Tips Liburan ke Malaysia – 9 Hal yang Harus Dipersiapkan

Para petualang seringkali mengunjungi Malaysia untuk berbagai macam alasan, entah itu demi merasakan pantainya yang cerah dan hangat, hutan hujan yang rimbun, makanan lokal yang khas, seta budayanya yang begitu semarak.

Jika kamu adalah salah seorang yang hobi jalan-jalan dan tengah menargetkan Malaysia sebagai pemberhentian berikutnya, maka ada pantrangan yang harus dijaga serta tips yang boleh diikuti. 

Beberapa pantrangan yang harus kamu hindari saat berkunjung ke sana diantaranya untuk tidak membawa obat terlarang, lengah saat berbelanja, berjalan sendirian di tengah malam, atau bahkan mengejek makanan lokal.

Keempat pantrangan di atas dimaksudkan agar kamu tetap aman saat berada di Malaysia. Sementara tips liburan ke Malaysia di bawah ini akan menambah suasana jalan-jalan kamu semakin seru.

Bergabung Dengan Komunitas Lokal

Tips pertama ini harus kamu lakukan bahkan sebelum mendaratkan kaki kamu di negara tersebut. Ada banyak diantara traveler dan penduduk lokal yang senantiasa berbagi antusiasme mereka pada budaya Malaysia melalui acara dan program tertentu. 

Komunitas ini bisa kamu temukan dengan mudah di beberapa hotel atau hostel yang juga menyelenggarakan program khusus seperti wisata kuliner hidangan lokal, wisata kota, hiking, kehidupan malam, dan aktivitas menyenangkan lainnya. 

Jika kamu memang menyukai seni budaya suatu negara dan ingin mempelajari lebih dalam mengenai negara Malaysia, maka bisa mengunjungi pasar seni dan galeri lokal seperti yang adai di Riuh in the City, Gedung Zhongshan, The bee, dan Publika.

Pelajari Aturan Bebas Bea

Entah itu membawa barang dari Indonesia ke Malaysia ataupun sebaliknya, negara ini benar-benar teliti dan serius dalam menangani konsesi bebas bea yang dilakukan di bandara.

Misalnya kita tak boleh membawa hingga 200 batang rokok, tak boleh membawa parfum dan kosmetik di atas harga Rm 200 (Rp. 700.000), dan lain sebagainya. 

Dengan begitu, selalu selektif dalam memilih barang-barang untuk dibawa. Jika barang bawaan kamu berlebihan, bisa-bisa akan disita oleh pihak bandara sehingga menjadi kerugian tersendiri bagi kita.

Hati-Hati Terhadap Obat Terlarang

Membawa obat-obatan terlarang tentunya diharamkan di hampir semua wilayah negara manapun, termasuk di Malaysia dan bisa  menjadi pelanggaran yang teramat serius. 

Hukuman untuk kasus-kasus ini bisa berupa denda yang super mahal sekaligus hukuman penjara. 

Sekalipun kamu bukan pemakai atau bahkan pengedar, selalu cek barang bawaan dan tas demi memastikan tak ada barang yang mencurigakan terselip di sana. 

Bandara sendiri merupakan salah satu tempat berkumpulnya orang. Bisa saja kita dijadikan kambing hitam oleh pihak tertentu dan menjadi tersangka utama. 

Bukannya bersenang-senang di Malaysia, yang ada malah bermukim di penjara sambil harus membayar denda yang bisa bikin kita bangkrut. 

Mencoba Warung Jajanan

Setelah berhasil menapakkan kaki kamu di Malaysia, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mencoba warung jajanan yang ada di kios-kios sebagai bagian dari wisata kuliner.

Sama halnya seperti di Indonesia, jajanan pinggir jalan ini cenderung memiliki harga yang jauh lebih murah daripada yang ada restoran atau café. Kebanyakan dari warung jajanan ini menyajikan makanan khas Malaysia, sehingga esensi liburan kamu di negara tersebut menjadi begitu terasa. 

Satu hidangan saja berkisar antara Rm 7-8, atau setara dengan Rp. 15.000-30.000. Kamu juga bahkan bisa memesan hidangan besar untuk bisa disantap beramai-ramai dengan rombongan. Harganya pun tentunya jauh lebih murah. 

Hindari Kabut Asap

Tingkat keparahan dari kabut asap yang ada di Malaysia selalu berubah-ubah setiap tahunnya, tergantung aktivitas dan kejadian yang ada di negara-negara tetangga seperti Indonesia.

