9 Objek Wisata Lampung yang Menawarkan Suasana Pantai

Perjalanan dari Jakarta menuju Lampung sebenarnya tak terlalu sulit atau membutuhkan lama. Kamu bisa menggunakan pesawat dan mengudara selama kurang lebih 45 menit untuk sampai di Bandara Internasional Radin Inten II.

Hal pertama yang mungkin bisa kamu lakukan sesampainya di provinsi ini adalah mencari penginapan yang terletak di area tengah, agar proses jalan-jalan kamu semakin mudah. 

Setelah menghela nafas panjang dan beristirahat secara cukup di hotel yang telah kamu pilih, maka segera lakukan eksplorasi untuk menjelajahi beberapa spot wisata terkenal yang ada di sana. 

Tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak biaya, berikut kami urutkan tempat-tempat terkenal dan murah untuk disambangi sebagai bagian dari wisata Lampung kamu agar semakin berkesan dan seru.

Pulau Pahawang

Dikarenakan letaknya yang berada di tengah-tengah lautan dan terpisah dari pulau Utama Sumatera, maka kita harus mengaksesnya dengan menggunakan perahu yang telah disediakan oleh penyedia jasa di sana. 

Menariknya, perjalanannya sendiri bisa sangat memacu adrenalin karena kita hanya dibekali dengan perayu kayu yang kecil, dan akan teraas bergelombang lengkap dengan ombaknya yang tinggi. Jadi, sangat cocok buat kamu yang suka dengan hal-hal berbau petualangan. 

Namun buat kamu yang tak terlalu suka akan kondisi tersebut, maka carilah perahu yang agak besaran dengan pengamanan yang lebih mumpuni. Karena kondisi alam dari Pulau Pahawang sendiri sangatlah indah dan tak boleh dilewatkan begitu saja oleh para traveler yang berwisata ke Lampung. 

Taman Nasional Way Kambas

Jika jalan-jalan ke kebun binatang sudah terlalu mainstream, maka kamu wajib untuk mendatangi Taman Nasional Way Kambas yang dipenuhi dengan fauna khas Indonesia.

Tamannya sendiri sangat mudah untuk dinavigasi, serta disiapkan seorang pemandu agar proses liburan kamu ke sana semakin terarah. 

Para penjaga dan supir juga bisa kita sewa dengan harga yang jauh lebih murah daripada di kota-kota besar seperti Jakarta.

Ada aktivitas alternatif di atas air dengan menggunakan perahu untuk bisa melihat segerombolan buaya.

Beberapa satwa daratnya juga bisa kita dekati seperti Gajah dan Badak Asia yang langka. Agar tiketnya tak kehabisan, pastikan kamu melakukan reservasi terlebih dahulu ya. 

Pulau Sebesi

Selanjutnya ada pulau lain yang masih termasuk ke dalam provinsi Lampung, yaitu Pulau Sebesi.

Tempat ini bisa menjadi area yang sangat cocok buat kamu yang hobi snorkeling, karena air lautnya yang tenang, pantainya yang damai, serta memiliki lanskap berupa gunung yang cukup tinggi. 

Bahkan Gunung Krakatau yang terkenal di seluruh penjuru dunia saja bisa kita lihat dari sini. Jadi, pastikan kamu membawa kamera untuk mengabadikan momen indah tersebut. 

Terdapat pula sebuah agen perjalanan yang dapat membawa kita menjelajahi daerah Krakatau. Siapkan minuman dingin jika ingin pergi ke tempat tersebut, karena suhu gunungnya sendiri lumayan cukup panas dan bisa memicu dehidrasi.

Puncak Mas

Ketika kamu kepikiran untuk melihat kota provinsi Lampung dari atas, maka Puncak Mas adalah spot wisata yang harus kamu segerakan untuk dikunjungi. 

Apalagi pemandangan di malam hari yang begitu spektakuler dan benar-benar indah, serta tempatnya yang tak terlalu ramai, maka bisa kita jadikan sebagai area untuk menenangkan diri dari kesibukan kota dan aktivitas sehari-hari.

Tak berhenti sampai di sana, kita pun akan menemukan berbagai macam atraksi menarik serta restoran yang menyajikan makanan lezat. Pokoknya, Puncak Mas termasuk ke dalam area wisata yang harus kamu hinggapi saat berwisata ke Lampung.  

