6 Objek Wisata di Sekitaran Gunung Kemukus dengan Aktivitas Positif

Seorang jurnalis asing berhasil mengungkap sisi hitam dari Gunung Kemukus yang dilatar belakangi oleh kata “ritual”. 

Namun setelah viral dan terposting di sebuah website terkenal bernama DailyMail, akhirnya pemerintah kota Sragen menggelontorkan dana hingga 88 milyar rupiah untuk membenahi area wisata tersebut dengan dimanakan New Kemukus, dengan harapan dapat memperbaiki citranya di mata dunia. 

Selain DailyMail, banyak yang menulis dan memposting bahwa Gunung Kemukus memang terkenal akan ritualnya untuk berhubungan badan bersama orang asing, yang mana diikuti oleh semua kalangan, dari ibu rumah tangga, pria paruh baya, hingga pejabat tinggi. 

Untungnya, sekarang Gunung Kemukus sudah dibenahi dan praktek yang bikin malu Indonesia pun sudah dilarang oleh pemerintah setempat.

Sebagai gantinya, ada beberapa objek wisata dan aktivitas lain yang lebih positif di sekitaran Gunung Kemukus untuk bisa kamu lakukan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Museum Fosil Sangiran

Tempat ini merupakan pusat pendidikan yang memajangkan artefak serta fosil-fosil makhluk di zaman dulu, sehingga akan menjadi salah satu aktivitas terbaik dan positif yang bisa dilakukan di sekitaran Gunung Kemukus.

Museum Fosil Sangiran ini didedikasikan untuk hominid awal yang telah punah, yaitu Manusia Jawa di zaman purba kala.

Sangat mudah sekali untuk diakses dan terorganisir dengan sangat baik. Kita akan disuguhkan dengan sejumlah informasi menarik di zaman dulu tentang sejarah nenek moyang manusia.

Pastikan kamu luangkan waktu hingga berjam-jam agar dapat membaca semua informasi dan sejarah menarik di tempat ini.

Berbeda dengan citra Gunung Kemungkus di atas, Museum Fosil Sangiran ini cenderung family friendly, sehingga kamu bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk bermain ke tempat tersebut, termasuk anak-anak.

Secara keseluruhan, tempat ini sangatlah cocok buat kamu yang menyukai sejarah dan arkeologi. Museum-museum selalu dibuat seinformatif mungkin dan dirancang agar kita mampu menikmati semua pajangannya dari berbagai macam sudut dan sisi terbaik. 

Sayangnya, kamu harus membawa kendaraan pribadi untuk bisa sampai ke tempat ini, karena tidak adanya akses kendaraan umum yang melewati rute jalan tempat dimana gedung ini berdiri.

Gemolang Edupark

Masih berbicara mengenai wisata di sekitaran Gunung Kemukus yang berbalut edukasi dan penuh nuansa positif. Salah satu tempat selanjutnya yang bisa kamu kejar adalah Gemolang Edupark.

Banyak sekali permainan yang disediakan bagi anak-anak dan tak harus membawa banyak uang. Cukup dengan membayar biaya parkir 2000 rupiah saja, maka anak-anak kita akan betah berada di sini selama mungkin. 

Kamu juga bisa bawa keluarga untuk berpiknik karena lokasinya yang begitu menarik dan lingkungannya yang bersih. 

Banyak sekali hal yang bisa dilakukan, dimulai dari berjalan santai di jogging track, bermain bola volley, membawa skateboard untuk berseluncur di arena yang telah disediakan, hingga berfoto bersama patung-patung binatang yang lucu.

Kedung Grujug

Sebuah air terjun mini bisa kita lihat dengan begitu indah di tempat ini, dan hanya berjarak sekitar 4 KM dari Gunung Kemungkus sehingga menjadi area terdekat yang wajib kamu datangi. 

Dulu Kedung Grujug merupakan tempat yang dikhususkan bagi orang yang hobi memancing. Namun sekarang, pemerintah setempat sudah berhasil meningkatkan layanan dan fasilitasnya sehingga jauh lebih fleksibel. 

Kita bisa mendatangi tempat ini sebagai upaya untuk melepas lelah dan stres dari kerasnya kehidupan sehari-hari, berkat pemandangan airnya yang jernih serta lingkungannya yang hijau.

