Wisata ke Pantai Ujung Genteng, Rumahnya Para Penyu Laut

Perkotaan di Indonesia memang semarak dengan kehidupannya yang begitu glamor. Lain lagi jika kamu melangkahkan kaki ke daerah pedesaan yang suasana tradisionalnya masih begitu kental terlihat. 

Dari jejeran keindahan seni budaya dan adat yang dipegang oleh masing-masing daerah, biasanya disertai dengan beragam spot wisata yang begitu unik dan indah. 

Adalah Pantai Ujung Genteng sebagai salah satu tempat terbaik yang harus kamu kunjungi saat bermain ke Sukabumi.

Pantai ini cocok buat kamu yang ingin melihat pasang surut air pantai yang terjadi begitu alamiah. 

Sebagai gambaran, tepat sebelum pukul 3 sore, cuaca di tempat ini begitu panas dibarengi dengan surutnya air laut di pesisir pantai. Tapi setelahnya, cuaca akan mulai mendingin dan air lautpun akan kembali naik seolah menyongsong pemandangan sunset.

Hal unik lainnya dari tempat ini adalah dijadikan penangkaran penyu yang hampir punah, dan benar-benar layak untuk dilihat secara langsung. 

Agar lebih memantapkan hati kamu yang tengah bimbang dan dilema untuk memutuskan atau tidaknya pergi ke tempat ini, maka alangkah baiknya untuk semakin membekali diri kamu dengan informasi dan fakta-fakta menarik seputar pantai Ujung Genteng di bawah ini. 

Suasana Santai dengan Pasir Putih

Tidak semua pantai memiliki pasir putih. Ada diantaranya yang berwarna hitam atau bahkan hijau sebagai akibat dari kondisi masing-masing area pada saat itu.

Sementara kelebihan untuk pantai yang berpasir putih biasanya akan menyuguhkan pemandangan yang jauh lebih menyatu dengan langit dan laut biru. Tentu saja, Pantai Ujung Genteng termasuk ke dalamnya. 

Kamu pun berkesempatan untuk merasakan sensasi hangat dan lembut saat berjalan di atasnya, jadi pastikan untuk bertelanjang kaki sesaat setelah sampai di tempat ini. 

Lokasinya yang terletak di pedesaan dan jauh dari perkotaan membuatnya sulit untuk diakses oleh sebagian besar orang. Sebagai balasannya, kita yang mampu mengunjungi tempat ini akan dihadiahi dengan ketentraman yang luar biasa.

Dikarenakan tak sering dikerubungi oleh para wisatawan, kebersihan dari pantainya sendiri mampu terjaga dengan baik. 

Hampir-hampir tak pernah ditemukan sampah kota yang mengontori area tersebut. Dengan begitu bisa menjadi tempat yang paling sempurna untuk bersantai dan tiduran di atas pasir yang nyaman. 

Belum lagi perpaduan antara pantulan sinar matahari di atas pasir dengan kejernihan air laut yang bikin kita ketagihan untuk mandi dan berenang di sana.

Melihat Pantai Ombak Tujuh

Terdapat pula sebuah pantai kecil yang merupakan pecahan dari Pantai Ujung Genteng, yang mana dinamai Ombak Tujuh. 

Meskipun terpencil dan tak banyak orang yang datang, akan tetapi masih menawarkan keindahan dan fenomena alam yang unik. 

Nama dari Ombak Tujuh tersebut bukanlah datang dari antah berantah, melainkan dari sifatnya yang membawa ombak menggulung-gulung hingga ke pesisir pantai. 

Dikarenakan ombak tersebut bergerak secara beriringan, maka diibaratkan layaknya 7 buah gulungan yang saling mencoba menyusul antara satu sama lainnya. 

Jadi tak heran jika tempat ini pun seringkali dijadikan sebagai tempat surfing yang begitu strategis. 

Penangkaran Penyu

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Pantai Ujung Genteng menjadi spot terbaik sebagai penangkaran penyu. Tujuannya adalah agar hewan air langka dan terancam punah ini dapat terus hidup selama mungkin dan berkembang biak secara teratur.

