Ingin Mendaki Gunung Puntang? Tengok Dulu Tipsnya Berikut Ini!

Seorang musisi bernama Anji dari band Drive pernah menjadi sorotan para pecinta alam karena perannya sebagai pengelola Gunung Puntang. 

Sekalipun beberapa saat yang lalu sebagian besar dari mereka tidak setuju dan kecewa, namun pada akhirnya Anji hanya ingin membuat Gunung Puntang menjadi lebih bersih, terkelola dengan baik, dan menambah fasilitas yang dibutuhkan oleh para pendaki – bukan merusak dan menghilangkan sisi sejarahnya seperti yang diduga para pecinta alam.

Alhasil, sampai saat ini Gunung Puntang masih mampu menawarkan sejumlah sisi mistis, budaya, dan sejarahnya di saat yang bersamaan. 

Dengan begitu, masih menjadi area yang cocok buat kamu kunjungi sebagai bagian dari acara rekreasi, piknik, dan hiking. 

Selayang Pandang Tentang Gunung Puntang

Gunung Puntang merupakan salah satu puncak yang terletak di Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 2.223 meter di atas permukaan laut. 

Berkat pemandangannya yang luar biasa, beberapa diantara para pecinta alam bahkan menyebutnya sebagai Swiss dari Jawa Barat.

Sungainya yang bersih dan jernih menjadikan tempat yang bagus untuk berkemah. Anji Drive sebagai pengelola pernah melakukan berbagai macam hal positif di tempat ini, terutama membersihkan sampah-sampah kota yang dibawa oleh para pecinta alam yang “tak mencintai alam”.

Terdapat pula sebuah kedai kopi yang sangat enak di tempat ini, dan sangat disarankan buat siapa saja yang menyukai minuman hitam menyehatkan tersebut saat berkunjung ke Gunung Puntang. 

Situs Peninggalan Prabu Siliwangi

Siapa sangka ternyata sosok legendaris dan terkenal di daerah Sunda ini menjadi bagian dari sejarah Gunung Puntang yang panjang. 

Konon katanya, Prabu Siliwangi membuat sebuah kerajaan yang bernama Negara Puntang pada saat masa pelariannya ke tempat tersebut, yang kemudian menjadi asal-usul dari nama gunung itu sendiri.

Untuk alasan ini pulalah, Gunung Puntang memiliki sisi mistis yang begitu kental. Bukti Prabu Siliwangi menempati daerah ini adalah karena adanya sebuah onggokan batu yang menyerupai korsi (singgasana), batu kompaan, dan batu kaca-kaca.

Sayangnya, masih belum ada penelitian lebih lanjut mengenai penemuan tersebut, padahal bisa memberikan kontribusi terhadap ilmu pengetahuan dan mengundang banyak wisatawan baik luar maupun mancanegara.

Terdapat Radio Terbesar Se-Asia Tenggara

Pada tahun 1923 silam, terdapat sebuah gedung radio yang dibangun di tempat ini, yang mana menjadikannya sebagai Radio Terbesar Se-Asia Tenggara kala itu. Dilengkapi dengan pemancar buatan Jerman bernama Telefunken, radio ini mampu memfasilitasi dirinya sendiri dengan daya hingga 3,5 megawatt.

Pemancar ini kemudian diberi nama Stasiun Radio Malabar, yang secara historis merupakan pemancar telegrafi radio VLF yang terletak di Gunung Puntang sebagai hubungan radio ke Belanda.

Di saat yang bersamaan, radio ini menggunakan salah satu pemancar busur yang paling kuat yang pernah dibuat, dengan kekuatan mencapai 2400 kW.

Jadi tak heran jika Gunung Puntang memiliki sejarah yang teramat panjang, dari Prabu Siliwangi hingga sebelum berakhirnya Perang Dunia II.

Spot Wisata Gunung Puntang

Setelah menilik dari sisi sejarah dan statusnya tersebut, maka kini saatnya kita mulai bermain-main dengan spot wisata yang terdapat di Gunung Puntang. 

Fakta menyebutkan bahwa kebanyakan orang mampu bersenang-senang di tempat ini dengan lebih leluasa sekalipun kesan mistis masih menyelimuti tempat tersebut.

Tanpa harus menghilangkan kesan alamnya yang liar, berikut adalah beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Gunung Puntang. 

