9 Pesona Pantai Santolo Tanpa Harus Membayar Mahal

Garut memang menjadi salah satu area wisata paling populer di wilayah Jawa Barat. Terbukti dengan banyaknya tempat-tempat wisata dari mulai gunung hingga pantai.

Khusus buat kamu yang ingin mencoba bersantai bersama air laut yang menenangkan jiwa, maka Pantai Santolo siap menghilangkan dahaga kamu tersebut.

Tempat ini begitu sangat indah, dan cocok buat siapa saja yang ingin menyongsong hari pagi sambil melihat matahari terbit.

Terdapat sebuah mercusuar yang juga serasi dengan pemandangan alam di sekitarnya, memberikan nuansa jauh lebih indah.

Jadi, segera putuskan untuk mendatangi Pantai Santolo di akhir pekan, dan mulai melakukan beberapa hal menarik di bawah ini sebagai bagian dari acara rekreasi kamu.

Pantai yang Tenang dan Indah

Pertama kita syukuri terlebih dahulu keindahan Pantai Santolo bersama orang terdekat sesampainya kamu ke tempat ini. 

Pantai Santolo dikemas dengan bibir pantai yang indah, terang, dan dengan pasir putihnya yang cemerlang. 

Ombak lautnya nampak selalu tertahan di tengah, sehingga tidak akan terlalu menyeret kita sesampainya di pesisir pantai. 

Ada banyak fauna laut yang mencoba menampakkan dirinya ke bibir pantai, seolah ingin berkenalan dengan para wisatawan di sana. 

Susuri pantai dengan bertelanjang kaki, lalu nikmati semilir angin sepoi-sepoi dengan aroma lautnya yang khas.

Tetap berhati-hati untuk tidak menginjak biota laut yang mendarat ya! Karena beberapa diantaranya memiliki kulit yang keras dan tajam, sehingga berpotensi mencederai kaki kita.

Banana Boat

Setelah puas merasakan sensasi pasir pantai yang menggelitik syaraf ujung kaki kita, saatnya mulai hunting aktivitas seru bersama wahana air.

Salah satu yang paling direkomendasikan adalah mencoba menaiki sebuah kendaraan unik untuk ngebut di atas permukaan air laut menggunakan banana boat.

Wahana ini cukup ekstrim sehingga mampu menarik banyak sekali turis untuk mencobanya. Jadi jangan merajuk ya jika harus mengantri dan menunggu lama.

Namun biayanya sendiri cukup murah kok! Yaitu dengan membayar 30.000 rupiah saja untuk sekali putaran. 

Memang nampak singkat, akan tetapi satu kali putaran tersebut sudah cukup mampu memberikan keseruan dan pengalaman yang sulit terlupakan. 

Menjelajahi Pulau sekitar

Pantai Santolo memiliki beberapa pulau kecil di sekitarnya, lengkap dengan bebatuan karang yang indah. 

Tentunya kita diperbolehkan menjelajahi beberapa pulau di dekatnya tersebut dengan cara menyewa perahu nelayan. 

Penduduk sekitar sana seringkali menyewakan jasanya untuk penyewaan perahu dengan tarif yang sangat murah, dan itu sudah termasuk jasa mendayung yang dilakukan langsung oleh si pemilik perahu tersebut. 

Rasakan sensasi seru saat perahu diterjang ombak yang ringan. Air lautnya sendiri sangatlah jernih, sehingga akan nampak beberapa biota laut dari atas perahu. Sebuah pemandangan yang hanya bisa kita dapatkan dengan harga kurang dari 50.000 saja.

Bermain di Pulau Santolo

Pulau yang berada di dekat Pantai Santolo itu diberi sebutan dengan nama yang sama, yaitu Pulau Santolo.

Selain bisa dijangkau dengan menggunakan perahu sewaan, terdapat pula sebuah kendaraan umum yang dapat membawa kita pergi ke sana.

Meskipun masih sama-sama menggunakan perahu, bedanya terletak pada tarif dan penggunaan itu sendiri.

Tarifnya sebesar 4.000 rupiah untuk perjalanan pulang pergi, dan penggunanya bisa dilakukan secara beramai-ramai layaknya angkutan umum di darat.

Sama halnya seperti di bibir pantai, kita pun akan menemukan laut dan pemandangan yang indah di sini. Cocok didatangi bersama pasangan tercinta.

