8 Area dan Kegiatan Rekresi di Pantai Ngobaran yang Khas Banget!

Berkunjung ke tempat unik dan indah memang bisa menjadi impian semua traveler. Bukan hanya dari segi dari kata “terkenalnya” saja, akan tetapi harus menyuguhkan sesuatu yang berbeda dan menjadi ikon dari tempat tersebut. 

Sebut saja sebuah tempat bernama Pantai Ngobaran yang terletak di Gunung Kidul, tempat ini menawarkan pemandangan pura yang berdiri tepat di puncak, sehingga akan nampak seperti sedang berada di Bali. 

Terletak sekitar 50 KM dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Ngobaran masihlah sangat khas akan sejumlah atraksi laut dan sisi spiritualnya, sehingga sangat pas untuk dijelajahi demi mendapatkan pengalaman baru yang tak terlupakan. 

Dimulai dari spot foto hingga melihat ritual budaya yang selalu diselenggarakan di tempat tersebut, tentunya kita bisa mendapatkan berbagai macam opsi saat menghabiskan waktu di Pantai Ngobaran, dan daftarnya adalah sebagai berikut:

Menikmati Pemandangan Eksotis

Sebagian besar orang pasti selalu bertanya-tanya terlebih dahulu mengenai pemandangan saat ingin berkunjung ke suatu tempat. Untungnya saat kamu berada di Pantai Ngobaran, maka tak perlu lagi ragu mengenai hal tersebut.

Pantai Ngobaran sudah pasti mampu memberikan pemandangan eksotis yang sangat menyatu dengan masyarakat lokal di sana. 

Banyak sekali para nelayan yang beraktivitas untuk menangkap ikan sebagai bagian dari mata pencaharian mereka. 

Berkat kemurah hatian alam tersebutlah, para nelayan pun senantiasa melakukan ritual di tempat tersebut sebagai rasa dan ucap syukur.

Dengan membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah, maka kita bisa menikmati halusnya pantai pasir saat menyentuh kaki kita, lengkap dengan karang-karang yang menjulang tinggi, dan sebuah pura yang berdiri sebagai ikon dari Pantai Ngobaran. 

Jadi bukan hanya datang untuk berenang dan menikmati pemandangan laut, juga beberapa bukit-bukit yang bisa kamu jadikan sebagai spot foto terbaik untuk dipajang di akun medsos masing-masing. 

Sebuah cekungan yang terbentuk secara alami juga bisa menjadi area aman bagi para pelancong untuk bersembunyi dari teriknya matahari sambil menikmati ombak pantai yang bersenandung dari waktu ke waktu.

Matahari Terbenam Menawan

Selain dari pemandangannya itu sendiri, sebuah pantai pastinya selalu identik dengan fenomena matahari terbenam karena mampu menawarkan pemandangan garis horizon yang indah.

Memandangi matahari yang mulai bersembunyi sambil merasakan hangatnya sinar pada sore hari sudah menjadi bagian terpenting yang harus dilakukan oleh setiap traveler yang mengunjungi pantai.

Terlebih lagi di Pantai Ngobaran akan dilengkapi dengan bayangan dari patung-patung yang berdiri di sana, kemudian memberikan nuansa mistis namun indah pada saat yang bersamaan. 

Warna matahari yang menguning serta silhouette dari orang-orang yang berdiri di depan kita akan nampak memberikan titik fokus yang begitu sempurna untuk pengambilan foto.

Gerbang dan Arca Berbudaya

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kita akan mendapatkan bayangan dari patung-patung pada saat matahari terbenam. 

Nah, patung tersebut terletak di pintu masuk Pantai Ngobaran dengan begitu kokoh. Gerbang ini mampu menawarkan nuansa khas Indonesia yang begitu kental, serta arca-arca yang nampak seperti berada di pulau Dewata Bali. 

Jadi tak heran jika Pantai Ngobaran ini seringkali disebut sebagai pantai Balinya Pulau Jawa, karena kesan dan suasananya hampir terasa seperti sedang berada di pulau Bali. 

Dari sepanjang jalan menuju ke gerbang pantai yang satu ini, kita akan melewati beberapa kios yang menjajakan berbagai macam suvenir dan makanan khas untuk mengisi perut.

