Situ Gunung - Wisata, Alamat, Rute dan Tiket Masuk

Sudah punya rencana liburan akhir pekan ini? Jika belum punya, kamu mungkin bisa melirik Situ Gunung sebagai destinasi wisata berikutnya minggu ini. Di sini merupakan tempat terbaik untuk menghilangkan kepenatan setelah seminggu beraktivitas diluar rumah. Apalagi bagi kamu yang suka dengan panorama alam pegunungan tentunya ini akan menjadi hal mengasikkan datang liburan ke destinasi wisata ini.

Udaranya yang sejuk karena berada di daerah pegunungan dan pemandangannya yang indah membuat Situ Gunung selalu menjadi primadona dan tempat terbaik bagi masyarakat Sukabumi untuk menghabiskan akhir pekan mereka.

Wisata Situ Gunung

situ gunung

Ada banyak hal ditawarkan Situ Gunung untuk menghabiskan waktu liburan kamu di sini mulai dari menikmati pemandangan alam yang membentang hijau, danau, melihat air terjun, mecoba berbagai wahana hingga berkemah di Situ Gunung.

Semua hal itu tentunya akan memberi kamu pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Mari kita bahas satu per satu spot-spot menarik yang ada di Situ Gunung.

1. Danau Situ Gunung

danau situ gunung

Spot pertama yang wajib kamu kunjungi apabila datang berwisata ke Situ Gunung adalah danau Situ Gunung. Danau ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menghilangkan stress.

Menurut cerita, danau Situ Gunung ini dibuat oleh seorang bangsawan Mataram di masa lalu bernama Rangga Jagad Syahadana atau yang dikenal dengan nama Mbah Jalun karena rasa syukurnya diberi anak bernama Rangga Jaka Lulunta.

Walaupun ini bukan danau alami namun danau ini punya daya tarik tersendiri. Suasananya yang tenang dengan hamparan air jernih berwarna biru kehijau hijauan akan menggoda siapa saja untuk bermain di atasnya. Apalagi disekitarnya ada daratan yang terlihat mirip pulau-pulau dengan ukuran mini membuat orang kagum dengan pemandangan danau ini.

2. Jembatan Situ Gunung

jembatan gantung situ gunung

Puas menikmati keindahan danau Situ Gunung, kamu bisa berjalan jalan ke spot berikutnya yang pernah viral di media sosial beberapa waktu lalu. Spot ini berupa jembatan gantung setinggi 161 meter dari atas permukaan tanah yang dibangun oleh pihak Kementerian Lingkungan hidup bekerjasama dengan pihak swasta pada tahun 2017.

Jembatan sepanjang 243 meter ini selalu menjadi sasaran bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen mereka berada di atas jembatan ini karena backround pemandangan disekitarnya memang sangat indah dan pas untuk dijadikan latar belakang photography. Jadi jangan sampai ketinggalan mengambil foto di jembatan ini, kapan lagi kamu punya foto keren.

Dari atas jembatan ini kamu bisa melihat pemandangan di sekitar Situ Gunung seperti danau Situ Gunung, area air terjun Curug Sawer, dll. Selain itu, saat masuk ke jembatan ini kamu akan diberi gelang identitas sebagai tanda kamu bisa ke jembatan gantung. Saat pulang, gelang ini akan diperiksa kembali dan konsekuensi apabila gelang ini hilang maka kamu akan kembali melalui jalur alternatif yang jaraknya lumayan jauh.

3. Air Terjun Curug Sawer

air terjun curug sawer

Dari jembatan gantung kamu bisa menyambangi spot berikutnya yang tidak kalah indah dengan spot sebelumnya bernama Air Terjun Curug Sawer. Air terjun setinggi 35 meter ini seperti memberi kesegaran bagi siapa saja yang datang untuk melihatnya.

Siapa coba yang tidak tergoda untuk merasakan sensasi mandi di bawah derasnya guyuran air terjun, apalagi airnya sejuk dan sangat jernih. Tentu akan membuat kamu betah berlama lama berendam di sini.

Selain itu, spot ini juga bisa kamu jadikan tempat untuk swafoto karena pemandangan disekitarnya sangat indah yang tentu tidak akan sering kamu temukan.

4. Camping Ground

camping ground situ gunung

Jangan pernah takut kemalaman saat sedang berada di Situ Gunung karena di sini kamu bisa menyewa tenda/kemahan yang bisa kamu gunakan untuk tidur di tengah alam Situ Gunung. Area perkemahan juga sudah disediakan oleh pihak pengelola (TanaKita Camping Ground) dengan lahan seluas 2 hektar yang posisinya berada sekitar 150-200 meter dari pintu masuk destinasi wisata Situ Gunung. Ada beberapa fasilitas umum yang tersedia selama menginap di sini, diantaranya toilet, kamar mandi dengan air panas, musholla, dll.

Apabila ingin fasilitas yang lebih selama menginap di Situ Gunung, kamu bisa menginap di Villa Cemara. Villa berbentuk rumah panggung ini memiliki kapasitas 12 orang yang beralamatkan di Jl. Situ Gunung KM 07. Untuk menginap di sini kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 400.000 hingga Rp 800.000/malam. Karena ini sebuah villa maka tentu fasilitasnya cukup lengkap.

Selain spot-spot di atas, di Situ Gunung juga tersedia wahana bagi wisatawan yang ingin menantang adrenalinnya dalam bermain flying fox.

Puas seharian berwisata kamu bisa beristirahat di sebuah kafe bernama "De Balcone Gede Pangrango" untuk menikmati berbagai macam kuliner seperti nasi goreng, nasi liwet, nasi timbel, dll.

Alamat dan Tiket Masuk

Alamat: Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Harga Tiket Masuk: Rp 18.000/orang

Cara Menuju ke Situ Gunung

Untuk menuju ke kawasan wisata Situ Gunung, tidak disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena trek Bogor-Sukabumi seringkali macet apalagi saat weekend yang akan membuat kamu lama di jalan.

Sebaiknya gunakan transportasi umum jika akan ke Situ Gunung .Ada beberapa rute yang bisa kamu ambil untuk, salah satunya bisa menggunakan kereta api atau commuter line menuju Bogor. Dari Bogor lanjutkan ke Sukabumi dengan menggunakan kereta api Pangrango. Sampai di stasiun Cisaat lanjutkan perjalanan dengan angkot ke polsek Cisaat. Dari sini kamu ambil angkot yang langsung menuju ke destinasi wisata Situ Gunung.

Sekian artikel kali ini, selamat berakhir pekan.