6 Tempat Wisata Banyuwangi Paling Hits untuk Liburan Luar Biasa

Tidak hanya di Bali, hampir semua daerah di Indonesia saat ini punya potensi pariwisata termasuk Banyuwangi. Kabupaten di Jawa Timur yang terkenal sebagai sentra penghasil ikan laut ini belakangan mulai dilirik oleh wisatawan karena keindahan alamnya dinilai tidak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Selain itu, letak geografisnya yang berbatasan langsung dengan selat Bali memungkinkan kamu untuk bisa mengeksplorasi destinasi wisata di Banyuwangi terlebih dahulu sebelum menuju Bali melalui pelabuhan Ketapang.

Penasaran dengan destinasi wisata Banyuwangi! Berikut rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi yang paling populer dan menarik untuk dikunjungi:

1. Kawah Ijen

kawah ijen

Tempat wisata Banyuwangi yang pertamakali wajib kamu sambangi adalah Kawah Ijen. Kawah ini berada di puncak gunung Ijen yang punya ketinggian 2.386 meter dari permukaan laut. Kawah menyerupai danau mini seluas 6 meter dengan kedalaman 200 meter ini punya daya tarik yang tidak akan kamu temukan pada kawah gunung berapi lainnya di Indonesia.

Di sekitar kawah ini kamu akan menemukan sebuah fenomena alam berupa blue fire (Api Biru). Fenomena terjadi karena terbakarnya gas sulfur dari sela-sela retakan gunung Ijen dan waktu terbaik untuk melihat blue fire ini pada jam 2 - 4 dinihari saat tidak ada cahaya lain di kawah Ijen. Fenomena seperti ini jarang sekali terlihat dan hanya ada di dua tempat, kawah ijen dan gunung Dallol di Ehopia.

Untuk melakukan pendakian menuju kawah ini, kamu akan membutuhkan waktu sekitar 2 - 3 jam dengan jarak tempuh sekitar 3 KM. Selain itu, mengingat medannya yang cukup berat dan bau belerang dari kawah Ijen maka tidak disarankan melakukan pendakian bagi lansia, ibu hamil atau orang yang sensitif dengan bau belerang.

2. Jawatan Benculuk

jawatan benculuk

Destinasi wisata berikutnya yang wajib kamu kunjungi saat berada di Banyuwangi adalah Jawatan Benculuk. Destinasi wisata berupa hutan mini ini dulunya adalah sebuah tempat pengelolaan kereta api yang kemudian di alih fungsikan menjadi sebuah objek wisata oleh pemda Banyuwangi.

Selain udaranya yang sejuk, di sini kamu akan menemukan banyak pohon-pohon Trembesi besar tumbuh subur dan tertata rapi memberi kesan asri yang sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Jawatan Benculuk ini juga populer dengan spot-spot photography yang pemandangannya sering disamakan dengan sebuah film berjudul The Lord Of The Rings. Jadi jangan sampai ketinggalan mengabadikan momen kamu dengan sebuah foto saat berada di sini.

Walaupun tanpa biaya tiket masuk, destinasi wisata ini tidak kekurangan fasilitas sama sekali. Hal itu dibuktikan dengan adanya beberapa fasilitas umum seperti Musholla, Toilet, Kantin, dll. Bahkan kamu akan menemukan lapangan sepakbola, tenis, voli dan area arum jeram di Jawatan Benculuk ini.

3. Air Terjun Coklak

air terjun coklak

Air terjun Coklak merupakan salah satu destinasi wisata alam populer di Banyuwangi. Destinasi wisata ini berada di Dusun Darungan, Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Walaupun terbilang jauh dari pusat kota Banyuwangi, air terjun Coklak cukup sering disambangi wisatawan yang penasaran dengan keindahan air terjun berwarna warni ini.

Lelah seakan hilang tak kala melihat pemandangan air yang meluncur turun dari sebuah tebing batu setinggi 30 meter. Selain itu, suasana di sini cukup tenang dengan udara sejuk khas pegunungan membuat kamu akan betah berlama lama mandi ditengah guyuran air terjun Coklak.

Sebelum ke sini pastikan kondisi kesehatanmu benar-benar fit 100 % karena lokasi air terjun Coklak ini cukup jauh dan akses jalannya hanya bisa dilalui menggunakan motor.

4. Pantai Pulau Merah

pantai pulau merah

Rekomendasi tempat wisata Banyuwangi berikutnya adalah pantai pulau Merah. Pantai ini mengambil nama pulau Merah, sebuah pulau yang tanahnya berwarna merah tidak begitu jauh dari sisi pantai. Destinasi wisata ini sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat liburan keluarga karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat kota Banyuwangi.

Pasirnya yang berwarna putih dan udaranya yang sejuk membuat kamu akan betah berlama lama menikmati pantai pulau Merah. Apabila air sedang surut kamu juga bisa ke pulau Merah dengan berjalan kaki menyusuri pantai.

Selain itu, kapan saja kamu ingin berwisata ke sini tidak ada masalah karena pantai ini buka 24 jam dengan tarif tiket masuk hanya sebesar Rp 3.000 pada hari biasa dan weekend Rp 5.000/orang.

5. Bangsring Underwater

bangsring underwater

Tidak hanya di pantai Sanur yang punya spot snorkeling istimewa karena di Banyuwangi pun ada spot snorkeling yang belakangan mulai terkenal dengan keanekaragaman biota lautnya. Spot snorkeling ini bernama Bangsring Underwater yang berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Kerennya lagi, spot wisata ini merupakan hasil swadaya nelayan setempat dan pernah mendapat penghargaan Kalpaturu. Tiket masuk ke Bangsring Underwater juga cukup murah, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 2.000 untuk masuk ke destinasi wisata bawah laut ini.

6. Taman Nasional Baluran

taman nasional baluran

Tidak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk menikmati padang Sabana. Karena di Taman Nasional Baluran kamu juga bisa menikmati padang Sabana dengan luas 10.000 hektar. Taman nasional ini merupakan rumah dari beraneka ragam flora dan fauna yang dilindungi mulai dari Banteng, Kerbau Liar, Kijang, Rusa hingga Macan Tutul hidup bebas di sini.

Selain itu di ujung Taman Nasional Baluran kamu akan menemukan sebuah pantai yang bernama pantai Bama. Pantai berpasir putih ini terlihat masih sangat alami dengan berbagai vegetasi tanaman tumbuh subur disekitarnya.

Oke, itu dia rekomendasi tempat wisata Banyuwangi untuk melengkapi hari liburanmu. Selamat berakhir pekan dan jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan apabila kamu berada di tempat-tempat umum.