9 Tempat Wisata Surabaya yang Begitu Khas dan Penuh Sejarah

Dibandingkan dengan ibukota dan daerah istimewa di pulau Jawa, kota Surabaya yang terletak di Jawa Timur kurang begitu terkenal oleh para traveler dalam dan mancanegara. 

Padahal dari segi historis, kota Surabaya pun menyediakan beragam peninggalan sejarah dengan maha karyanya yang agung. 

Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, sebenarnya Surabaya sangatlah layak untuk kita kunjungi mengingat ada banyak sekali spot wisata yang mampu menarik hati bagi siapa saja yang berkunjung ke sana.

Seperti misalnya, dari gunung hingga pantai, dan dari situs zaman dulu hingga pusat perbelanjaan yang modern, semuanya bisa kita temukan secara lengkap di sini. 

Jika kamu mulai tertarik untuk berkunjung ke kota Surabaya, mungkin beberapa area terkenal di bawah ini bisa membuat liburan kamu semakin asyik bersama keluarga atau teman dekat.

Monumen Kapal Selam

Banyak orang yang mungkin tak pernah kepikiran untuk melihat kapal selam dari Rusia dan kemudian menaikinya. Akan tetapi lain lagi ceritanya jika kamu berkunjung ke Surabaya, tepatnya di Monumen Kapal Selam yang terletak di Kecamatan Genteng.

Menariknya, kapal selam ini merupakan jenis yang asli dan pernah digunakan oleh angkatan laut Indonesia sampai akhirnya di non-aktifkan pada tahun 1990. Setelah itu, pemerintah memutuskan untuk menjadikan bangkai kapal selam tersebut sebagai museum. 

Berkat idenya yang brilian tersebut, akhirnya kita pun berkesempatan untuk bisa menaiki kapal selam dan berkeliling di dalamnya untuk melihat-lihat. Tentunya ini adalah sebuah aktivitas yang tak akan pernah bisa kita temukan di tempat lain. 

Menaiki kapal selam di Surabaya ini bisa menjadi cara terbaik untuk mempelajari sejarah angkatan laut di Indonesia secara langsung.

Chinatown

Indonesia memiliki beragam ras dan suku dari Sabang sampai Merauke. Diantara para penduduk asli, banyak pula penduduk dari China yang sudah menetap dan menjadi warga negara Indonesia secara permanen.

Jadi tak heran jika kita pun bisa menemukan sebuah kawasan yang miirip seperti negara China di Chinatown Surabaya.

Asyiknya lagi, kita akan dengan leluasa untuk berjalan kaki di area tersebut, tanpa harus berebut jalan dengan pengendara kendaraan bermotor.

Paling cocok untuk mengunjungi tempat ini pada sore hari demi meramaikan suasana yang telah ada. Banyak sekali restoran dan toko milik Cina sebagai bagian dari sisi keramaian yang dimilikinya.

Gunung Bromo

Salah satu daya tarik utama dan menjadi landmark kota Surabaya adalah Gunung Bromo, yang secara teknis masih aktif sebagai gunung berapi yang besar.

Gunung yang membara ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger. Satu-satunya cara termudah agar kamu bisa mengakses gunung ini adalah dengan mengikuti tour yang seringkali disediakan oleh agen tertentu.

Misalnya, terdapat sebuah tur yang menyediakan pemberangkatan pada dini hari untuk menyaksikan matahari terbit tepat di bibir kawah. 

Saat mengunjungi kota Surabaya, pastinya aktivititas ini kamu ikuti agar menjadi bagian yang paling seru dan sulit untuk dilupakan. Jadi silahkan dicoba ya!

G-Walk

G-Walk merupakan bagian dari CitraLand yang terletak di bagian sebelah barat kota Surabaya. Di tempat ini jugalah, kita bisa mencoba beberapa makanan terbaik yang ada di kota.

Ada banyak sekali kedai makanan yang disediakan lengkap dengan pasar malamnya yang semarak. Jika ingin jenis yang mewah, maka cobalah restoran kelas atas yang mengapit salah satu sisi jalan setapak di area tersebut.

G-Walk sudah dianggap sebagai kawasan anak muda yang selalu ramai didatangi oleh masyarakat lokal, turis lokal, hingga orang bule yang datang dari berbagai macam negara.

