9 Pantai Jogja yang Anti Mainstream untuk Dikunjungi

Dengan Samudera Hindia yang terletak berdekatan dengan garis pantai selatannya, Yogyakarta ternyata diberkahi dengan koleksi pantai eksotis yang memikat dan menunggu kita untuk menemukannya.

Di kota ini, kita akan menemukan banyak sekali deretan pantai dari yang paling dikunjungi, hingga beberapa yang masih belum banyak diketahui orang. 

Berbeda dengan suasana pantai di Bali yang sudah mainsteam banget untuk kita kunjungi, di Jogja kita malah disuguhi dengan berbagai macam aktivitas seru yang wajib untuk dicoba. 

Misalnya, kita akan disuguhkan dengan jembatan yang memungkinkan orang yang melaluinya bisa sampai ke pulau terdekat, naik gondola untuk melawan ombak, dan masih banyak lagi.

Untuk itulah, beberapa Pantai Jogja yang tersembunyi dan anti-mainstream bawah ini wajib kamu kunjungi saat bermain ke Yogyakarta.

Pantai Nguluran Teras Kaca

Pantai yang terletak di sisi tebing ini menawarkan sebuah pemandangan laut tak berujung, sehingga pasti akan mengingatkan kamu pada Uluwatu yang menjadi ikon Bali. 

Namun, jangan pikir ini adalah tebing biasa, soalnya ada fitur khusus yang membuat para fobia ketinggian jatuh pingsan dibuatnya, yaitu berupa teras kaca.

Bisa dibilang ini adalah satu-satunya pantai yang menyediakan fitur unik tersebut di Indonesia. Jadi, cobalah datang ke tempat ini dan tes sisi kejantanan kamu untuk melihat ketinggian air laut diantara sela-sela jari kaki kamu. 

Pantai Wediombo

Kamu pengen berenang santai di tepi laut tanpa harus dibawa kesana kemari oleh ombak yang bersifat konstan? Maka Pantai Wediombo yang terletak di Gunung Kidul jadi jawabannya. 

Kamu dapat berendam dengan tenang di atas air asin sambil menikmati hangatnya matahari yang terbenam di cakrawala.

Dikelilingi oleh bebatuan karang yang tersusun rapi, laguna yang terdapat di Pantai Wediombo ini mungkin akan membuat kamu menganggap sebagai buatan manusia.

Padahal nyatanya, terjadi secara alami sehingga membuatnya menjadi area unik yang wajib kamu kunjungi. 

Namun tetap waspada terhadap gelombang pasang yang seringkali meluap ke area laguna tersebut. 

Pantai Banyu Tibo

Surga dunia kecil ini terletak di sudut kota yang jauh dari hiruk pikuk dan keramaian, sehingga cocok untuk kamu jadikan sebagai sarana rekreasi yang penuh dengan kedamaian. 

Jangan lupa pula untuk merasakan hempasan air terjun alami yang ada di tepi pantai saat berada di sana.

Di Pantai Banyu Tibo, kita sebagai pengunjung akan dibuat terdiam oleh keindahan dan keajaiban bumi Ibu Pertiwi, yang mana menampilkan aliran air sungai dari tebing turun ke hamparan pasir, yang kemudian berjalan ke laut.

Kamu bisa bermain-main di bawahnya, atau naik ke atas bukit tempat air terjun itu berasal. Jangan lupa bawa kamera foto ya!

Pantai Samas Sunflower Garden

Jarang banget loh ada sebuah taman bermandikan bunga matahari yang terletak dekat dengan pesisir pantai! Dengan begitu dapat menjadi spot selfie terbaik yang akan meramaikan akun sosmed Instagram kamu.

Meskipun tidak terlalu besar dan terletak sekitar 5 menit dari Pantai Samas, Taman Bunga Matahari ini ternyata mampu menarik hampir 2000 orang setiap hari selama musim panas berlangsung.

Sayangnya, sebagian besar turis masih ada di sekitaran Yogyakarta, dan seringkali lolos dari pengawasan traveler dari luar provinsi atau pulau Jawa. 

Makanya, segera datangi tempat ini untuk mendapatkan pengalaman yang anti mainstream saat berkunjung ke pantai Jogja.

