Berlibur ke Pantai Ngandong, Area Tersembunyi Dari Para Traveler

Mungkin para wisatawan tak akan pernah kehabisan tempat liburan saat berkunjung ke Gunung Kidul di Yogyakarta. Ada banyak sekali daya pikat terbaik sebagai formasi pantai selatan Pulau Jawa yang begitu indah, termasuk objek wisata yang dikenal dengan sebutan Pantai Ngandong. 

Surga dunia ini terletak di Desa Sidoharjo, yakni sebuah tempat yang masuk ke dalam Kecamatan Tepus.

Meskipun popularitasnya kalah dengan beberapa pantai yang ada di dekatnya, namun Pantai Ngandong sendiri tak mau ketinggalan dalam memberikan daya pikat tersendiri untuk bisa dinikmati oleh para wisatawan. 

Dalam hal aksesibilitas, pantai ini memang dianggap terpencil mengingat gerbang atau pintu masuknya sangatlah tersembunyi. 

Padahal setelah sampai ke tempat ini, kita malah akan disuguhkan dengan luas lautan yang begitu megah dan indah. 

Kebanyakan orang akan mengunjungi area terdekat seperti Pantai Sundak terlebih dahulu. Dari sana, maka cukup berjalan kaki selama 5 menit saja, maka akan sampai di Pantai Ngandong yang indah.

Nuansa Tenang yang Sempurna

Dikarenakan lokasinya yang terpencil dan bersembunyi dari para traveler luar kota, maka Pantai Ngandong sudah pasti mampu menawarkan ketenangan yang begitu sempurna. 

Namun menariknya, kita pun masih bisa menemukan beberapa aktraksi alam yang menakjubkan. Misanya, terdapat sebuah garis pantai berpasir putih dengan teksturnya yang lembut. 

Beberapa jenis tanaman juga tumbuh indah, terutama jenis pohon Cemara Udang. Tepat di bawah pepohonan tersebut, kita sebagai wisatawan dapat menemukan beberapa bangku dan gubuk untuk bersantai dengan nyaman. 

Tak berhenti sampai di sana, lautnya pun dianggap aman untuk disentuh, sehingga kita bisa bermain-main dan bersenang-senang sambil berenang di sana.

Fakta lain menyebutkan bahwa pantai ini ternyata diapit oleh dua tebing karang. Dengan begitu, ombak besar tak akan pernah mampu mencapai pesisir pantainya, jadi kita bisa dengan tenang menikmati keindahan alam, tiduran di atas pasir, dan berenang tanpa harus takut terseret ombak.

Seperti yang kita tahu bahwa korban arus ombak yang besar selalu menelan banyak jiwa setiap tahunnya. Untungnya, kejadian tersebut terbilang sangat langka untuk ukuran Pantai Ngandong yang menawan. 

Menjelajahi Pantai Ngandong

Jalan-jalan dan penjelajahan bisa menjadi aktivitas utama saat kamu berwisata ke Pantai Ngandong. 

Berkat teksturnya yang lembut, pantai ini tentunya cukup nyaman untuk dijelajahi oleh semua orang. Kita sebagai turis dapat berjalan dengan bertelanjang kaki di pesisir pantai untuk merasakan sensasi lembut pasir putih yang ditawarkannya.

Sebagai informasi tambahan, area terbaik untuk dijelajahi adalah tepi bibir pantai yang memiliki bukit indah. 

Wisatawan seringkali mendaki bukit tersebut untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian sambil hunting foto untuk diposting di akun instagramnya masing-masing. 

Bahkan dari tempat tersebut juga, kita dapat dengan jelas melihat pantai tetangga yang disebut sebagai Pantai Sundak.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Selain dari sekedar jalan-jalan di sekitaran pantai dan naik ke atas bukit, terdapat aktivitas mengasyikkan yang tak boleh kita lewatkan selama masa kunjungan ke Pantai Ngandong, yaitu naik perahu dari para nelayan. 

Berbeda dengan Pantai Sundak yang jauh lebih sering diburu oleh wisatawan, pantai ini malah menjadi spot favorit bagi para nelayan lokal untuk mampir dan mencari ikan. 

Asyiknya lagi, kita diperbolehkan untuk menyewa perahu dan menaikinya bersama sang pemilik. Aktivitas di atas perahu pun tak kalah serunya! Selain dapat berkeliling dan melihat suasana laut lepas dari sudut yang berbeda, kita pun dapat memancing bersama mereka dan mencari ikan untuk kemudian disantap di tempat.

