Tips Liburan Dengan Travel Biar Bikin Aktivitas Jalan-Jalan Kamu Sempurna

Bepergian ke lokasi baru dan menjelajahi dunia asing bisa menjadi pengalaman luar biasa, bermanfaat, mencerahkan, dan menginspirasi bagi siapa saja yang mengalaminya.

Sekalipun jalan-jalan secara mandiri bisa memberikan nuansa dan perasaan yang mendebarkan, akan tetapi travel dan tour guide juga mampu menawarkan banyak sekali fasilitas yang tak boleh kita abaikan begitu saja.

Paket travel yang kamu pilih tentunya menentukan hasil berlibur kamu saat berkunjung ke tempat yang kamu idam-idamkan selama ini. Terdapat pula beberapa agen yang bisa mengubah liburan kamu yang biasa-biasa saja menjadi begitu berkesan. 

Untuk itulah, kamu wajib mencari paket travel dan tour guide yang mampu memanjakan saat proses jalan-jalan berlangsung.

Setidaknya ada 7 hal yang bisa kamu perhatikan. Tanpa berbasa-basi lagi, berikut adalah tips liburan dengan travel yang bisa bikin jalan-jalan kamu semakin perfect!

1. Memiliki Semangat Sebagai Pemandu Wisata

Perbedaan antara satu travel guide dengan yang lainnya adalah gairah. Ada beberapa diantaranya yang selalu antusias saat membawa kita ke berbagai macam tempat sambil menjelaskan lokasi tersebut secara terperinci, ada pula yang hanya sekedar memenuhi panggilan dan tuntutan kerja saja. 

Kita bisa melihat dari raut wajah dan tingkah laku mereka. Jika misalnya mereka mampu secara antusias melayani kita, maka mereka sudah memiliki 1 poin untuk kita pilih. 

Salah satu cara untuk bisa menilai sebelum menggunakan layanan mereka adalah dengan melihat video atau foto-foto yang seringkali disebarkan di pamflet, company profile, medsos, Youtube, dan lain sebagainya.

Apapun yang dilakukan oleh pemandu wisata saat kita berlibur, maka akan mempengaruhi kesenangan liburan kita secara nyata. 

Jangan sampai kita membayar biaya mahal namun ujung-ujungnya malah bikin kesal dan gondok gegara layanan yang menyebalkan dan bikin muak.

Semua orang boleh memiliki pengetahuan akan lokasi-lokasi di tempat yang ingin kita tuju, akan tetapi pembeda bisa terletak dari bagaimana cara mereka menyampaikan informasi tersebut sekaligus bagaimana cara mereka melayani kita sebagai konsumen. 

2. Memiliki Pengalaman yang Mumpuni

Sekalipun ada beberapa travel guide yang baru menetas dan menawarkan harga murah, tetapi hal yang paling kita butuhkan adalah kenyamanan dan keseruan saat proses liburan berlangsung. 

Dengan begitu, jika ada paket travel yang harganya mahal tetapi kita dilayani oleh agen yang berpengalaman dan antusias, maka lebih layak untuk dicoba. 

Faktanya, kenyamanan jauh lebih mahal saat kita bepergian ke luar kota atau bahkan luar negeri, apalagi jika tempat tersebut pertama kali kamu kunjungi. 

Pemandu wisata yang berpengalaman juga tahu bagaimana cara membimbing dan mengelola grup semaksimal mungkin. 

Mereka juga tahu momen-momen tertentu yang harus kita lalui. Pasalnya, berlibur itu tak harus melulu dibimbing oleh travel guide. Ada beberapa waktu tertentu yang mengharuskan kita untuk berjalan-jalan sendirian atau bersama orang terdekat tanpa kehadiran orang ketiga.

Jika faktor ini bisa terpenuhi, maka liburan kamu bersama travel akan semakin sempurna. Idealnya, sebuah agen bisa kita sebut sebagai “berpengalaman” jika sudah menjadi pemandu wisata minimal 5 tahun. 

3. Sopan dan Pintar

Jangan sampai kita mengikuti travel guide yang dikelola oleh mereka yang terkena dunning-kruger, yaitu sebuah efek yang mana pelakunya merasa jauh lebih pintar dan congkak ketika “baru belajar” akan hal baru.