Pastikan untuk mencoba mencicipi berbagai macam makanan lokal yang terkenal, biar perjalanan kamu ke Surabaya menjadi tak sia-sia. 

Taman Bungkul

Lain lagi jika kamu ingin sedikit mendapatkan suasana tenang, hijau, dan alami, maka Taman Bungkul jauh lebih disarankan. 

Objek wisata ini memiliki pemandangan yang bagus dan wajib kamu sambangi. Di Surabaya sendiri, area hijau seperti Taman Bungkul cenderung jarang bisa kita dapatkan, sehingga nampak seperti permata yang ada di tengah-tengah kota.

Kita bisa menenangkan diri dari hiruk pikuk dan padatnya kota saat berkujnung ke tempat ini. Akan tetapi hindari bermain hingga malam hari jika kamu tipe orang yang benci keramaian. 

Dimulai dari sore hari, maka akan mulai banyak orang berdatangan terutama pasangan muda-mudi yang tengah memadu kasih.

Jembatan Nasional Suramadu

Landmark kedua dari kota Surabaya ini akan nampak indah saat kamu memandangnya dari kejauhan. Bahkan area ini bisa menjadi spot foto terbaik yang instagrammable.

Cobalah ambil selfie dengan background Jembatan Nasional Suramadu, yang mana telah menjadi salah satu jembatan terpanjang di dunia, karena membentang dari pulau Jawa hingga pula Madura yang ada di sebelahnya.

Jangan lupa juga untuk berjalan-jalan di sepanjang tepi laut kota, agar kamu bisa benar-benar merasakan kemegahan dari jemabtan tersebut.

Lebih disarankan untuk datang di malam hari ketika jembatan dipenuhi dengan penerangan dan lampu berwarna-warni yang begitu indah.

Monumen Nasional Surabaya

Belum lengkap rasanya jika kunjungan kamu ke Surabaya tanpa disertai dengan bermain ke Monumen Nasional Surabaya.

Nama Surabaya sendiri berasal bahasa Sanskerta yang merupakan gabungan dari 2 hewan berbeda, yaitu Sura yang berarti ikan paus, dan Baya yang artinya buaya.

Konon katanya, kedua hewan ini mewakili perbedaan antara perang dan perdamaian di kota tersebut. Dan tepat di Monumen Nasional Surabaya ini, maka kamu akan menemukan patung yang berbentuk kedua hewan tersebut, yang sekaligus menjadi motif kota nasional secara resmi. 

Maka dari itulah, Monumen ini bisa kita nilai sebagai jantungnya dari kota Surabaya yang wajib kamu sambangi dan tak boleh kamu lewatkan begitu saja, terutama jika kamu seorang yang cinta akan sejarah dalam negeri. 

Pasar Atum

Salah satu daya tarik dari kota Surabaya yang mampu mendatangkan banyak sekali wisatawan lokal dan asing adalah berkat makanannya yang super lezat. 

Nah, area utama kota yang paling terkenal untuk mencicipi berbagai macam lokal tersebut ada di Pasar Atum. 

Salah satu restoran yang paling terkenal dan menonjol di pusat perbelanjaan ini adalah Restoran Kartiko dengan hidangannya berupa masakan tradisional yang khas.

Selain rasanya enak dan mampu menggoyang lidah, harga dari masakannya pun cenderung murah. Tak perlu pula mondar-mandir dari satu warung jajanan ke tempat lainnya, karena Pasar Atum sudah menyediakan segala macam masakan khas Surabaya secara komplit dalam satu tempat yang sama. 

Masjid Cheng Hoo 

Banyak orang Indonesia yang tidak ngeh bahwa Surabaya ternyata memiliki populasi Tionghoa yang besar semenjak masa awal kedantangannya ke Indonesia.

Kebanyakan dari mereka datang sebagai pedagang, yang kemudian berhasil menetap di Indonesia sebagai keturunan asli atau blasteran China-Indonesia.

Salah satu warisan yang paling berharga dari penduduk China kala itu adalah Mesjid Cheng Hoo. Selain memiliki desain bangunan China, mesjid ini pun dihiasi dengan dekorasi warna khas China seperti merah, kuning, dan hijau.

Pastikan untuk mengelilingi area masjid serta pagoda tradisional yang merupakan perpaduan antara ukiran naga dan singa yang begitu artistik.