Penyu-penyu ini membutuhkan perhatian khusus di tengah-tengah zaman modern saat ini. Pasalnya, mereka hanya mampu bertelur setelah berusia 30 tahun ke atas, dengan rentang waktu antara 2 hingga 8 tahun. 

Dikarenakan waktunya yang lama, banyak dari mereka yang mati sebelum sempat berkembang biak, sehingga jumlahnya terus turun dari waktu ke waktu. 

Untungnya, Pantai Ujung Genteng bisa menyelamatkan ratusan anak penyu setiap tahunnya yang kemudian dilepaskan secara masal ke laut lepas agar tetap pada habitatnya masing-masing. 

Jika kamu orang yang beruntung, maka dapat menyaksikan pelepasan anak penyu tersebut di waktu-waktu tertentu.

Jangan lupa untuk membawa kamera demi mengabadikan momen langka tersebut. Jika bisa, share di medsos agar semua orang dapat melihat dan memberi inspirasi untuk menjaga alam yang indah ini.

Pasar Ikan Harga Murah

Tak jauh dari lokasi pusat Pantai Ujung Genteng, berdiri sebuah kerumunan perpaduan antara pembeli dan penjual yang tengah beraktivitas menjalankan roda ekonomi di sektor perikanan.

Kita pun bisa turut andil bagian di sana sebagai salah satu konsumen untuk membeli ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan setempat dengan harga yang begitu murah. 

Dikarenakan dibeli langsung dari sumbernya, maka tak jarang kita pun akan mendapatkan jumlah ikan yang jauh lebih banyak dengan harga yang tak bikin dompet kita bolong. 

Terdapat pula sebuah layanan khusus untuk memasak ikan tersebut di tempat. Seperti yang kita tahu bahwa membawa ikan ke rumah dalam jumlah besar itu cenderung merepotkan. 

Nah, para pengelola dan warga yang tinggal di sekitara Pantai Ujung Genteng sadar akan masalah ini sehingga membuat mereka menjajakan layanan mengolah ikan-ikan yang telah kamu beli menjadi santapan yang lezat.

Jalan-jalan ke pantai tentunya belum lengkap jika kamu melewatkan acara kuliner seafood. Dengan begitu, bisa kita kategorikan sebagai salah satu acara utama saat berlibur dan berwisata ke pantai.

Tak hanya ikan saja, kamu pun akan menemukan ragam fauna laut yang halal untuk disantap, diantaranya kepiting, lobster, udang, dan lain sebagainya. Para traveler lebih senang untuk membakarnya karena jauh lebih mudah untuk diolah dan bisa cepat segera dimakan. 

Bermain Air Sambil Menunggu Sunset

Ada dua piilhan bermain air di Pantai Ujung Genteng, yakni berenang di pantai utama dan surfing di Pantai Ombak Tujuh.

Namun perlu diperhatikan sebelumnya bahwa tak ada fasilitas yang menyewakan baju renang ataupun peralatan surfing, sehingga harus kamu siapkan sendiri dari rumah.

Selain itu tak disarankan untuk berenang di Pantai Ombak Tujuh, terutama jika kamu tak begitu jago berada di atas air.

Kondisi ombak yang ganas bisa menyapu bersih dan menyeret kita ke tengah lautan, sehingga dapat menjadi bencana yang kadang tak dapat kita hindarkan. Saran terbaik adalah untuk beraktivitas di tempat yang seharusnya.

Bermainlah air sepuasnya bersama orang terdekat sambil menunggu sore hari untuk menyaksikan fenomena matahari terbenam.

Sekalipun kita bisa mendapatkan fenomena sunrise dan sunset di tempat ini, akan tetapi matahari terbenam jauh lebih dramatis dan spektakuler.

Secara keseluruhannya, Pantai Ujung Genteng merupakan tempa terbaik buat siapa saja yang doyan untuk bermain ke pantai.

Pemandanannya sangat bagus sehingga mendukung fenomena sunset menjadi jauh lebih indah, tak kalah dengan pantai-pantai populer lainnya yang ada di Indonesia.

Belum lagi pasir putih nan halusnya dapat memfasilitasi kita untuk duduk santai sambil memandangi rona merah langit di sore hari. 

Kita pun bisa menyewa perahu sebelum gelap untuk menyaksikan keindahan alam tiada tara tepat di tengah lautan.