Pantai Baron Bernuansa Bangsawan Dengan Fasilitas Seperti di Eropa

Ditemukan oleh seorang bangsawan Belanda bernama Skeber, Pantai Baron menawarkan berbagai macam aktivitas dan keindahan alam yang tiada duanya. Dinamai Baron karena gelar bangsawan yang dimiliki oleh sang penemu tersebut.

Baron sendiri merupakan pangkat dari suatu bangsawan atau gelar kehormatan yang diberikan secara turun temurun di berbagai macam belahan negara Eropa. Dengan begitu, pantai ini nampak memiliki sisi khas dari aristokrat yang benar-benar megah dan terhormat.

Jadi tak heran jika Pantai Baron memiliki berbagai macam fasilitas yang nampak elegan, termasuk mercusuar yang memiliki desain Eropa dan jam matahari yang terletak di Baron Techno Park. 

Buat kamu yang sekarang tengah berkunjung ke tempat ini, maka jangan lupa jika kamu memiliki banyak opsi untuk melakukan hal-hal seru dan luar biasa seperti di bawah ini. 

Menikmati Pemandangan Pantai Baron yang Menawan

Pantai Baron sebenarnya termasuk ke dalam jenis objek wisata teluk dengan deburan ombaknya yang begitu bersahabat. Dengan pesisir pantainya yang nampak seperti membentuk huruf U, maka kamu bisa bermain dengan santai dan tenang di tempat ini tanpa harus takut terseret ombak.

Pemandangannya sangat begitu indah, karena dikelilingi oleh nuansa hijau dan perbukitan yang menawan. Kita pun bisa mengakses ke atas bukit agar bisa menyaksikan para traveler yang tengah asyik berenang, bermain air, dan bersantai di atas halusnya pasir pantai dari ketinggian.

Mengikuti Upacara Adat

Sebagai bagian dari wilayah Yogyakarta, tentunya Pantai Baron akan dilengkapi dengan upacara adat khas Jawa yang selalu dilakukan setidaknya setahun sekali.

Tepat pada malam 1 syura, warga sekitar akan melakukan ritual tersebut sebagai tanda syukur dan ucapan terima kasih kepada yang maha kuasa karena selalu diberikan hasil laut yang melimpah. 

Sekalipun pernah ditentang oleh beberapa pihak tertentu, akan tetapi upacara adat ini selalu berhasil diadakan dengan lancar. 

Warga akan memberikan sedekah laut berupa makanan yang dihias dengan sedemikian rupa, yang kemudian diserahkan kepada laut lepas dan diharapkan akan membawa panen ikan yang jauh lebih besar di tahun berikutnya.

Mercusuar Bergaya Eropa

Sisi khas dari gelar kebangsawanan sebuah pantai juga ditandai dengan berdirinya sebuah mercusuar yang tak jauh dari bibir pantai utama.

Mercusuar ini berdiri hingga 9 lantai, yang mana para pengunjung dapat memasuki dan menaikinya secara bebas.

Dari sini, kita akan melihat pemandangan indah dari ketinggian dan sudut lain, memberikan suasana tenang, mendengarkan deburan ombak dari kejauhan, dan merasakan semilir angin yang segar dan agak dingin.

Namun siapkan uang sebesar 5.000 rupiah ya sebagai tiket masuk, soalnya akan ditagih di pintu masuk bangunan tersebut. 

Pastikan juga jaga fisik selama menaiki tangga sejauh 9 lantai di dalam mercusuar tersebut, soalnya tak disediakan lift atau elevator. Toh, mercusuar ini merupakan sebuah peninggalan dari zaman dulu dan memang dibiarkan fasilitasnya agar tetap asli. 

Namun setelah berhasil sampai ke tingkatan tertinggi, kamu bisa melihat berbagai macam objek dimulai dari perbukitan yang menghijau hingga pulau kecil yang ada di dekat pantai Baron. 

Menurut warga sekitar, pulau tersebut memiliki keindahan tiada tara melebihi pantai utama itu sendiri. 

