Wisata Gunung Kidul Dari Retro Hinga Bernuansa Alam

Magnet pariwisata begitu tersebar di hampir seluruh pelosok negeri. Tepat di kawasan Yogyakarta, terdapat sebuah nama unik yang disebut sebagai Gunung Kidul.

Disebut unik karena meskipun memiliki pangkat “gunung” di depan namanya, akan tetapi secara geografisnya daerah ini termasuk ke dalam perkotaan. 

Jadi tak hanya meliputi perbukitan saja, juga beberapa lokasi lainnya termasuk pantai dan kehidupan masyarakatnya di area urban.

Di saat yang bersamaan, Gunung Kidul ini merupakan area paling terkenal di provinsi Jogjakarta karena menyimpan banyak sekali objek wisata yang bisa kita kunjungi bersama keluarga di akhir pekan. 

Jika saat ini kamu memang berniat untuk mengambil wisata Gunung Kidul bersama keluarga atau teman terdekat, maka pastikan menengok beberapa objek yang terkenal berikut ini, untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan. 

HeHa Ocean View

Dengan namanya yang unik, HeHa Ocean View mampu memberikan tempat wisata yang begitu indah tepat di atas bukit dengan nuansa fantastik. Berkat pemandangan lautnya dari ketinggian, maka bisa menjadi spot berfoto yang sangat sempurna.

Suasana malam cafĂ©-nya yang romantis senantiasa dipenuhi oleh lampu dan live music, sehingga menambah kemeriahan saat berkunjung ke tempat ini. 

Jadi, disarankan untuk datang setelah matahari terbenam, karena kehidupan malamnya bisa bikin kamu ketagihan.

Meskipun rutenya agak sulit untuk ditempuh, akan tetapi layak untuk dicoba. Apalagi kita akan disuguhi dengan makanan dan minuman yang harganya begitu terjangkau.

Goa Jomblang

Tempat ini cocok buat kamu yang doyan banget dengan sesuatu yang berhubungan dengan “adventure”. Soalnya, kita akan menjelajahi isi gua yang begitu fantastis.

Namun sebelumnya, kamu harus bersiap melakukan perjalanan melalui area berlumpur, dan mungkin akan menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan, sehingga hanya disarankan untuk kamu yang suka berpetualang saja. Aktivitas kemudian berlanjut untuk turun ke gua menggunakan seutas tali. 

Setelah itu, kita akan mulai menjelajahi gua yang gelap gulita karena tak ada penerangan yang terpasang di sana. Jadi pastikan kamu membawa senter atau smartphone ya.

Terakhir, kita akan mencapai titik utama yang memiliki pemandangan berupa sinar surga, yaitu kiasan untuk situasi dimana cahaya matahari masuk ke celah-celah atas goa sehingga sinarnya nampak lurus dan terarah.

Pantai Sadranan

Tempat ini paling cocok buat kamu yang doyan dengan snorkeling, juga tempat sempurna untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Ombak kecil, pasir putih, dan karang adalah 3 unsur terpenting yang akan memberikan nuansa hangat dan santai kamu saat berkunjung ke sana. 

Penyewaan alat snorkeling tersedia lengkap dengan instruksturnya, khusus buat kamu yang baru saja memulai hobi menyelam dalam air laut tersebut.

Untuk mendapatkan kenang-kenangan berupa foto atau video, maka terdapat biaya tambahan yang harus dikeluarkan. 

Selanjutnya, bermain di atas kayak juga bisa menjadi aktivitas opsional kedua yang ditawarkan oleh Pantai Sadranan. 

Ada banyak fotografer berkeliaran di tempat, dan menjajakan jasanya untuk menjepret gambar aktivitas kita secara profesional dengan harga terjangkau.

Beberapa restoran dan stand makanan menawarkan masakan khas yang begitu lezat, juga dengan harga yang bersahabat di kantong. 

Salah satu hal terbaik dari Pantai Sadranan ini yaitu tidak adanya pungutan liar atau pedagang yang jahil, sehingga kita bisa menikmati pemandangan dan berlibur tanpa harus mengeluarkan budget berlebih. 

Jadi, ajak semua anggota keluarga kamu ke tempat ini sebagai bagian dari wisata Gunung Kidul yang sempurna. 