Pantai Pandansari

Berdiri tinggi dan megah dengan ketinggian lebih dari 40 meter, Pantai Pandansari di Bantul adalah rumah bagi satu-satunya mercusuar di wilayah Yogyakarta.

Menariknya, Mercusuar ini masih beroperasi dan para pengunjung pun diperbolehkan untuk menaiki tangga yang berkelok-kelok. Pastikan kamu datang di siang hari ya! Soalnya, tempat ini akan tutup tepat sebelum menjelang malam tiba. 

Setelah berhasil naik hingga ke lantai tujuh, maka kita pun akan disuguhkan dengan pemandangan indah sebagai bagian dari lanskap Pantai Pandansari yang megah.

Tak hanya itu saja, tempat ini pun terkenal dengan perkebunan buah naganya, yang juga nampak sebagai bintik-bintik merah dari ketinggian mercusuar.

Asyiknya lagi, kita sebagai pengunjung bisa mendatangi taman tersebut dan memetik buah naga matang langsung dari pohonnya.

Pantai Timang

Semua orang pasti tahu bahwa Kawasan Gunungkidul adalah rumah bagi pantai terindah di Yogyakarta, termasuk Pantai Timang yang terletak sejauh 35 KM dari selatan Wonosari.

Pantai ini mampu memberikan pemandangan yang memuaskan seperti gulungan ombak putih dan menabrak batu karang serta tebing di dekatnya.

Tak hanya itu saja! Sisi anti mainstream yang disediakan oleh Pantai Timang ini bisa menjadi surganya bagi para pemacu adrenalin. 

Kita sebagai pengunjung dapat menguji keberanian dengan menyeberang ke Pulau Watu Panjang menggunakan kereta gantung yang terbuat dari kayu dan diikat pada katrol kabel baja biasa.

Pantai Greweng

Sementara Pantai Greweng sangat cocok buat kamu yang ingin menikmati sebuah pantai terpencil bersama orang spesial.

Namun lakukan perjalanan singkat terlebih dahulu melalui lanskap terjal dan menantang, barulah bisa menemukan Pantai Greweng untuk beristirahat dan menikmati kejernihan airnya yang begitu tenang. 

Dikarenakan teluk perawan tersebut dikelilingi oleh formasi batuan hijau yang kokoh, maka secara alami menciptakan sebuah arus yang nyaman dengan kecepatan konstan, sehingga aman untuk dijadikan tempat berenang. 

Buat kamu yang hobi memancing pun bisa menjadi surga tersendiri, karena terdapat sebuah hutan tembakau di dekatnya yang menarik banyak sekali makhluk laut yang menakjubkan. 

Pantai Ngrumput

Murni, liar, dan menakjubkan adalah 3 kata yang mampu menggambarkan dan mewakili dari sebuah permata tersembunyi dari pantai indah yang satu ini. 

Pantai Ngrumput adalah tempat terbaik untuk berkemah dan pecinta alam yang mencari pelarian singkat dari kehidupan kota yang bikin otak mumet.

Dikeliling oleh perbukitan yang hijau dan dihiasi oleh air jernih dengan pasir berkilauan, tempat ini menjanjikan kesunyian di tengah alam. 

Mampirlah ke tempat ini buat kamu yang ingin melepas lelah atau sekedar menikmati pemandangan pantainya yang mempesona. 

Tak mengherankan juga jika kamu menemukan beberapa pekemah lokal untuk memilih bermalam di tempat tersebut, tentunya demi berburu matahari terbenam yang indah dan bima sakti yang menggugah jiwa.

Pantai Watu Nene

Tersembunyi di balik tebing yang menjulang tinggi dan megah di Desa Tepus, surga dunia ini adalah pantai yang tak tersentuh dan menawarkan cakrawala yang mengesankan, dimana akan memanjakan setiap indera kita sesaat setelah melihatnya.

Terjepit di antara kumpulan tebing megah dan Samudera Hindia yang luas, Pantai Watu Nene mungkin akan mengingatkan kita pada Pantai Dreamland yang terkenal di Bali, akan tetapi dengan budget perjalanan yang jauh lebih murah dan terjangkau.

Asyiknya lagi, kita tak akan menemukan keramaian di tempat ini karena hampir belum berhasil disorot oleh para turis yang datang dari berbagai macam kota, sehingga menjadikannya salah satu Pantai Jogja yang anti-mainstream untuk kamu datangi.