Tetap berhati-hati saat berada di ketinggian, agar tidak mengalami kecelakaan dan terjatuh. Selalu bersikap dan sewajarnya, dan hindari melakukan selfie secara berlebihan, agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. 

Sungai Bawah Tanah

Salah satu kelebihan dari pantai Baron yang tak dimiliki oleh pantai lain adalah adanya sebuah sungai bawah tanah yang begitu misterius. Bahkan sungai bawah tanah ini sudah sering menjadi magnet tersendiri buat para traveler.

Menariknya, sekalipun pantai merupakan rumahnya bagi air asin, namun aliran air di sungai tersebut malah berupa air tawar. Alhasil, kita akan melihat pertemuan antara air laut dan sungai di tempat ini dan terlihat begitu jelas perbedaan warna airnya saat bersentuhan.

Buat kamu yang tak terlalu suka bermain atau berenang di air asin, maka sungai bawah tanah ini akan menjadi alternatif lain untuk kamu coba.

Sajian Kuliner Tiada Duanya

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di sekitaran Pantai Baron bermata pencaharian sebagai nelayan, yang mana selalu membawa tangkapan ikan yang besar untuk kemudian dijual di pasar.

Nah, kita juga akan mendapatkan banyak sekali ikan segar yang dijual dengan harga asli dari mereka. Dengan begitu bisa menghemat banyak uang dengan sajian yang begitu lezat.

Seafood sendiri selalu dihargai dengan tarif mahal saat sudah sampai ke tangan restoran-restoran di kota-kota besar. 

Lain lagi jika kamu langsung mencicipi makanan laut tersebut langsung dari sumbernya. Terdapat koki handal yang siap memasak dan membumbui sajian favorit kamu tersebut. Dimulai dari asam manis, rica, digoreng, hingga dibakar semuanya ada di sini.

Perbukitan Karang

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Pantai Baron merupakan sebuah teluk yang dikelilingi oleh bebatuan dan puncak karang.

Di saat yang bersamaan, kondisi lingkungannya tersebut memberikan opsi tambahan buat kita yang ingin mendaki perbukitan untuk bersantai merasakan semilir angin yang sepoi-sepoi sekaligus pemandangan laut yang begitu indah.

Mirip seperti ketika kita berada di atas mercusuar, kita pun akan disuguhkan pemandangan hingga 360 derajat dan nampak horizon di ujung lautan sana. Beberapa pulau terdekat juga dapat terlihat dengan begitu jelas, sehingga bisa kamu jadikan sebagai sarana rileksasi dan meditasi.

Baron Techno Park

Nuansa bergaya khas Eropa di zaman perbangsawanan lainnya adalah berupa jam matahari yang terletak di Baron Techno Park. Tempat ini begitu indah dengan fitur yang mengesankan, cocok buat kamu yang tengah hunting area berfoto yang instagrammable banget.

Sekedar informasi tambahan, di tempat ini pun terdapat sebuah panel surya yang berfungsi untuk mengubah sinar matahari menjadi energi yang ramah lingkungan. 

Ambil sudut terbaik untuk mengambil foto, karena sajian pemandangannya pun tak kalah menarik. Disarankan untuk datang di sore hari tepat pada saat matahari hendak bersembunyi di ufuk Barat.

Melihat fenomena sunset di tempat ini pun akan menjadi momen terhebat yang akan kamu dapatkan di Pantai Baron yang indah.

Membeli Souvenir Sebelum Pulang

Sesaat sebelum pulang ke penginapan terdekat, pastikan kamu mencoba membeli oleh-oleh sebagai rekam jejak pribadi. 

Souvenir ini bisa kamu beli di area toko yang berjejer dan berdekatan dengan kios makanan. Harganya pun cukup bersahabat dan tidak membuat para traveler merasa tercekik. 

Jangan lupa juga untuk menikmati sajian makan malam di tempat ini setelah lelah bermain seharian. Soalnya, di tempat lain belum tentu menyajikan seafood dengan harga semurah yang ada di Pantai Baron. 

Lobster merupakan salah satu produk utama di tempat ini, dan cocok untuk kamu jadikan sajian makan malam atau dibungkus untuk disantap sesampainya kamu di rumah atau penginapan.