Misalnya pada tahun 2015, bersama dengan Singapura dan Thailand, Malaysia menjadi salah satu korban dari serangan kabut asap akibat adanya pembakaran hutan ilegal massal di Indonesia.

Selain munculnya virus varian baru bernama Covid-19 2 tahun lalu, masker juga sangatlah dibutuhkan untuk menghalau kabut dan asap beracun yang satu ini. 

Jika bisa, pastikan kamu memantau kondisi cuaca dan udara sebelum bepergian. Tanyakan kepada agen travel mengenai waktu perjalanan terbaik jika kamu memutuskan menggunakan jasa pemandu wisata.

Manfaatkan Transportasi Umum

Transportasi umum bisa menjadi kendaraan terfavorit yang bisa kamu gunakan selama aktivitas jalan-jalan kamu berlangsung. 

Ada banyak jalur yang bisa dipilih, termasuk LRT, MRT, dan Monorel. Ketiga kendaraan umum ini bahkan menjadi yang paling disarankan saat kamu berkunjung ke Kuala Lumpur. Tetapi di beberapa kota lain seperti Penang, Melaka, dan Ipoh, kendaraan umum yang hanya bisa digunakan adalah berupa bus. 

Jika jarak tempuh lokasi yang ingin kamu tuju di atas 1 KM, maka disarankan untuk menggunakan salah satu transportasi umum di atas, mengingat cuaca dan serangan panas yang mungkin berbahaya bagi tubuh. 

Tak Perlu Mengeluarkan Uang Tips Saat Makan

Kamu cuman perlu membayar sesuatu dengan harga yang telah tertera di sana, jadi tak perlu pusing memikirkan uang tips kepada pelayan atau pelayan pengantar makanan. 

Soalnya kebanyakan café dan restoran sudah mengenakan biaya layanan sebesar 10% serta Pajak Barang dan Jasa sebesar 6%. Jadi jika misalnya kamu makan seharga Rm 10, maka tagihan akan bertambah 16% menjadi Rm 11,6. Nah, Rm 1,6 itu merupakan tips bagi pelayan. 

Mereka memasukan biaya tersebut secara transparan, dan akan tertera pada setiap menu yang ingin kamu santap.

Namun berbeda dengan supir taksi dan pelayan hotel, Biaya Layanan cenderung tak disertakan di sana. Jadi jika kamu punya rezeki berlebih dan puas dengan pelayanan mereka, sedikit uang tips mungkin bisa membuat mereka senang. 

Siapkan Peralatan Hiking

Seperti halnya Indonesia, negara Malaysia dilengkapi dengan banyak hutan hujan dan pegunungan. Rasanya tak komplit jika liburan kamu ke Malaysia tidak disertai dengan melihat pemandangan alam yang indah dan menakjubkan di sana. 

Siapkan pakaian yang sesuai layaknya naik gunung. Kenakan pula sepatu olahraga atau hiking yang nyaman. Bawa juga obat oles nyamuk dan camilan sehat agar tidak kelaparan di sepanjang perjalanan.

Beberapa lokasi yang disarankan untuk kamu sambangi diantaranya adalah Bukit Broga, Bukit Gasing, Bukit Sri Bintang, Air Terjun Chiling, dan lain sebagainya. 

Selalu Bawa Payung Saat Eksplorasi

Suhu di negara Malaysia cenderung ekstrim, dan hujan bisa turun dengan sangat tiba-tiba. Kota-kota besar juga seringkali diguyur oleh badai hujan tropis yang terkenal sebagai penyebab terjadinya banjir lokal.

Sekalipun banyak gedung-gedung yang menyediakan kita tempat bernaung, tapi payung bisa membantu kita terkena kebasahan saat terjadi hujan dadakan. Barang-barang seperti handphone, kamera, laptop, dan benda elektronik lainnya lebih rentan terkena kerusakan, jadi lebih disarankan untuk membawa payung setiap kali cuaca di luar nampak kelabu.

Setelah selamat dari guyuran hujan yang datang secara dadakan, pastikan kamu mencari tempat bernaung di warung-warung terdekat. 

Disarankan untuk tidak menunggu hujan reda, karena seringkali berlangsung dengan sangat lama. Sebaliknya, cicipi beberapa makanan lokal di warung tempat kamu bernaung dan nikmati waktu makan santai kamu di sana.