Biasanya ini sering muncul pada beberapa agen travel guide baru. Mereka memang jauh lebih mengetahui hal-hal tentang lokasi atau tempat yang kita datangi. Namun jika gaya bicara, penyampaian, dan pelayanan mereka terbilang tak sopan dan nampak seperti sok tahu, malah bisa bikin kita kesel setengah mati.

Untuk alasan ini pulalah kita harus menggunakan agen pemandu wisata yang berpengalaman dan telah bermain di bidang tersebut minimal 5 tahun.

Pernah mendengar istilah ilmu padi yang semakin pintar semakin menunduk? Itu pun berlaku pada travel guide yang kita pilih.

Mereka yang sudah berpengalaman tahu betul cara bersikap dan mengutamakan kesopanan, sehingga bisa bikin liburan kita semakin sempurna dan bikin ketagihan. 

4. Menjadi Pendengar yang Baik

Tugas dari pemandu wisata tak harus melulu menjelaskan dan berbicara sepanjang perjalanan, melainkan harus pula menjadi pendengar yang baik buat kita. 

Travel guide yang sopan dan pintar akan senantiasa berusaha mengenal kita lebih jauh, bukan hanya sebagai turis, juga sebagai sosok pribadi yang doyan menjelajahi tempat-tempat baru. 

Mereka akan sadar betul bahwa pengalaman terbaik berjalan-jalan bisa tercipta tak hanya dari informasi yang mereka berikan, akan tetapi hal-hal yang bisa kita temukan dan rasakan sendiri.

Esensi liburan kita tentunya akan semakin terasa jika membawa agen travel yang mampu menjadi pendengar yang baik, dan memproitaskan pengalaman berlibur kita di atas segalanya. 

5. Multi Talenta

Maksudnya bukan harus mampu bernyanyi atau menari, melainkan skill atau talenta yang masih ada hubungannya dengan proses liburan yang tengah kita ambil. 

Misalnya, agen travel haruslah mampu menjadi pendengar yang baik, pemecah masalah, pemimpin kelompok, penerjemah, dan guru dengan pengalaman yang luas saat menjelaskan lokasi-lokasi yang kita datangi. 

Seperti misalnya ketika kita liburan ke Thailand, maka tawar-menawar sudah menjadi hal lumrah untuk dilakukan saat kita ingin membeli barang tertentu. 

Dikarenakan perbedaan bahasa, maka proses negosiasi terkadang tak bisa berjalan dengan baik. Pada saat itulah, agen travel yang multi talenta diperlukan. Tak hanya menjadi guru yang baik, juga harus merangkap sebagai negosiator yang pintar demi kita.

6. Tahu Bagaimana Caranya Bersenang-Senang

Liburan saja sebenarnya sudah terasa menyenangkan, akan tetapi akan nampak lebih sempurna jikalau agen travel kamu mampu membawa kita ke dalam situasi seru.

Misalnya, mereka memiliki permainan untuk mengusir kebosanan saat di perjalanan, membuat kita berpartisipasi dengan festival-festival yang diadakan, mengikuti kebudayaan orang lokal, dan lain sebagainya. 

Pengalaman berlibur kamu akan semakin berharga dan menakjubkan jikalau memilih travel guide yang perfect.

Mereka juga harus bisa menyampaikan segala macam informasi dengan gaya yang menarik dan mudah dicerna. 

Einstein sendiri pernah bilang bahwa “jika kita tak mampu menjelaskan sesuatu dengan cara yang lebih sederhana, itu berarti kita belum mengerti hal tersebut sepenuhnya”. 

Jika agen travel kita menjelaskan segala macam sesuatu dengan gaya berbelit-belit, maka dapat dipastikan mereka tak begitu mengerti hal-hal yang tengah mereka lakukan.

7. Mampu Menginspirasi dan Bikin Ketagihan

Antuasme, optimistik, semangat, dan cara menyampaikan informasi mengenai lokasi-lokasi yang kita datangi bisa memberikan inspirasi buat kita saat kembali beraktivitas setelah liburan usai. 

Agen travel terbaik akan memberikan kesan luar biasa yang membekas di hati, dan membuat kita merasa ketagihan dan ingin kembali menggunakan jasanya tersebut. 

Liburan sempurna tak harus mendatangi lokasi-lokasi yang terkenal dan terkesan glamor, akan tetapi cukup dengan quality time yang tinggi, maka sudah dapat membuat kita memiliki kenangan yang tak terlupakan.