Tips Liburan ke Hongkong Buat yang Baru Pertama Kali Berkunjung

Berniat untuk liburan ke Hongkong? Maka ada beberapa tips penting yang harus kamu ketahui agar rencana berwisata kamu menjadi terarah. 

Hongkong merupakan kota yang luas lengkap dengan lokasi-lokasi unik dan seru yang merayu kita agar segera dikunjungi. Tetapi dikarenakan terlalu banyak pilihan, malah bikin kita pusing tujuh keliling. 

Untungnya perencanaan yang matang bisa membuat kamu memanfatkan waktu sebaik-baiknya saat liburan ke Hongkong. Bahkan planning ini penting dilakukan semenjak jauh-jauh hari.

Hongkong sendiri merupakan kota yang sempurna untuk bertamasya. Entah itu dihabiskan selama 3 hari atau bahkan lebih, kota ini masih mampu memberikan kita pengalaman unik berkat adanya perpaduan antara sejarah, arsitektur, dan budaya. 

Untuk itulah, mari kita perhatikan dulu tips-tips di bawah ini agar aktivitas liburan kamu ke Hongkong menjadi bagian terbaik dari pengalaman hidup kamu secara utuh.

Bawa Barang Bawaan Seperlunya

Hal pertama dan terpenting yang wajib kamu ketahui adalah Hongkong sangatlah bergantung pada transportasi umum. Dengan banyaknya warga lokal dan turis yang menyatu secara harmoni, membawa barang bawaan yang berlebihan bisa bikin kamu kesusahan.

Bayangkan saja pada situasi dimana kamu harus membawa barang bawaan yang besar sambil berdesakan di bus, KRL, dan kereta bawah tanah.

Penumpang lain pun akan merasa terganggu dan mungkin saja kamu bisa menerima perlakuan yang kurang menyenangkan dari orang tertentu.

Kenakan Sepatu yang Nyaman

Sepatu yang nyaman dan kuat bisa menjadi penolong buat kita agar selaras dengan kehidupan kota Hongkong yang sibuk. Di tempat manapun kamu menapakkan kaki, akan selalu ada orang-orang yang berjalan terburu-buru di kota Hongkong. 

Meskipun kota ini memiliki sistem transportas terbaik di dunia, tapi setengah dari penduduknya masih doyan berjalan kaki demi menghemat pengeluaran. 

Carilah sepatu terbaik. Tak perlu mahal, yang penting nyaman saat digunakan dan kuat untuk dipakai selama mungkin. 

Jika saat liburan ke Malaysia kita harus berhati-hati terhadap arus banjir dan hujan, maka di Hongkong kita harus waspada terhadap arus aktivitas manusia yang begitu cepat.

Hindari penggunaan alas kaki seala-kadarnya, apalagi memakai sandal capit. Sekalipun jarak perjalanan kamu dekat, selalui ingat aturannya, yaitu tetap kenakan sepatu.

Pilih Transportasi yang Sesuai

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sistem transportasi yang ada di Hongkong termasuk jenis terbaik di dunia. Dimulai dari bus dan trem, hingga taksi dan kereta bawah tanah, semua jenis transportasi ini bisa sangat mudah kamu temukan di setiap sudut jalanan. 

Ada beberapa pilihan yang bisa kamu manfaatkan, diantaranya adalah:

  • Kereta Ekspress. Kita memang bisa menggunakan taksi, tapi jika berbicara masalah harga, maka kereta ekspress menjadi yang paling sesuai untuk membawa kamu ke pusat kota. Kereta ini berhenti di 3 stasiun, yaitu Hongkong bagian tengah, Kowloon, dan Tsing Yi. 
  • MTR (Kereta Bawah Tanah). MTR juga termasuk ke dalam cara termudah untuk bisa berkeliling di kota Hongkong. Selain dirasa aman, andal, dan sangat efisien, MTR juga sangatlah tepat waktu untuk mengantar kita ke lokasi manapun kita inginkan di kota Hongkong. 
  • Bus. Lain lagi dengan bus. Transportasi umum ini tidak disarankan buat kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Hongkong. Selain cenderung rumit, juga sebagian besar tulisannya menggunakan kanji Cina yang sulit untuk dimengerti oleh orang awam.
  • Ding Ding. Transportasi ini merupakan jaringan trem kecil yang berjalan sekitar 30 KM antara Honkong Tengah dan Causeway Bay. Tarifnya sendiri cenderung tetap, yaitu HK$2,60 dalam sekali jalan.
  • Taksi. Taksi sangatlah berlimpah di kota Hongkong. Ada 3 jenis taksi yang dibedakan berdasarkan warna. Namun secara umum, orang-orang jauh lebih memilih taksi berwarna merah. Tapi harganya cenderung lebih tinggi daripada keempat jenis kendaraan di atas.
  • Star Ferry. Ini merupakan salah satu pilihan transportasi paling ikonik di Hongkong. Bahkan jalan-jalan kamu belumlah lengkap jika belum merasakan kendaraan megah yang satu ini. 

