Penuh Dengan Isu, Berikut 7 Alasan Kenapa Pantai Slili Masih Layak Dikunjungi

Yogyakarta pastinya sudah menjadi salah satu tempat terkenal di mata traveler lokal dan mancanegara, dan mencoba bersaing dengan Jakarta dan Pulau Bali. 

Untuk semakin memanjakan para pelancong tersebut, sebuah area di Gunung Kidul Yogyakarta menjadi kolektor pantai-pantai yang begitu indah, dan salah satu yang bisa kamu datangi adalah Pantai Slili. 

Pantai bernama unik dan lucu ini sebenarnya memiliki ukuran yang mini, akan tetapi masih layak buat kamu kunjungi saat bermain ke Jogja, karena menawarkan keindahan dan kejernihan air lautnya yang tiada tara.

Ini karena tempat wisata ini terbilang baru, sehingga kebanyakan areanya masih terbebas dari aktivitas wisatawan yang seringkali mengotori area tersebut. 

Selanjutnya, ada beberapa alasan lain kenapa Pantai Slili layak buat kamu kunjungi, yang mana daftarnya telah disusun secara lengkap di bawah ini. 

Suasana Pantainya yang Indah

Sama halnya seperti jajaran pantai-pantai yang terdapat di kota Yogyakarta, Pantai Slili juga menawarkan kita berupa pijakan di atas pasir yang halus dan bikin kaki kita terasa nyaman.

Deburan ombak dan semilir angin lautnya bisa bikin kamu ketagihan untuk segera datang ke tempat ini sepulangnya nanti.

Saat perut lapar dan keroncongan, kamu bisa mengunjungi beberapa warung dan kedai makanan yang menjual makanan khas Jogja.

Menikmati pemandangan laut sambil menyantap makanan khas yang lezat memang bisa mengundang keindahan yang tiada tara.

Biaya masuknya sendiri adalah 10 ribu rupiah. Tentunya biaya parkir dipisahkan dengan tarif 2000 untuk motor, 5000 untuk mobil, dan 20.000 bagi rombongan yang datang bersama bus. 

Tetapi tetap berhati-hati terhadap pungutan liar yang seringkali meminta kita biaya parkir yang jauh lebih mahal. 

Banyak para wisatawan yang mengaku bahwa mereka harus menghabiskan uang sebesar 30.000 untuk parkir mobil dan motor hanya dalam kurun waktu 1 jam saja. 

Namun terlepas dari itu semua, Pantai Slili tak patut disalahkan karena tempat ini secara murni menyediakan pemandangan indah tanpa meminta imbalan kepada apapun kepada para pengunjungnya.

Selama kita tak mengotorinya dengan sampah yang dibawa dari kota, maka kejernihan air dari Pantai Slili pasti akan terus bertahan. 

Melihat Keindahan Dalam Laut Dengan Snorkeling

Jangan salah, sekalipun tempat ini terbilang baru, akan tetapi sudah mampu menyediakan aktivitas snorkeling kepada siapa saja yang berminat melakukannya.

Alhasil, buat kamu yang hobi menyelam pasti akan langsung dimanjakan dengan kegiatan menyehatkan tersebut. 

Tapi siapkan dana setidaknya 50.000 rupiah ya! Soalnya terdapat biaya sewa untuk peralatan snorkeling yang seharga 35.000. Akan tetapi isu yang beredar bahwa biaya sewa alat selamnya mengalami kenaikan menjadi 50.000 rupiah. Amannya, siapkan saja budget berlebih untuk berjaga-jaga.

Dalaman lautnya ditumbuhi dengan terumbu karang dan ikan-ikan berwarna-warni yang seringkali bergerombol dan berenang kesana kemari.

Kamu juga bisa mendapatkan potret sempurna karena disediakan pemandu untuk pengambilan foto selama aktivitas menyelam tersebut berlangsung. 

Jadi tak ada alasan untuk menolak kegiatan mengasyikkan yang satu ini sebagai bagian dari pengalaman kamu saat bermain ke Yogyakarta.

Jika kamu seorang pemula, maka tak perlu khawatir, karena disiapkan seorang instruktur yang telah terlatih dan akan menemani kita sepanjang snorkeling tersebut berlangsung. 

Lantai karangnya yang indah sudah menjadi rumah bagi biota laut, jadi jangan sampai kamu berbuat iseng dan merusaknya ya, agar ekosistem mereka tetap stabil dan mendatangkan keuntungan bagi alam itu sendiri.

