5 Tempat Wisata Bali Paling Hits Wajib Dikunjungi Saat Liburan


Indonesia dikaruniai dengan daratan dan lautan yang luas menyimpan begitu banyak potensi pariwisata. Seiring waktu, potensi ini mulai dilirik oleh wisatawan mancanegara untuk datang melihat dan menikmati setiap inci destinasi wisata yang hampir merata di setiap daerah.

Hal ini tentunya tidak lepas dari peran pulau Bali sebagai pionir dan gerbang pariwisata yang membuka mata wisatawan dari luar negeri akan keindahan pulau-pulau yang ada di Indonesia. Tentunya tidak akan ada yang menyangkal bahwa Bali merupakan primadona dan akan selalu mendapat tempat istimewa di hati pada wisatawan yang pernah datang berkunjung ke Bali. Pulau ini punya segudang daya tarik mulai pantai, pegunungan, budaya hingga pusat perbelanjaan yang seolah olah dapat menyihir para wisatawan untuk datang ke Bali.

Wisata Bali

wisata bali

Hampir semua jenis destinasi wisata ada di sini dan karena banyaknya pasti kamu akan bingung memilih destinasi wisata mana yang akan kamu kunjungi. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memperkenalkan kepada kamu destinasi wisata apa saja yang paling hits di Bali untuk kamu prioritaskan dalam perjalanan liburanmu di pulau Dewata. 

Berikut destinasi wisata di Bali yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Pantai Kuta

pantai kuta

Daya tarik utama dari pulau Bali adalah pantainya dan salah satu yang terbaik adalah pantai Kuta. Lokasi pantainya yang strategis, hanya berjarak sekitar 4,5 KM dari Bandara Internasional Ngurah Rai membuat pantai ini tidak pernah sepi bahkan selalu banjir dengan wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Pantai ini menawarkan segudang keindahan yang terlalu sulit dilukiskan dengan kata-kata dan salah satu keindahan yang paling melekat dari pantai ini adalah panorama sunsetnya dikala matahari terbenam di ufuk barat pantai Kuta.

Selain itu, garis pantainya yang panjang dan ombaknya yang landai membuat pantai Kuta jadi pilihan utama peselancar dunia saat datang berlibur ke Bali. Tidak heran jalan menuju ke pantai Kuta sering macet disebabkan tingginya minat wisatawan datang ke pantai Kuta.

2. Tanah Lot

tanah lot

Tempat wisata Bali berikutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Tanah Lot. Destinasi wisata bernuansa religi ini juga terkenal dan banyak menarik wisatawan mancanegara yang penasaran dengan pura di atas sebuah karang besar membelakangi laut selatan.

Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Tanah Lot mempunyai arti "Daratan di Tengah Laut". Faktanya, Tanah Lot sekilas memang terlihat seperti daratan di tengah laut namun hal itu hanya terlihat apabila air laut sedang pasang. Jika air sedang surut maka kamu bisa melihat bahwa karang ini sebenarnya berada di bibir pantai.

Mirip dengan pantai Kuta, daya tarik utama dari Tanah Lot juga terjadi saat sunset. Kombinasi sunset, siluet dari pura dan ombak yang menerjang membuat Tanah Lot sering diabadikan oleh wisatawan yang datang ke sini. Oleh karena itu waktu terbaik bagi kamu untuk datang ke sini pada pukul 17.00 - 19.00.

3. Pantai Uluwatu

pantai uluwatu

Pantai Uluwatu menjadi destinasi berikutnya yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Bali. Lokasinya yang tersembunyi tidak mengurangi keindahan alam di pantai ini. Jika ingin menuju ke pantainya kamu perlu untuk menuruni anak tangga yang jumlahnya lumayan.

Meskipun garis pantainya tidak sepanjang pantai Kuta namun panorama alam di sini sama sekali tidak mengecewakan. Bahkan kamu akan menemukan lebih banyak wisatawan asing dari pada lokal yang datang menyambangi Blue Point, nama lain dari pantai Uluwatu.

4. Pura Uluwatu

pura uluwatu

Pura Uluwatu atau Pura Luhur Uluwatu merupakan sebuah pura yang terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten badung. Destinasi wisata bernuansa religi ini cukup populer dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Posisi pura yang dipercaya umat Hindu sebagai penyangga 9 mata angin ini cukup unik karena berada di atas anjungan sebuah tebing dari batu karang besar dengan tinggi kurang lebih 97 meter dari permukaan laut.

Di sini kamu bisa menikmati pemandangan samudera Hindia dari atas ketinggian. Selain itu, di pura ini kamu juga bisa menikmati pertunjukan tari kecak api yang merupakan salah satu tarian asli Bali paling fenomenal dan banyak menarik perhatian wisatawan mancanegara.

5. Pantai Sanur

pantai sanur

Destinasi Wisata Bali berikutnya yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja jika liburan ke Bali tentu saja pantai Sanur. Jika pantai Kuta terkenal dengan sunsetnya yaitu sebuah panorama alam ketika matahari akan terbenam maka pantai Sanur terkenal dengan Sunrise.

Panorama alam ketika matahari terbit di pantai Sanur ini salah satu yang terbaik di pulau Bali. Jadi kamu jangan heran apabila menemukan banyak wisatawan mulai tiba di sini pada dinihari karena tujuan mereka memang ingin menikmati sunrise di pantai Sanur.

Tidak seperti di pantai Kuta yang bisa kamu jadikan tempat latihan surfing karena ombaknya landai, di pantai Sanur kamu tidak akan bisa melakukan hal itu. Ombak di pantai Sanur sangat tenang sehingga tidak mendukung aktivitas surfing. Namun tidak perlu khawatir, sebagai gantinya kamu bisa mencoba snorkeling ataupun menyelam di area pantai Sanur ini.

Ohh iyah, pantai ini buka 24 jam. Jadi kapan saja kamu ingin ke sini tidak akan ada masalah. Selain itu, tidak dipungut biaya tiket sama sekali jika kamu ke pantai Sanur. Kamu hanya akan mengeluarkan uang apabila masuk ke kawasan ini menggunakan kendaraan pribadi karena ada biaya parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 bagi kamu yang datang menggunakan mobil pribadi.

Oke, itu dia tempat wisata Bali yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Bali. Utamakan keselamatan dan jangan lupa menggunakan masker jika kamu ke tempa-tempat wisata di Bali.