Selain Hiking, Berikut 9 Aktivitas di Sekitaran Gunung Kinabalu yang Menyegarkan

Menjabat sebagai gunung tertinggi yang ada di pulau Kalimantan, Gunung Kinabalu menawarkan berbagai macam spot wisata lengkap dengan jalur pendakiannya yang sangat ramah bagi pemula. 

Sekalipun memiliki ketinggian hingga lebih dari 4000 mdpl, akan tetapi semua orang bisa mendatanginya. 

Khusus buat kamu yang hiking ke puncak gunung, kita akan menyaksikan matahari terbit dan terbenam, serta hamparan pemandangan yang luas meliputi daratan Indonesia dan Malaysia. 

Secara geografisnya, Gunung ini terletak diantara dua negara yang berbeda, sehingga kamu akan berada tepat di perbatasan jika mencoba bertamasya ke Gunung Kinabalu. 

Nah, terlepas dari aktivitas hikingnya yang menyentuh hati kecil kita untuk mensyukuri ciptaan Tuhan, terdapat pula beberapa objek wisata di sekitarnya yang bisa kamu kunjungi. Diantaranya sudah kami tuliskan secara lengkap di bawah ini. 

Taman Kinabalu

Dikenal pula dengan nama resmi Kinabalu Park, area ini merupakan tempat awal untuk kamu mendaki. Namun berbeda dengan basecamp yang ada di kebanyakan gunung Indonesia, Taman Kinabalu bahkan bisa disebut sebagai objek wisata itu sendiri.

Udaranya yang cukup dingin bisa memberikan sensasi berbeda daripada saat kamu tinggal di kota besar. Fenomena awan jatuh bernama kabut pun seringkali kita alami pada sore hari. 

Jika kamu ingin menikmati pemandangan gunungnya yang indah, alangkah baiknya berkunjung dari pagi sebelum ditutupi oleh awan yang menyelimuti seluruh area taman. 

Desa Dairy Farm

Sesuai namanya, desa ini dipenuhi dengan makanan dan minuman yang dibuat dengan bahan susu yang didapatkan diperah langsung dari sapi.

Tempatnya sendiri sangatlah bagus dan harus kamu kunjungi setelah turun dari Gunung Kinabalu. 

Salah satu produk dairy yang terkenal adalah es krim gelato yang segar dengan varian rasanya yang enak dan lezat. 

Kamu juga bisa mengambil beberapa foto karena menyediakan spot-spot terbaik untuk selfie atau menjepret gambar bergaya panoramik. 

Sebagai bagian dari terapi mental, kita pun diperbolehkan untuk terlibat langsung dengan binatang ternak dengan cara memberi makan rumput. Kegiatan ini sangatlah cocok buat kamu yang membawa anak-anak untuk berpiknik. 

Kundasang War Memorial

Tempat ini juga harus kamu kunjungi ketika berkunjung ke Gunung Kinabalu karena letaknya yang tak terlalu jauh dari pasar Kundasang. 

Ini adalah tempat peringatan dengan pemandangan indah yang ada di sekitaranya. Bahkan kamu akan mendapati banyak sekali spot panoramik jika berjalan hingga ke ujungnya. 

Sebagai taman yang dibuat untuk mengenang jasa para pahlawan dan tragedi perang beberapa puluh tahun yang lalu, kita akan disediakan informasi zaman dulu sekaligus belajar sejarah secara langsung. 

Tentunya belajar sejarah di tempat ini akan terasa menyenangkan daripada sekedar duduk di bangku kelas yang membosankan. 

Bukit Sosodikon

Perjalanan ke tempat ini saja sudah menyajikan petualangan yang tiada tara. Tersedia parkiran yang di bawah bukit dengan tarif yang tak terlalu mahal.

Aktivitas bermain ke tempat ini bisa kamu teruskan dengan mendaki bukit dan hanya membutuhkan sekitar 20 menitan untu sampai di titik puncak Sosodikon. 

Dari atas sana, kita akan menemukan pemandangan yang begitu menakjubkan. Dikarenakan sore hari seringkali tertutup oleh awan dan cuaca terik matahari bisa sangat menyengat, maka disarankan untuk memulai pendakian dimulai dari jam 9 pagi. 

Dengan begitu kamu bisa berjalan santai, meningkatkan vitalitas dengan menggerakkan kaki dan tubuh, serta terhindar dari stres berkat pemandangan alamnya yang luar biasa. 

