6 Fitur Keren di Pantai Marina yang Harus Kamu Dapatkan

Lokasi Pantai Marina sangatlah strategis karena dekat dengan Bandara Internasional Ahmad Yani yang terkenal. Jadi kamu bisa langsung berkunjung ke tempat ini tepat setelah perjalanan udara yang membosankan. 

Sebenarnya tempat ini tidak langsung lahir sebagai pantai yang indah, melainkan hasil dari kegiatan reklamasi. Ada banyak sekali tambah milik warga setempat kala itu. 

Singkat cerita, Pantai Marina kini menjadi salah satu objek wisata yang bisa kita kunjungi saat bermain ke kota Semarang, yang mana memanfaatkan sisa-sisa bangunan dan pertokoan sebagai pembatas pantai.

Berkat tempatnya yang terbuka dan mudah diakses, kamu bisa membawa kendaraan pribadi untuk menikmati suasana pantai dan makanan yang dijajakan secara komplit di sana. 

Agar suasana berlibur kamu semakin sempurna, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan saat berkunjung ke Pantai Marina, beberapa diantaranya sudah dituliskan secara terperinci di bawah ini. 

Pengalaman Naik Kapal

Buat kamu yang masih penasaran rasanya naik kendaraan di atas air, maka Pantai Marina bisa memberikan pengalaman pertama kamu tersebut. 

Kapalnya sendiri sudah disediakan oleh pihak pengelola dan hanya membayar ongkos sebesar 5000 rupiah saja. 

Kendaraan laut ini akan membawa kita berkeliling menjelajahi setiap sudut yang tak bisa kita gapai dengan hanya duduk-duduk santai di pinggiran pantai saja.

Salah satu tempat terbaik yang akan kita lihat adalah perkebunan tembakau dan pepohonan  buah naga yang nampak menggiurkan dan mengundang mulut kita untuk mencicipinya.

Tapi kita tak akan turun dan melihat-lihat secara langsung, karena kendaraan kapalnya sendiri akan terus melaju dengan kecepatan konstan. 

Sebagai gantinya, nanti kamu bisa mencari stand-stand penjual yang juga menjajakan buah naga yang menyegarkan dan menyehatkan tersebut.

Sebagai bagian dari buah eksotis, buah naga kaya akan antioksidan dan serat dalam kadar yang cukup tinggi, sehingga menyehatkan untuk dimakan selepas perjalanan panjang dan ketika cuaca sangat terik di pesisir pantai. 

Manfaatnya juga berupa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga sangatlah diperlukan buat kamu yang doyan bepergian di masa pandemik seperti sekarang. 

Memancing Ikan

Deburan ombak yang besar tentunya bisa menjadi salah satu tempat persembunyian paling sempurna bagi ikan-ikan di sekitaran Pantai Marina. 

Di saat yang bersamaan pula, maka bisa menjadi kesempatan buat kamu yang hobi memancing untuk beraktivitas di sana.

Banyak kok para wisatawan yang memang sengaja datang ke tempat ini untuk mencari ikan segar dan membawa kail pancingannya masing-masing.

Sekalipun kita hampir tak akan mendapatkan ikan berukuran besar, akan tetapi esensinya bukan terletak dari sisi tersebut. 

Melainkan, memberikan kita kesempatan untuk beraktivitas di luar ruangan, meningkatkan skill memancing kita, atau mempelajari spesies ikan terbaru yang ada di Pantai Marina. 

Menikmati Sunset yang Indah

Tenggelamnya matahari di ufuk Barat sana sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan saat kamu berkunjung ke sebuah pantai. 

Begitupun dengan Pantai Marina, kita akan disuguhkan dengan pemandangan indah jika memutuskan untuk tetap bersantai dan tinggal hingga hari menjelang malam.

Kemasi semua alat pancingan kamu dan mulailah duduk dengan santai di area paling nyaman di bibir pantai. Ajak keluarga dan teman-teman kamu untuk menikmati fenomena alam yang mulai memberikan gradasi biru oranye di sore hari.

Jika bisa, potret seseorang untuk memberikan silhouette yang sempurna dan bisa kamu jadikan karya pribadi untuk dipostingkan di akun medsos masing-masing. 

