4 Tempat Wisata Lembang Paling Populer di Sambangi Wisatawan

tempat wisata lembang

Selain dikenal sebagai Kota Kembang, Bandung juga merupakan salah satu daerah pariwisata di Jawa Barat yang populer dengan berbagai destinasi wisata alamnya. Bagi kamu yang saat ini merencanakan liburan ke Bandung maka wajib memasukkan Lembang ke dalam daftar teratas sebagai tujuan wisata.

Selain panorama alamnya yang indah, udara di sekitar Lembang juga sejuk karena berada di kawasan puncak dengan sederet pegunungan yang ditumbuhi pepohonan nan hijau dan menawarkan kamu untuk datang mengeksplorasi setiap jengkal tanah disekitarnya.

Berikut rekomendasi tempat wisata Lembang yang paling populer dan wajib kamu sambangi untuk membuktikan dengan matamu sendiri akan keindahan destinasi wisata daerah Lembang.

1. Tangkuban Perahu

tangkuban perahu

Siapa yang tidak kenal dengan Tangkuban Perahu, salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Gunung yang menjulang setinggi 2.084 meter ini menawarkan panorama alam yang indah lengkap dengan sebuah cerita melegenda hingga kini.

Selain bentuknya yang unik mirip dengan perahu terbalik, gunung ini juga kerap dikaitkan dengan legenda Sangkuriang. Cerita ini mengisahkan seorang anak bernama Sangkuriang yang ingin menikahi ibu kandungnya bernama Dayang Sumbi. Singkat cerita Sangkuriang diberi syarat membangun sebuah perahu dan telaga hanya dalam waktu semalam apabila ingin menikahi Dayang Sumbi.

Namun Sangkuriang gagal memenuhi syarat tersebut, membuatnya marah dan menendang kapal tersebut hingga terbalik. Konon perahu terbalik itu adalah gunung Tangkuban Perahu yang kita kenal sampai saat ini.

Selain legenda tersebut, pada dasarnya panorama alam di sekitar gunung Tangkuban Perahu memang indah dengan beberapa kawah di atasnya seperti Kawah Ratu, Kawah Domas dan Kawah Upas yang selalu ramain dikunjungi wisatawan. Apabila ingin menjelajahi kawah-kawah tersebut, kamu perlu datang sejak pagi hari karena jarak antara kawah dengan kawah lainnya ini cukup jauh.

2. Floating Market

floating market

Destinasi berikutnya yang wajib kamu sambangi saat berada di Lembang adalah Floating Market atau Pasar Apung. Destinasi wisata ini sangat populer di daerah Lembang karena menawarkan sesuatu yang baru bagi pariwisata Bandung. Destinasi wisata ini terkenal dengan stand kulinernya yang menjual beragam menu makanan khas Bandung dari atas sebuah perahu kecil.

Puas kulineran di Pasar Apung, kamu bisa lanjut menikmati spot-spot wisata lain yang ada di Floating Market Lembang diantaranya:

  • Kota Mini Lembang, spot wisata ini yang paling baru di Floating Market Lembang. Di sini kamu akan menemukan miniatur sebuah kota lengkap dengan berbagai sarananya. Spot ini lebih ditujukan untuk anak-anak jadi jangan heran jika kamu menemukan taman bermain, playground dan mini carnaval pada spot ini.
  • Kostum Jepang dan Korea, jika kamu pernah melihat orang sedang menggunakan pakaian tradisional Jepang atau Korea lewat di beranda Facebook atau Instagrammu bisa jadi gambar mereka dibuat disini. Jadi jangan sampai ketinggalan berfoto menggunakan kostum Jepang atau Korea saat berada di sini.
  • Rainbow Garden, spot ini merupakan sebuah taman dengan hamparan bunga-bunga indah yang tumbuh subur tertata dengan rapi. Taman bunga ini paling pas untuk kamu jadikan spot berfoto sebagai kenang kenangan saat liburan bersama keluargamu di Floating Market Lembang.
  • Wahana Permainan Air, spot ini menawarkan berbagai wahana di atas air seperti kano, kereta air, sampan, paddle boat yang bisa kamu jadikan sebagai sarana untuk memuaskan buah hatimu bermain di sini.

Selain spot wisata di atas, masih ada beberapa spot wisata seperti Taman Kelinci, Miniatur Kereta, Becak serta Mobil Mini untuk menarik minat wisatawan untuk datang berlibur di Floating Market Lembang.

3. Dusun Bambu

dusun bambu

Tempat wisata Lembang yang wajib kamu sambangi berikutnya adalah Dusun Bambu Family Leasure Park Lembang. Destinasi wisata ini adalah sebuah taman rekreasi keluarga dengan konsep ekowisata.

Selain udaranya yang sejuk karena lokasinya berada di pegunungan, suasana Dusun Bambu juga begitu tenang membuat orang betah berlama lama menikmati beragam spot wisata di Dusun Bambu. Berikut spot wisata di Dusun Bambu yang akan membuat liburanmu tidak terlupakan:

  • Saung Purbasari, spot wisata ini menawarkan kamu menikmati berbagai sajian makanan khas Sunda dari atas gazebo di tengah-tengah alam terbuka.
  • Camping Ground, jangan takut kemalaman saat datang berwisata di Dusun Bambu karena di sini kamu ditawarkan menginap di sebuah kemahan bergaya ekslusif.
  • Sepedaan di Kaki Gunung Burangrang, kapan lagi kamu bisa bersepeda sambil menikmati pemandangan kebun teh hijau jika bukan di kaki gunung Burangrang.
  • Balad Lodaya, tempat ini merupakan salah satu spot wisata favorit wisatawan yang datang ke Dusun Bambu. Di sini kamu bisa menikmati persawahan sambil belajar bagaimana menanam padi di sawah.
  • Taman Bunga Arimbi, di sini kamu bisa menikmati pemandangan ribuan bunga lavender tertata rapi seluas 4 KM untuk melengkapi liburanmu.

Selain itu, masih ada spot wisata seperti Lutung Kasarung, Villa Kampung Layung dan Pasar khatulistiwa yang tidak bisa kamu lewatkan saat datang berwisata di Dusun Bambu.

4. The Lodge Maribaya

the lodge maribaya

Beroperasi sejak tahun 2016, The Lodge Maribaya yang berada di kampung Babakan ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Total ada 7 spot wisata menarik yang bisa kamu coba satu per satu disini, diantaranya:
  • Balon Udara, spot ini merupakan salah satu tempat swafoto terbaik dengan latar belakang pemandangan hutan belantara yang ditumbuhi hamparan pohon pinus nan hijau.
  • Zip Bike, ini merupakan sebuah wahana sepeda gantung dengan sistem pengamanan yang maksimal. Spot ini juga paling populer untuk mengambil gambar, jadi jangan sampai ketinggalan mengabadikan momen kamu di sini.
  • Camping, ini sebenarnya sebuah fasilitas bagi kamu yang ingin merasakan camping di alam liar namun tetap tidak ingin repot membawa berbagai macam perbekalan.

Selain itu, ada beberapa spot swafoto lain seperti Gantole, Sky Swing, Bamboo Sky dan Sky Tree.

Oke, itu dia tempat wisata Lembang paling populer yang wajib kamu sambangi saat liburan di Bandung.