Paring Treetop Canopy Walk

Jalan kanopi sejauh 200 meter ini pastinya membutuhkan upaya dan usaha yang begitu besar, sehingga bisa kita lewati dengan tenang dan aman. 

Untuk bisa sampai ke tempat ini, kamu harus mendaki terlebih dahulu sekitar 800 meter dari pintu masuk. 

Namun jika dibandingkan dengan tingginya puncak dari Gunung Kinabalu itu sendiri, angka tersebut belumlah menyentuh setengahnya. 

Apalagi Gunung Kinabalu sangatlah ramah bagi para pendaki pemula, maka menggapai Paring Treetop Canopy Walk tersebut bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. 

Sama halnya seperti lokasi lain di sekitaran Gunung Kinabalu, tempat ini pun harus buru-buru kamu sambangi di pagi hari, agar tidak berdesakan dengan para traveler lainnya. 

Pasar Kundasang

Ada banyak toko yang disediakan di pasar Kundasang agar kamu bisa membeli berbagi macam kebutuhan, jajan makanan ringan, atau membeli cendramata.

Lingkungannya yang nyaman dan berangin bisa menjadi pendukung kita untuk berbelanja tanpa bantuan AC seperti layaknya di mall-mall kota besar.

Terutama di pagi hari, kita akan bisa menikmati keindahan Gunung Kinabalu dengan begitu jelas. Sementara di sore hari, seringkali pemandangan tersebut memiliki aksen alami berupa awan-awan yang indah.

Buah-buahan segar, sayuran, dan kios-kios berjajar dengan sangat rapi, sambil memameran bunga-bunga yang bermekaran dan enak untuk dilihat. Para pedagangnya sendiri sangatlah ramah dan bersahabat.

Kinabalu Golf Club

Menjadi klub golf tertua di Kalimantan Utara, tempat ini juga bisa kamu kunjungi untuk melakukan aktivitas olahraga yang mewah dan berkelas. 

Lapangan ini memiliki 9 lubang secara keseluruhan, dan bisa terlihat dengan jelas berkat jaraknya yang pendek. 

Dikelilingi dengan pepohonan, kita pun bisa sambil menikmati area sekitaran sekalipun enggan untuk ikut bermain. 

Terdapat banyak flora dan fauna yang menyatu secara harmoni bersama alam, sehingga menyuguhkan cita rasa hijau yang menenangkan. Sangat bersahabat untuk melakukan terapi dan meditasi demi menghilangkan stres yang telah menggunung akibat kerasnya kehidupan kota.

Pasar Nabalu

Selain pasar Kusanandang yang telah disebutkan di atas, kamu pun bisa mendatangi distrik penjualan berikutnya yang tak jauh dari lokasi Gunung Kinabalu bernama Pasar Nabalu. 

Dikarenakan letaknya yang berdekatan, pasar Nabalu seringkali digunakan oleh para traveler sebagai persinggahan sebelum kembali melanjutkan ke pasar Kusanandang dan hiking ke puncak gunung. 

Di sini pun kamu dapat menemukan berbagai macam kerajinan tangan khas Kinabalu untuk oleh-oleh, atau menikmati jajanan lokal yang terasa lezat dengan rasanya yang khas banget.

Area parkirannya saja sudah sangat harmonis dengan alam, yang mana akan menampilkan pemandangan Gunung Kinabalu yang begitu megah. Silahkan ambil foto sebanyak-banyaknya sebagai kenang-kenangan. 

Terapi Tradisional Sogob

Jika misalnya kamu sudah lelah berjalan naik dan turun Gunung Kinabalu, maka segera langkahkan kaki kamu menuju sebuah tempat untuk mendapatkan terapi pijat di Sogob. 

Terapi Tradisional Sogob tentunya memberikan layanan jasa pijat profesional yang efektif dengan harga yang tak memberatkan kantong kamu. 

Sempurna untuk didatangi sebelum pulang ke rumah masing-masing sebagai bagian dari relaksasi setelah bermain seharian. 

Tempatnya bersih dan ruangan pijatnya benar-benar bisa bikin kita santai. Semua rasa pegal di seluruh badan setelah diterpa angin gunung dan berjalan selama puluhan kilometer pun akan sirna sesaat setelah kamu merasakan pijatan yang menyegarkan. 

Tempat ini buka dari pagi hingga sore hari pukul 4:30 waktu setempat, jadi harus memesan tempat ya!