Pantai Sari Ringgung

Banyak sekali atraksi yang wajib kamu coba saat menghabiskan waktu di Pantai Sari Ringgung. Sangat disarankan untuk menaiki perahu demi melihat-lihat pulau di sekitarnya. 

Kamu juga bisa merasakan nikmatnya beribadah ketika berada di mesjid apung yang dikelilingi oleh air laut.

Beberapa kegiatan lainnya adalah berupa snorkeling dan mendayung di lepas pantai, dan bisa menjadi kegiatan keren yang bikin ketagihan. 

Air lautnya sendiri sangatlah jernih dengan warnanya yang kebiruan. Saking bersihnya, kita bisa melihat dasar laut di beberapa area tertentu. 

Alhasil, Sari Ringgung akan menjadi tempat terbaik buat kamu si anak pantai. Ajak semua teman-teman dan keluarga kamu ke tempat ini untuk bersantai!

Pulau Pisang

Di perjalanannya saja kita sudah bisa disuguhkan dengan berbagai macam keindahan alam dan pemandangan langka di Samudera Hindia. 

Misalnya, kita akan mendapati banyak sekali lumba-lumba yang berenang dan nampak akrab dengan para traveler dan penduduk setempat.

Kemudian sesampainya di Pulau Pisang, kita juga bisa bermain di atas pasir putih, berenang di dalam air lautnya yang jernih, minum kelapa muda, menyaksikan nelayan mendapatkan hasil tangkapannya, dan lain sebagainya.  

Teluk Kiluan

Pertama dan yang paling terpenting, Pulau Kiluan dan Teluk Kiluan merupakan dua tempat yang berbeda, namun banyak orang yang keliru membedakannya. 

Khusus untuk Teluk Kiluan, tempat ini berada di seberang teluk dan terkenal akan atraksi binatang lumba-lumbanya yang ramah terhadap pengunjung. 

Namun untuk bisa melihat kerumunan lumba-lumba tersebut, maka disarankan untuk berangkat lebih awal sekitar jam 6 pagi. 

Semua hal yang ada di tempat ini dikelola oleh penduduk lokal, dengan begitu semua atraksinya pun tak terlalu mewah. 

Sebagai gantinya, kita akan disuguhi oleh hal-hal yang berbau tradisional seperti makanan khas Lampung, cerutu, dan bahkan minuman keras yang dijual dengan harga normal. 

Mall Boemi Kedaton

Selanjutnya jangan lupakan juga untuk datang ke pusat perbelanjaan demi merasakan sisi retro dari provinsi Lampung.

Salah satunya adalah Mall Boemi Kedaton yang dipenuhi dengan restoran dan masakan lezat, serta harga-harga dari barang dagangan yang masuk di akal.

Tempatnya sendiri sangalah luas dan cerah, karena beberapa ventilasi dan cahaya alami dari luar bisa menembus ke dalam dengan lebih mudah. 

Hal pertama yang mungkin muncul di benak kamu saat datang ke tempat ini adalah suasana nyaman dengan dekorasinya yang rapi.

Sekalipun menyuguhkan sisi kehidupan yang modern, akan tetapi tak menghilangkan bagian tradisional Lampungnya yang kental.

Pulau Kelagian

Area terkenal yang terakhir untuk membuat wisata Lampung kamu semakin sempurna adalah Pulau Kelagian. Jika kamu berhasil mengaksesnya pada saat hari sedang cerah dan tak berkabut, maka kamu akan diberi pemandangan berupa laut biru yang begitu jernih, lengkap dengan pasir putihnya yang indah.

Keluarga kamu bisa bermain selama berjam-jam di sini tanpa harus terganggu oleh banyak kerumunan, dan sangatlah cocok bagi anak-anak.

Pulau Kelagian juga menawarkan aktivitas snorkeling demi melihat terumbu karang yang masih segar dan alami.

Tapi tetap hati-hati terhadap bulu babi yang selalu bernaung di sekitaran karang, karena bisa menusuk tubuh saat terkena.

Secara keseluruhan, Pulau Kelagian merupakan area yang kecil dengan pasir yang sangat bagus. Pantainya yang bersih dan lokasinya yang indah dapat memberikan kenang-kenangan tiada tara saat berkunjung ke Provinsi Lampung.