Berkeliling di lautan dengan menggunakan perahu tradisional dari para nelayan tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan menakjubkan. 

Jika kamu berhasil mendapatkan beberapa tangkapan ikan saat memancing bersama para nelayan tersebut, maka bisa minta tolong untuk diolah menjadi sajian yang menggoyang lidah. 

Kebanyakan para wisatawan lebih memiliki membakarnya, karena seringkali dibumbui oleh racikan lokal yang terasa khas dan unik. 

Seafood tersebut pun tak terbatas pada satu jenis ikan saja. Kita masih bisa menikmati makanan laut lainnya berupa udang, cumi, dan lain sebagainya. 

Makan-Makan Bersama Keluarga

Malas untuk berlayar atau tak mendapatkan tangkapan ikan satu pun? Jangan khawatir! Kamu masih bisa merasakan nikmatnya makanan laut di Pantai Ngandong.

Tak jauh dari bibir pantai, terdapat beberapa tempat makan yang dikhususkan bagi para wisatawan untuk mencicipi hidangan laut lokal. 

Bahkan pantainya juga dilengkapi dengan pusat pelelangan ikan dan penginapan. Jadi, kamu bisa membeli ikan dengan harga murah, untuk kemudian diolah di tempat, dan dibawa pulang ke penginapan untuk dijadikan makan malam.

Bersantai di restoran terdekat sambil menikmati sajian lokal pun tak akan membuat kantong kamu bolong, karena menu yang ditawarkannya dihargai dengan tarif miring!

Atraksi Terdekat Untuk Dicoba

Sekali lagi, Pantai Ngandong tak akan membuat kamu bosan sekalipun menghabiskan waktu kamu di sana seharian penuh. 

Ini karena banyak sekali atraksi wisata yang bisa kamu coba sebagai bagian dari aktivitas berwisata kamu di tempat tersebut. 

Dari sekian banyaknya objek yang ditawarkan, pastikan kamu untuk mendatangi Jawara Snorkeling, yang akan memfasilitasi untuk bisa menyelam di dalam laut yang indah.

Tarif penyewaan alat snorkeling-nya pun sangatlah rendah, dan kurang dari 100.000 rupiah saja. 

Tak jauh dari bibir Pantai Ngandong, terdapat sebuah pulau kecil yang disebut sebagai Pulau Watawalang. Kamu tentunya dapat mengakses tempat ini dengan menggunakan perahu yang disewa melalui nelayan terdekat.

Ingin merasakan nuansa pantai yang berbeda tanpa harus jauh-jauh berkendara? Cukup langkahkan kaki kamu saja ke pantai tetangganya yang dinamai Pantai Sadranan.

Dengan begitu, tak ada ruginya untuk berkunjung ke tempat ini, karena memang didesain secara alamiah untuk dapat menghapus dahaga para traveler yang mencari tempat menyenangkan yang sempurna. 

Tempat Penginapan Terdekat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa terdapat banyak sekali tempat penginapan yang nyaman di dekat Pantai Ngandong. Enaknya lagi, beberapa diantaranya memiliki harga yang relatif murah.

Meskipun begitu, hotel-hotel dan penginapan ini masih siap memberikan akomodasi dan layanan yang sangat memuaskan. 

Agar aktivitas liburan kamu semakin menyenangkan, berikut adalah beberapa penginapan yang direkomendasikan oleh banyak orang di sekitaran Pantai Sadranan dan Pantai Ngandong.

  • Radika Paradise Villa & Cottage. Tempatnya bagus, suasananya nyaman, dan memiliki pelayanan standar.
  • Penginapan Sundak Indraprastha. Lokasi dan pemandangannya luar biasa. Staff-nya juga sangat ramah.
  • Royal Joglo. Nyaman dan dekat dengan pantai. Kamar mandinya juga bersih, serta pelayanannya sangat bagus. Harganya terjangkau. Fasilitasnya berupa meja billiard.
  • Penginapan Putra Darma. Kamarnya bagus, harganya murah, serta disambut dengan begitu hangat. Keamanannya juga sangat baik. 

Namun dimanapun kamu menginap, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Yogyakarta yang dijual di sekitaran Pantai Ngandong, untuk kemudian kamu berikan kepada orang terdekat agar mereka mau bermain bersama kamu di kesempatan liburan berikutnya.