Menyatukan 2 Area Wisata

Menariknya, Pantai Slili sebenarnya sebuah perantara bagi dua bukit dan pantai yang jauh lebih luas. Alhasil, pantai mini ini terbentuk layaknya teluk dengan pesonanya yang sangat indah.

Di saat yang bersamaan pula, banyak orang yang mencoba untuk mengaksesnya setelah puas bermain di kedua tempat tersebut, atau dijadikan persinggahan sementara sebelum akhirnya melanjutkan ke spot wisata berikutnya.

Jarang banget ada sebuah tempat perantara yang sekaligus menjadi objek wisata itu sendiri, sehingga darimanapun kamu berasal dan kebetulan sedang menjalajahi kota Yogyakarta, maka Pantai Slili ini harus kamu masukan pula ke dalam daftar kunjungan.

Melihat Pemandangan Dari Bukit

Dikarenakan menjadi sebuah perantara dan nampak menjadi sebuah teluk, maka Pantai Slili pun dilengkapi dengan perbukitan yang bisa kita panjat secara aman. 

Bukit yang ada di dekatnya tersebut terbuka untuk umum dan sudah terdapat akses jalan setepak yang layak untuk kita lalui. 

Sesampainya kamu ke puncak bukit, maka bisa merasakan hawa sejuk dan indahnya pemandangan laut yang terlihat dari sisi berbeda, tepatnya dari ketinggian. 

Suasana pantai yang asri dengan deburan ombaknya akan menjadi pemandangan hebat yang mungkin tak bisa diungkapkan oleh kata-kata. 

Sangat cocok dinikmati bersama orang terdekat karena mampu menawarkan kesan romantis, kehangatan, dan kebersamaan. 

Bermain di Lantai Karang

Kembali lagi ke area bibir Pantai Slili yang indah, selanjutnya pastikan kamu bersantai di lantai karang yang juga cocok untuk dijadikan area bermain bersama keluarga.

Dikarenakan ukurannya yang cukup luas, maka bisa dijadikan sebagai pijakan selama bermain air di pantai dengan deburan ombak yang bersahabat.

Alhasil, kita sebagai pelancong akan mendapatkan opsi berbeda dengan sensasi yang menggelitik kaki. 

Namun tetap berhati-hati saat melangkah, karena kondisi basah dan lembabnya batu karang tersebut seringkali membuat kita tergelincir. 

Sebaliknya, bermainlah dengan wajar sehingga kesenangan dan keamanan bisa kamu dapatkan di saat yang bersamaan. Tak ada hal yang lebih baik untuk dihabiskan bersama keluarga selain bermain di atas pasir atau karang pantai sebagai pijakan kaki yang telanjang. 

Rumahnya Udang Lezat

Sebagai informasi tambahan, Pantai Slili juga sebenarnya rumah bagi para udang yang lezat, sehingga tak sedikit dari warga sekitar yang mengambil tangkapan binatang laut tersebut sebagai mata pencaharian. 

Sebagai bagian dari rekreasi pantai, kamu pun boleh membantu warga sekitar untuk menangkap biota laut tersebut yang biasanya bersembunyi di bebatuan dan rumput laut. 

Disarankan untuk berkunjung di musim panas (kemarau) jika ingin menikmati momen menyenangkan tersebut, karena pada saat itulah udang yang disediakan oleh alam Pantai Slili menunjukkan jumlah yang melimpah. 

Gazebo dan Sajian Kuliner

Pantai Slili juga dilengkapi dengan fasilitas berupa gazebo-gazebo yang terbuat dari kayu sebagai alas dan dindingnya, serta serat pohon kelapa sebagai atapnya. 

Kita bisa bersantai sambil beristirahat di tempat ini demi menyelamatkan tubuh dari sengatan matahari sambil menikmati deburan dan suara ombak yang begitu merdu. 

Di bagian belakang gazebo tersebut, berjejer warung-warung makan yang menyuguhkan kita aktivitas berupa wisata kuliner.

Sekalipun beberapa warung mau menyuguhkan makanan dengan harga yang nyaman di kantong, akan tetapi harus berhati-hati saat masa liburan tiba karena tak jarang kita akan ditekuk dengan biaya makan yang bikin sakit kepala. 

Selain oknum yang bisa memeras kita di tempat parkir, ada beberapa penjual makanan yang juga sering berbuat nakal. Sehingga kedua hal ini patut disayangkan karena akan membuat citra dari Pantai Slili menjadi kurang begitu baik di mata para pelancong.