Menikmati kondisi alam yang indah ini secara sendirian pun bisa dijadikan opsi selanjutnya, agar kamu mampu bersantai dan merenungkan diri sendiri sebagai bagian dari meditasi self-awareness.

Opsi terakhir adalah dengan kembali menaiki perahu dan meminta salah satu nelayan di sana untuk membawa kamu ke laut lepas. 

Menikmati matahari terbenam di atas air laut jarang bisa dilakukan oleh para traveler, sehingga akan nampak memberikan tempat eksklusif buat kamu mengambil foto atau sekedar menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. 

Perahu mereka disewakan dengan harga murah lengkap dengan nelayannya untuk mendayung, sehingga kamu tak perlu capek-capek mengeluarkan tenaga atau khawatir untuk tidak bisa kembali ke bibir pantai.

Menikmati Makanan Seafood yang Murah

Dikarenakan dulu tempat ini adalah bekas hutan tembakau dan adanya kegiatan reklamasi selama bertahun-tahun, maka tak heran jika kondisi air lautnya kurang begitu jernih. Bahkan di beberapa area masih terlihat mencoklat sehingga tak cocok untuk bermain air atau berendam di sana. 

Namun bukan berarti kita harus melewatkan wisata kuliner di tempat tersebut. Sebagian besar makanan lautnya masih sangat aman untuk kita konsumsi, dan dijual dengan harga murah. 

Kita bisa memilih varian makanan laut yang dimasak dengan sedemikia rupa secara bebas. Bisa dibilang pilihan makanannya begitu komplit dimulai dari cumi-cumi, kepiting, lobster, hingga ikan kerapu. 

Para chef tradisional di sini sangatlah ahli dalam memasak makanan laut. Beberapa saus yang disiramkan ke atas makanan tersebut sangatlah menyatu dan mampu menggoyang lidah secara maksimal.

Membeli Oleh-Oleh Khas Semarang

Kota Semarang lahir dengan sejarah yang panjang bersama seni budaya di dalamnya. Sehingga kita akan mendapati banyak sekali oleh-oleh khas Semarang yang merupakan jati diri dari kota tersebut. 

Dimulai dari makanan hingga pernak-pernik, kita bisa membelinya dengan harga yang sangat murah di sekitaran Pantai Marina. 

Tak ada satupun penjual yang bersikap nakal atau berbuat curang dengan meningkatkan harga makanan atau barang secara gila. 

Mereka tahu betul bahwa sistem penjualan yang sehat akan membawa kembali lebih banyak wisatawan untuk berburu barang-barang antik di tempat mereka.

Beberapa jenis yang disarankan adalah keripik dan makanan laut. Rasanya yang lezat dan gurih memberikan nuansa dan aroma pantai yang begitu khas.

Carilah jenis yang sudah di-pack dengan begitu baik agar bisa bertahan lebih lama jika kamu ingin memberikannya kepada teman-teman saat pulang nanti.

Penginapan Mewah Harga Murah

Buat kamu yang berniat untuk berlibur beberapa hari di kota Semarang, maka alangkah baiknya untuk mencari penginapan di sekitaran Pantai Marina setelah menonton pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

Jika bisa, booking dulu agar memudahkan kamu saat proses check-in. Banyak kok hotel nyaman yang disediakan di sekitaran pantai tersebut. 

Beberapa diantaranya bahkan menawarkan pemandangan pantai dan laut yang bisa diintip di kamar masing-masing, lengkap dengan akomodasi yang membuat kita semakin betah dan nyaman. 

Beberapa yang paling direkomendasikan diantaranya:

  • Po Hotel
  • Bintang Tiga Guest Hotel
  • Omah Pelem Syariah Semarang
  • Hotel Abimanyu Bandungan
  • Balemong Resort Ungaran
  • Harris Hotel Sentraland

Dengan menyewa kamar hotel yang dekat dengan objek wisata tersebut, maka kamu dapat melanjutkan aktivitas jalan-jalan kamu ke tempat lain tanpa harus merasa kecapean setelah bermain seharian di Pantai Marina.