HeHa Sky View

Sebelumnya perlu diingat bahwa HeHa Sky View dan Ocean View itu berbeda. Dan sesuai namanya, pemandangan yang disajikan pun tidak sama. 

HeHa Sky View memungkinkan kita untuk melihat langit-langit yang indah, sehingga cocok disambangi saat malam hari. 

Tempat ini benar-benar dirancang untuk kamu yang tengah mencari pemandangan spektakuler, hunting foto-foto terbaik, dan menghabiskan waktu berkualitas bersama orang tersayang karena memberikan kesan romantis.

Area utama di tempat ini adalah restoran yang menyajikan makanan lezat dengan pelayannya yang ramah. Akan nampak sekali bahwa beberapa staff di tempat ini sudah terlatih dengan baik untuk sisi hospitality, sehingga layanan yang diberikan begitu memuaskan. 

Gua Pindul

Dari wilayah retro kita kembali ke alam liar, yaitu Gua Pindul yang begitu indah dan memberikan pengalaman berbeda selama liburan berlangsung. 

Para pemandunya akan dengan sabar menjelaskan berbagai macam informasi terkait tempat tersebut, termasuk sejarahnya yang panjang dan bagaimana lokasi ini diberi nama “Pindul”.

Selain pemandangan yang menakjubkan, jalan-jalan ke tempat ini pun menawarkan aktivitas langka yang menyenangkan, yaitu dengan menaiki sebuah ban untuk bisa mengambang dan menjelajahi sungai di sana. 

Air sungainya pun sangat jernih dan segar, jadi tak perlu takut terkena paparan limbah-limbah pabrik atau sampah yang merusak alam. 

Pantai Ngobaran

Disebut-sebut sebagai Pantai Balinya Jogja, Pantai Ngobaran merupakan destinasi yang unik buat kamu yang masih belum pernah menginjakkan kaki ke pulau Dewata atau ingin melihat prosesi peribadatan agama Hindu. 

Karena bukan hanya pemandangan lautnya saja yang begitu menakjubkan, juga memiliki sederet arca dan patung yang terletak di purinya masing-masing. 

Bahkan jika kamu naik ke puncak bukit, ada sebuah pura yang sangat khas dan menyatu dengan alam. 

Setiap tanggal di bulan purnama, penduduk lokal senantiasa menjalani prosesi upacara adat Hindu yang sayang banget untuk dilewatkan. Silahkan datang ke tempat ini antara tanggal 13 hingga 14 hijriyah untuk menonton acara adat tersebut.

Teras Kaca Pantai Nguluran

Menginjakkan kaki di atas kaca agar dapat melihat pemandangan di bawah lantai juga bukanlah ide yang buruk untuk dilakukan, malah bisa mendatangkan pengalaman baru untuk kita. 

Teras Kaca Pantai Nguluran secara keseluruhan merupakan tempat yang bagus untuk dikunjungi selama liburan. 

Sayangnya, aksesnya cenderung cukup sulit untuk dinjangkau terutama pada musim liburan yang seringkali adanya ledakan pengunjung. 

Namun terlepas dari sisi kekurangannya tersebut, kita bisa menikmati keindahan laut di Gunung Kidul dengan lebih jelas.

Pantai Nguluran ini tak seperti pantai pada umumnya yang dipenuhi dengan pasir putih dan ombak, namun lebih dikemas dengan tebing tinggi sehingga memberikan kita pemandangan laut yang jauh lebih luas.

Puncak Segoro

Langkahkan kaki kamu untuk mendaki ke Puncak Segoro sebelum malam, karena sudah terkenal akan pemandangan matahari terbenamnya yang begitu spektakuler. 

Saat di siang hari dan cuaca sedang cerah, maka tempat ini cocok buat kamu yang ingin menghitamkan badan dengan berjemur.

Dimulai dari langitnya yang indah hingga pemandangan lautnya yang begitu menyejukkan jiwa, semua bisa kamu dapatkan hanya dalam sekali lirikan saja.

Sebagai informasi, Puncak Segoro memiliki tingkatan yang berbeda. Setiap level tersebut menyediakan tempat bersantai yang beragam namun 1 kesamaan, yaitu pemandanga laut biru selatan yang begitu menakjubkan. 

Ada tiket masuk yang harus dibayarkan, jadi selalu bawa uang tunai saat berkunjung ke tempat ini ya!