Mengamati Hewan Laut 

Biota laut yang bermain ke tepian pantai bisa menjadi objek rekreasi tersendiri bagi kita. Pasalnya, hewan-hewan ini jarang banget bisa kita temukan di daratan, apalagi di dataran tinggi dan pegunungan. 

Beberapa diantaranya adalah berupa kepiting dan kelomang. Tetapi pastikan kamu untuk tidak mengganggu, menyentuh, apalagi sampai membawanya pulang. 

Jika itu dilakukan, maka akan merusak ekosistem dan kehidupan alamiah mereka. Habitat mereka adalah di laut, sehingga tak akan bertahan lama jika kita bawa ke rumah.

Selain itu, kita pun bisa melihat beragam jenis ikan dengan mata telanjang yang terintip dari pesisir pantai. Ini berkat kejernihan air laut Pantai Santolo yang dimilikinya.

Kuliner Seafood yang Lezat

Belum lengkap rasanya jika kamu bermain ke Pantai Santolo namun tak mencicipi makanan lokal yang dijajakan di beberapa restoran terdekat. 

Sebagai rumahnya dari seafood, tentunya kita akan dengan mudah menemukan tempat makan yang menyajikan sajian makanan laut dengan harga yang benar-benar miring.

Beberapa pilihan sajian tersebut berupa ikan bakar, cumi-cumi, layur, udang, lobster, tongkol, dan lain sebagainya. 

Buat kamu yang ingin mengolahnya sendiri juga bisa dibeli dengan harga murah dan dijual dekat di pesisir pantai. 

Disarankan untuk membeli yang masih hidup, sehingga kamu pun memiliki opsi ke dua, yaitu memeliharanya saat sesampainya nanti di rumah. 

Berbeda dengan kelomang dan kepiting, ikan laut jauh lebih mampu bertahan hidup sebagai binatang peliharaan di dalam air akuarium, selama kondisi airnya disesuaikan.

Melintasi Jembatan Gantung

Menariknya, Pantai Santolo memiliki jembatan gantung yang memungkinkan kita berjalan tepat di atas air laut tanpa harus kebasahan sedikitpun.

Uniknya lagi, jembatan ini merupakan peninggalan semenjak zaman penjajahan Belanda dan setidaknya sudah berumur lebih dari satu abad dengan panjang 100 meter.

Jembatan ini menghubungkan antara Pulau Santolo dengan Pulau Curugan, dan sudah menjadi objek swafoto atau sekedar selfie cantik.

Meskipun sudah lumayan tua, namun desain dan arsitekturnya benar-benar mumpuni sehingga masih sangat aman untuk kita lewati.

Memancing

Pantai dan laut juga kerapkali dihubungkan dengan hobi memancing. Tepat di Pantai Santolo, kita pun akan disediakan sebuah spot memancing sehingga menjadi surganya para pemegang kail pantai.

Spot pemancingan ini memang disediakan secara khusus oleh para nelayan untuk kamu gunakan. Namun ikan yang bisa kita dapatkan biasanya berukuran kecil dengan jenis yang mainstream.

Jadi buat kamu yang ingin merasakan kepuasan memancing jauh lebih hebat, maka bisa menyewa perahu dari nelayan terdekat dan ikut memancing bersama mereka. 

Dengan begitu kemungkinan kamu mendapatkan tangkapan ikan yang jauh lebih besar serta jenis ikan yang belum pernah kamu lihat sebelumnya akan jauh lebih tinggi. 

Sunset dan Sunrise

Kedua fenomena alam harian ini bisa kita rasakan di Pantai Santolo. Jadi, entah itu datang pagi-pagi untuk mengejar matahari terbit atau beristirahat di sore hari untuk melihat matahari terbenam setelah bermain seharian, keduanya bisa kamu lakukan. 

Beberapa pemandangan di sekitarnya bisa memberikan aksen lebih romantis ketika warna langit berubah menjadi kemerahan. 

Beberapa karang dan pulau yang terlihat jauh di sana menjadi bukti nyata bahwa keindahan bisa datang tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak uang. 

Cukup duduk bersantai di bibir Pantai Santolo saja sudah cukup untuk dilakukan. Jadi, siapkan minuman dan makanan ringan terbaik, dan duduklah di dekat orang tersayang, maka momen membahagiakan tersebut akan terus terkenang sepanjang usia.