Selain menyediakan suasana eksotis, juga dapat diakses dengan mudah serta tak perlu membayar tiket masuk. Semuanya serba gratis selain makanan dan minuman yang dijual di warung sekitar.

Pemandian Air Panas Bayanan

Daripada berendam air dingin di puncak Gunung Kemukus, mending banting stir saja menuju pemandian air panas Bayanan yang terletak tak jauh dari lokasi tersebut. 

Sekalipun ada beberapa area yang masih direnovasi demi membuat lingkungannya semakin bersih dan rapi, akan tetapi pemandiannya sendiri sudah dibuka untuk umum dan bisa diakses oleh siapa saja. 

Di dalam lokasinya sangat bagus sehingga sayang banget jika tak dicoba untuk dikunjungi. Bukan dari sisi pemandian air panasnya saja, juga lingkungan sekitarnya yang cocok kita jadikan area rekreasi bersama keluarga.

Dikarenakan letaknya tepat berada di lereng lawu, maka udara dingin selalu terjebak di sana sehingga memberikan suhu segar kepada siapa saja yang berkunjung. 

Air hangat dari kolamnya sendiri mengandung belerang dan mineral dengan jumlah tinggi. Konon katanya, dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit. 

Meskipun belum ada penelitian yang menyetujui klaim tersebut secara khusus, namun hal yang sudah dipastikan adalah perasaan segar dan bugar setelah berendam di tempat ini. 

Sepulangnya nanti, para staff dan penjaga dari pemandian air panas Bayanan memperbolehkan kita membawa sedikit air panas untuk digunakan di rumah. Bukan suhunya yang berkhasiat, melainkan kandungan yang ada di dalam air belerang tersebutlah yang memberikan manfaat bagi tubuh kita.

Taman Krido Anggo

Buat kamu yang mencari tempat yang nyaman dan segar, maka Taman Krido Anggo bisa menjadi pilihan kamu berikutnya saat berkunjung ke Gunung Kemukus.

Banyak sekali satwa liar nan lucu di tempat ini, termasuk kelinci dan burung-burung yang beterbangan ke sana kemari, sehingga membuat kita serasa menyatu dengan alam. Beberapa daun-daun yang berguguran membuat nuansa semakin asri dan alami. 

Taman Krido Anggo sangatlah cocok bagi si buah hati untuk bermain dengan bebas di sana. Biarkan mereka bersenang-senang sementara kamu makan dan berpiknik di lokasi sekitar. Jika lupa membawa makanan, maka terdapat beberapa warung yang menjual makanan ringan dengan harga standar.

Tapi perlu berhati-hati saat musim liburan atau di akhir pekan, karena selalu ada lonjakan pengunjung sehingga rentan ditutup demi mencegah kerumunan.

Terutama di malam hari, penerangan yang disediakan kurang begitu mumpuni sehingga tak disarankan untuk bermain di tempat ini sampai menjelang malam.

Apalagi di malam hari tak cocok dijadikan tempat bermain bagi anak-anak, karena sebagian besar hanya dijadikan objek berkencan oleh pasangan muda-mudi penduduk lokasi setempat.

Air Terjun Grojogan Sewu

Sebelum pulang, pastikan kamu mengunjungi sebuah air terjun yang dinamai Grojogan Sewu, lengkap dengan arena pendakian yang rimbun dan mudah diakses oleh semua orang.

Selain menikmati air terjun itu sendiri, kita pun berkesempatan untuk menikmati aktivitas lain termasuk menunggang kuda.

Selalu hati-hati saat membawa makanan ke tempat ini, karena mungkin saja akan menjadi pertarungan antara kamu dan monyet liar.

Sebenarnya, monyet-monyet tersebut tak akan mengganggu atau menyerang kita secara fisik. Mereka hanya tertarik terhadap makanan dan minuman yang kamu bawa. 

Namun seringkali handphone dan tas pun mereka rebut karena sifat penasaran yang mereka miliki. Ikatkan tas dengan kuat dan selalu simpan barang berharga di dalam saku. 

Air Terjun Grojogan Sewu bahkan jauh lebih indah dan memiliki aktivitas lebih positif daripada sekedar mengintip aktivitas aneh yang ada di Gunung Kemukus setiap malamnya.