Berkemah

Dengan ketinggian hingga 2.223 mdpl, Gunung Puntang berhasil menyediakan udara yang begitu sejuk dan wajib untuk kita dapatkan demi mendetoksifikasi paru-paru kita dari polusi kota.

Selain pemandangannya yang indah, Gunung Puntang menyediakan sebuah camping ground di ketinggian 1.300 mdpl buat para traveler dan pendaki, sehingga menjadikannya tempat yang ramah bagi para pemula sekalipun. 

Rasakan ketenangan alam di pagi dan siang hari, serta keharmonisan puncak gunung saat malam menjelang tiba. 

Perkemahan ini dilakukan di area yang dipenuhi oleh pepohonan, sehingga bisa terbebas dari teriknya matahari yang biasanya menyengat bagian atas tenda kita. 

Di saat yang bersamaan, berkemah di Gunung Puntang bisa terhindar dari penyakit kulit akibat sorotan sinar UV yang merusak.

Mendaki ke Puncak Gunung

Perlu digarisbawahi jika puncak dan camping ground dari Gunung Puntang terletak di lokasi yang berbeda. 

Dengan begitu, kita harus melanjutkan perjalanan yang lumayan agak jauh untuk bisa melihat keindahan alam dari ketinggian. 

Pendakian ini juga memerlukan persiapan yang matang dan hanya disarankan buat kamu yang suka dengan berjalan jauh dan menanjak.

Soalnya, dari pintu masuk hingga puncak, kita akan menghabiskan waktu selama 4 jam dengan berjalan kaki.

Sesampainya di atas, maka kamu akan disambut hangat oleh pemandangan indah di sekitaran gunung yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Melihat Air Terjun

Sama halnya seperti pegunungan yang ada di Indonesia, Gunung Puntang pun memiliki beberapa titik lokasi yang menawarkan curug indah dengan airnya yang segar.

Beberapa diantaranya bahkan dapat dijadikan area bermain yang aman bagi para traveler dan pendaki.

Setidaknya terdapat 5 buah air terjun yang telah berhasil ditemukan di Gunung Puntang, diantaranya adalah:

  • Curug Siliwangi
  • Curug Cikahuripan (dikenal pula dengan sebutan Air Terjun Cinta)
  • Curug Gentong
  • Curug Cisaat
  • Curug Cigeureuh

Buat kamu yang penasaran, maka disarankan untuk mengunjungi Curug Siliwangi dan Curug Cikahuripan karena memiliki rute yang ramah dan tak menyulitkan. 

Mengunjungi Goa Belanda

Gunung Puntang memang erat kaitannya dengan sejarah masa penjajahan Belanda dulu. Terbukti dengan adanya radio pemancar dan Goa Belanda yang menambah kesan mistis di dalamnya. 

Sayangnya, sekarang Goa ini sudah ditutup oleh pemerintah setempat sebagai akibat dari banyaknya para wisatawan yang tersesat saat berkunjung ke dalamnya.

Alhasil, kita pun hanya bisa mengitari dan bermain di area luarnya saja. Jadi, jangan berbuat hal nekat dengan memaksakan diri masuk ke dalamnya ya!

Tips Berwisata ke Gunung Puntang

Dikarenakan menyimpan banyak sekali misteri dan jalur pendakian yang lumayan menantang, maka kita pun harus senantiasa mempersiapkan segala macam yang dibutuhkan sebelum bermain, berkemah, dan mendaki Gunung Puntang. 

Untuk itulah, terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar memudahkan aktivitas kamu saat berada di tempat tersebut, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membawa Tenda. Bisa dibilang ini adalah prioritas utama dari sebuah benda yang harus kamu bawa saat naik ke Gunung Puntang. Tanpanya, kamu tak akan memiliki tempat perlindungan saat menginap di area camping ground.
  2. Sleeping Bag. Meskipun camping ground tersebut terletak di ketinggian 1.300 mdpl, akan tetapi cuaca di malam hari akan sangat menusuk tulang. Gunakan sleeping bag untuk mengurangi masalah tersebut.
  3. Survival Kit. Digunakan saat menghadapi hal-hal terdesak.
  4. Peralatan Masak. Tak ada warung di area camping ground, jadi masak sendiri ya!
  5. Bawa barang secukupnya. 

Dengan menjalankan 5 tips tersebut, semoga kamu bisa mendaki Gunung Puntang dengan aman dan mendapatkan pengalaman terbaik yang sulit terlupakan.