Berenang dan Bermain Air

Aktivitas terpenting lainnya yang seringkali dilakukan saat bermain ke pantai adalah berenang di tepiannya. 

Selama tidak pergi terlalu dalam, maka Pantai Ngobaran masih terbilang cukup aman untuk dinikmati mengingat deburan ombaknya yang cenderung stabil saat cuaca sedang cerah.

Tepat di tepian pantainya, kita bisa bersantai di batu karang atau melihat secara langsung rumput laut yang tumbuh di sekitaran sana. 

Tetap berhati-hati agar tidak terhempas ke bebatuan dan menyebabkan cedera. Hindari pula bertindak gegabah pergi ke bagian yang dalam karena ombaknya lumayan kencang dan bisa menyeret kita tanpa ampun. 

Mengikuti Upacara Adat

Nuansa Bali yang juga terasa di Pantai Ngobaran adalah ketika aroma sesajen menyeruak dan menggelitiki syaraf hidung kita, tepatnya pada saat upacara ritual berlangsung.

Sekalipun seringkali kesan mistis selalu dikaitkan dengan hal tersebut, akan tetapi bagi penduduk Ngobaran upacara ini sudah bukan hal yang aneh.

Jika ingin mengikuti atau melihat upacara adat ini, kamu harus datang ke Pantai Ngobaran pada tanggal 13 hingga 15 kalender hijriyah saat bulan purnama muncul.

Terlebih buat kamu yang suka dengan keramaian saat berada di tempat wisata, maka momen tersebut wajib kamu datangi. Soalnya, tak hanya traveler dalam negeri saja yang mengerubungi, juga banyak yang datang dari luar negeri demi melihat nuansa mistis dan budaya Indonesia yang begitu kental.

Bertemunya 2 Agama Berbeda

Masing-masing agama pasti memiliki cara beribadah berbeda. Nah, agar kamu bisa melihat cara peribadatan agama Islam dan Hindu, maka bisa mendatangi Pantai Ngobaran.

Sekalipun berbeda, kedua agama ini saling menghargai satu sama lain dan tak saling mengganggu saat aktivitas beribadah berlangsung. 

Fasilitasnya pun tak kalah komplit. Terdapat sebuah musholla bagi umat Islam untuk bersembahyang 5 kali sehari, juga tersedia Pura dan Candi yang tak jauh dari sana untuk umat yang beraga Hindu. 

Jika kamu adalah penganut dari salah satu agama tersebut, maka akan merasakan sebuah keharmonisan diatara keduanya saat berkunjung ke tempat ini. 

Mengunjungi Pura

Pura ini memang merupakan tempatnya prosesi ibadah bagi agama Hindu, akan tetapi bisa diakses oleh semua orang sekalipun kamu memeluk agama yang berbeda.

Area ini terletak di atas tebing dan bisa terlihat dari bibir pantai dari bawah, sehingga menuangkan kesan indah tiada tara.

Berkat desain dan arsitekturnya, maka lagi-lagi kita akan merasa seperti sedang berada di Pulau Bali, mengingat tempat tersebut dikemas dengan arca dan patung yang berjejer secara rapi.

Untuk membuat suasana semakin asri, maka Pura ini pun dihiasi dengan pepohonan yang rindang dan ramah lingkungan. 

Wisata Kuliner

Bagi para pecinta foodie berjenis seafood, maka tempat ini bisa menjadi surga bagi mereka. Pasalnya, sebagian besar wisata kuliner di Pantai Ngobaran melibatkan makanan laut yang dijual dengan harga murah. 

Kita bisa menikmati berbagai macam makanan laut yang lazim dikonsumsi, dimulai dari ikan, kerang laut, cumi, dan udang, lengkap dengan saus khasnya yang menggoyang lidah.

Rasakan nikmatnya wisata kuliner kamu dengan segelas es kelapa muda, yang juga dijual dengan harga fantastis dan diambil langsung dari pohonnya.

Makanan-makanan ini banyak sekali dijajakan di sekitara warung atau restoran. Harganya sendiri rata-rata berkisar 20 ribu rupiah saja. Benar-benar bikin hemat namun tetap menyajikan makanan segar dan terbaik di kelasnya.