7 Area Glamor nan Indah di Tokyo, Wajib Didatangi Saat Main ke Jepang

Jika kamu ingin merasakan kemegahan kota yang mewakili benua Asia, maka Tokyo bisa menjadi jawabannya.

Tak tanggung-tanggung, bahkan Tokyo berhasil dinobatkan menjadi kota terbesar dan terbaik di dunia pada tahun 2019 lalu, yang mana nilai ini ditentukan oleh jajak pendapat dari 600 ribu pembaca.

Ini dikarenakan para wisatawan Tokyo dapat menikmati kehidupan kota yang modern, pemandangan alam yang indah, udara dan lingkungan yang bersih, serta nilai budaya dan sejarah yang dimilikinya. 

Dengan begitu, mungkin Tokyo bisa menjadi pemberhentian kamu berikutnya saat traveling. Agar mendapatkan pengalaman terbaik di kota ini.

Sekalipun banyak sekali objek wisata yang bisa kamu sambangi, akan tetapi pastikan kamu tak melewatkan beberapa lokasi terbaik yang ada di daftar kami berikut ini.

Shibuya

Pertama-tama, cobalah merasakan keramaian kota Shibuya dengan melintasi penyeberangan utama yang dibanjiri oleh jutaan orang setiap harinya, yang disebut sebagai Shibuya Crossing.

Area ini terletak di depan pintu keluar Stasiun Shibuya Hachiko dan memungkinkan kita menyeberang bersama ratusan orang dalam sekali waktu pada saat lampu merah menyala, sehingga semua pejalan kaki akan membanjiri seluruh persimpangan.

Selain itu, ada empat spot menarik yang bisa kamu sambangi saat berkunjung ke kota ini, diantaranya:

  • Berfoto dengan patung anjing Hachiko
  • Shibuya Scramble Square memperlihatkan kota Tokyo dari ketinggian
  • Jalan Senta-gai. Dipenuhi dengan toko-toko cocok untuk berbelanja
  • Shibuya 109. Pusatnya fashion dengan gedung di perempatan yang super tinggi.

Demi memberikan perasaan retro yang lebih keren di kota Tokyo, maka kamu juga harus meluangkan waktu untuk menikmati ruangan besar atau sambil berjalan-jalan melihat gedung luas dan artistik. 

Ambilah beberapa foto yang instagrammable di antara keramaian untuk kamu posting di masing-masing akun media sosial, biar dibanjiri comment dan like - bikin orang ngiri.

Harajuku

Ada tempat fashion lainnya yang benar-benar unik dan lain daripada yang lain tepat di jalan Harajuku.

Jalan ini sudah menjadi lingkungan Tokyo yang terkenal dengan warna-warna cerah dan toko-tokonya yang trendi.

Bahkan disinilah budaya kawaii Jepang dimulai dan terus berkembang hingga ke seluruh wilayah negeri.

Harajuku dipenuhi dengan café dan toko pakaian, dengan nuansa budaya pop-nya yang begitu kreatif seperti Kawaii Monster Café Harajuku.

Shinjuku

Lain lagi dengan daerah Shinjuku yang menjadi pusat bisnis dan hiburan, namun masih sangat kental dengan aktivitas fashion dan perbelanjaannya. 

Sebagai salah satu dari 23 distrik di kota Tokyo, stasiun Shinjuku bisa dibilang sebagai yang tersibuk di dunia, dan mampu menangani hingga lebih dari 2 juta penumpang setiap harinya.

Alhasil, stasiun Shinjuku menjadi area yang terkenal dan menarik para wisatawan asing untuk melihatnya secara langsung. Di saat yang bersamaan pula, mereka semakin menambah keramaian di area tersebut selain dipadati oleh penduduk Tokyo untuk beraktivitas sehari-hari.

Bahkan saking padatnya, keadaan di pagi hari dikenal dengan sebutan Rasshuu Awaa, sebuah kata yang berasal dari kosakata Inggris, Rush Hour, yang menggambarkan betapa hebatnya keramaian dan kesibukan yang terjadi di area tersebut.