Harga-harga yang tertera di atas sangatlah sesuai ketika artikel ini dibuat. Namun seringkali adanya perubahan mengikuti kondisi ekonomi di kota Hongkong yang fluktuatif dari waktu ke waktu. Langkah praktisnya, selalu siapkan uang cadangan sebagai persiapan. 

Meskipun begitu, jarang sekali Hongkong mengubah harga transportasi umum mereka terlalu sering. Jadi kita tak perlu tawar-menawar untuk naik kendaraan seperti saat berlibur ke Thailand. Toh, semua sudah tertera di sana. 

Pesan Tiket Wisata Secara Online

Sudah bukan rahasia lagi jika Hongkong merupakan pusat wisata utama. Untuk alasan ini pulalah, disarankan buat kamu untuk selalu memesan tiket tempat wisata secara online terlebih dahulu demi menghindari antrian yang panjang. 

Sebagai gambaran, jika kamu mengunjungi Victoria Peak, maka biasanya harus mengantri minimal 2 jam untuk bisa naik trem ke puncak. 

Orang kita sudah terkenal akan keengganannya untuk melakukan antrian, apalagi sampai berjam-jam lamanya. 

Maka dari itulah, tips ini merupakan suatu keharusan bagi kita agar proses mengantri tersebut bisa dilewati.

Beberapa tempat wisata yang disarankan untuk membeli tiketnya secara online diataranya:

  • Peak Tram Sky Pass
  • Kapal Feri ke Makau
  • Ngong Ping 360, lengkap dengan tur budaya dan warisan lantau.
  • Ocean Park Hongkong
  • Tamasya Bus Besar Hongkong
  • Taman Disneyland Hongkong
  • Tur Pelabuhan Star Ferry
  • AquaLuna Symphony of Lights Cruise
  • Layar Malam AquaLuna

Siapkan budget kamu ya! Karena pemesanan online biasanya memiliki harga yang sedikit mahal dibandingkan dengan harga normal yang dijual di lokasi masing-masing tempat.

Minum Air Gratis

Kita bisa menghemat banyak untuk bekal air minum karena tersedia air keran di beberapa sudut tempat kota Hongkong. 

Air keran ini sudah layak diminum dan bisa didapatkan secara gratis dan bebas. Kamu pun boleh mengisi ulang botol minuman tanpa harus malu dan takut diteriaki maling. 

Hanya saja bagi kamu yang memiliki perut rapuh, maka tak disarankan karena bisa memicu gejala yang tak diinginkan. 

Sekalipun air keran di Hongkong sangatlah aman, tetapi bagi beberapa orang dengan sistem imun rendah seringkali mengalami rasa sakit seperti diare dan mules.

Mau tak mau kamu harus membeli air kemasan di toko swalayan terdekat. Carilah yang memiliki harga termurah agar tidak membebani budget jalan-jalan kamu terlalu parah.

Masih ingin mengaktifkan mode berhemat? Kantongi air kemasan yang disediakan di hotel. Biasanya tempat penginapan selalu menjatahi kita dengan 2 botol air minum per malamnya. 

Tempat Terbaik untuk Menginap

Kita tak bisa memilih tempat menginap secara acak. Soalnya kota Hongkong sendiri sangatlah luas, dan dibedakan ke dalam 3 area yaitu Central, Kowloon, dan Teritori Baru. Masing-masing wilayah ini pun masih dibagi lagi ke dalam beberapa distrik. 

Untuk memudahkan, maka kamu harus menentukan initerary terlebih dahulu sebelum berkunjung, kemudian disesuaikan dengan lokasi hotel yang ingin kamu tiduri. 

Honkong Central biasanya merupakan kawasan bisnis bersaman dengan tempat wisata seperti Victoria Peak, Kuil Man Mo, dan Mid-Level Escalator.

Sementara Kowloon merupakan lokasi campuran antara butik fashion kelas atas dan pasar terbaik yang ada di Hongkong.