita pun harus membawa barang-barang yang nampak menumpuk di punggung, yang seringkali bobotnya di atas 5 KG.

Jadi jangan bebani lagi tubuh kamu dengan sepatu yang bobotnya kurang begitu bersahabat. 

Untungnya, 9 merk dan tipe sepatu gunung di atas cenderung memiliki bobot yang super ringan, karena memang didesain untuk melakuan perjalanan yang jauh. 

Seperti misalnya, sepatu hiking dengan merk Salomon X Ultra 2 GTX saja memiliki bobot sekitar 500 gram. 

Tapi ingat, sepatu hiking yang ringan itu hanya diperuntukan untuk para pemula saja. Sementara yang sudah berpengalaman dan senior akan lebih disarankan untuk memilih jenis sepatu gunung yang sedikit agak berat, yang rata-rata sekitar 1,5 kg.

Ini karena sepatu yang lebih berat sangatlah baik untuk pendakian jarak jauh atau bahkan semalaman, terutama jika punggung kamu menggendong tas ransel yang berat.

Ketahanan dan Bahan

Kebanyakan sepatu hiking memang memiliki harga mahal, akan tetapi sebanding dengan kekuatan, ketahanan, dan bahan yang digunakan. 

Dikarenakan awet dalam jangka panjang, pembelian sepatu hiking sebenarnya malah bisa menghemat banyak. Soalnya, kamu tak perlu lagi membeli sepatu berkali-kali karena tidak cepat rusak. 

Gunung memiliki medan yang ekstrim dan tak diperuntukan buat pejalan kaki pada umumnya. Mereka yang memaksakan diri untuk mengenakan sepatu biasa cenderung akan cepat rusak dan bisa menjadi pemborosan. 

Bahan asli yang digunakan pun akan membantu tubuh tetap seimbang dan memberikan titik tumpuan terbaik saat berjalan dan berdiri.

Sepatu Anti Air Sesuai Medan

Sepatu terbaik untuk hiking yang anti air tentunya merupakan peralatan yang dapat menyelamatkan kita dari kondisi jalanan becek atau berlumpur.

Tetapi di sisi lain, sepatu anti air cenderung tak mampu memberikan ruang bernafas bagi kaki kita sehingga bisa memberikan siksaan buat pergelangan dan telapak kaki saat menjalajahi hutan tropis yang panas. 

Sebaliknya, sepatu anti air akan begitu pas dikenakan di tempat dingin. Misalnya, saat kamu liburan ke China dan memutuskan untuk hiking di pegunungan pada musim gugur yang telah kamu impikan selama ini untuk didatangi.