Namun berbicara mengenai liburan, selain stasiun itu sendiri, ada beberapa lokasi yang wajib kamu tengok, diantaranya:

  • Omoide Yokochoo
  • Robot Restaurant
  • Pusat perbelanjaan Don Quijote
  • Gedung Pemerintahan Metropolitan Tokyo
  • Seiji Togo Memorial Museum
  • Distrik Kabukicho

Masih ada banyak lokasi lainnya yang tak bisa disebutkan satu per satu. Gampangnya, cukup jelajahi sendiri dan temukan kejutan yang tengah menanti kamu di sana.

Asakusa

Daya tarik utama dari Asakusa adalah Sensoji, yaitu kuil Buddha yang sangat populer dan dibangun pada abad ke-7. 

Di dekatnya, ada juga sebuah jalan perbelanjaan bernama Nakamise yang menyediakan para pengunjung kuil dengan berbagai macam makanan ringan tradisional lokal dan suvenir wisata. Konon katanya, perbelanjaan ini sudah dilakukan selama berabad-abad secara turun-temurun. 

Area ini sangatlah layak untuk kamu sambangi karena menjadi salah satu tempat wisata yang paling populer di kota Tokyo. 

Meskipun pernah mengalami kerusakan yang begitu parah selama pemboman Tokyo dan pasca Perang Dunia 2, akan tetapi pemerintah Jepang mampu membangunnya kembali dan kini nampak seperti surganya dunia bagi para traveler.

Dikemas dengan wisata yang dipenuhi dengan sejarah, Asakusa termasuk ke dalam tujuan wisata diantara para traveler yang datang dari dalam dan luar negeri.

Akihabara

Khusus buat kamu yang suka dengan kultur anime, maka kunjungan ke Akihabara akan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. 

Akihabara sendiri dulunya adalah distrik yang menjual barang-barang elektronik yang sangat murah. Tetapi dengan berkembangnya kultur kawaii dan anime, area ini pun berubah menjadi surganya para otaku karena menjual berbagai macam produk terkait seperti action figure, nendoroid, blu-ray anime, dan game – layaknya pabrik anime.

Sesaat memasuki kawasan ini, kamu juga pasti akan disambut oleh pelayan café berpakaian maid yang cantik dan lucu.

Mereka akan menjamu kita di markasnya bernama maid café dan menawarkan berbagai macam makanan khas – terutama omelet – sambil bermain hal-hal lucu bersama mereka.

Akihabara merupakan area paling diimpi-impikan oleh para pecinta anime. Hampir tidak ada fans anime yang tak mengenal kata Akihabara, termasuk para penggemar yang ada di Indonesia.

Tokyo Skytree

Saatnya naik ke ketinggian dan memandangi indahnya kota melalui Tokyo Skytree yang menjadi ikon dan landmark kota metropolitan Jepang yang satu ini.

Sebenarnya, menara ini dibuat untuk penyiaran televisi. Tetapi berkat bentuknya yang mencolok, maka menjadi magnet dan daya tarik tersendiri bagi para pelancong lokal dan asing.

Dengan memiliki ketinggian hingga 634 meter, maka menjadikannya sebagai struktur tertinggi di Jepang hingga artikel ini dibuat.

Di dalam menara tersebut, disediakan sebuah area sebagai observatorium yang menawarkan pemandangan kota dan panorama terbuka untuk umum. Dengan begitu, kita pun bisa ikut mendapatkan pengalaman menarik saat memasuki ruangan tersebut, tentunya setelah membayar tiket yang dijual di pintu masuk.

Ginza

Dikarenakan menjadi kota metropolitan, maka Tokyo lebih banyak menawarkan pusat perbelanjaan demi mendukung kebutuhan gaya hidup masyarakatnya yang terbilang glamor, termasuk yang ada di Ginza.

Kita bisa menemukan distrik perbelanjaan, tempat makan, dan hiburan kelas atas paling terkenal di Tokyo saat berkunjung ke Ginza. 

Dimulai dari department store, butik, dan galeri seni, hingga café dan klub malam, semuanya bisa kita temukan dengan mudah di tempat ini.

Tetapi berhati-hati saat berkunjung ke Tokyo, terutama di area Ginza, karena sudah dikenal sebagai kota termahal di dunia. 

Semua barang belanjaannya pun pasti dijual di atas harga rata-rata. Sebagai gantinya, kita akan mendapatkan barang branded asli dan tak mudah rusak.

Jaga pengeluaran kamu, jangan sampai kalap mata melihat barang-barang yang ditawarkan di kota Tokyo, karena bisa-bisa dompet kamu kempes dan melompong tanpa sisa.