Tempat Wisata di Medan Bernuansa Kota dan Alam

Sebagai ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara, Medan merupakan salah satu kota terbesar dan sibuk di Indonesia.

Kita sebagai pengunjung dan wisatawan akan menemukan banyak hal menarik di tempat ini, sehingga memang layak untuk disambangi.

Meskipun tidak berada di pesisir pantai dan sarat akan kegiatan industrinya, namun masih mampu menawarkan karakter perkotaannya yang begitu unik, bagus untuk tamasya, dan kehidupan malamnya yang semarak.

Ada pula beberapa area alam yang bisa kita sentuh untuk menenangkan diri dari kesibukan kota, sebut saja Danau Toba, sumber air panas, hingga air terjun tertinggi di Indonesia.

Maka dari itulah, mari kemasi barang kita untuk mengunjungi daftar tempat wisata di Medan berikut ini. 

Museum Sumatera Utara

Pertama-tama, mari kita pelajari asal-usul kota Medan terlebih dahulu melalui Museum Sumatera Utara. Terletak di sebuah bangunan kolonial bergaya tradisional, kita akan menemukan koleksi artefak yang menawan, termasuk ukiran batu, gulungan bernuansa spiritual, dan bahkan peti mati kayu berukiran naga.

Masing-masing peninggalan ini berasal dari peradaban awal Sumatera Utara yang dipengaruhi oleh 3 agama yang berbeda, diantaranya Hindu, Budha, dan Islam. 

Selain itu, kita pun akan dihadapkan dengan beberapa peninggalan dari kehidupan zaman kolonial Belanda ketika Indonesia masih dijajah oleh mereka.

Dengan mengenal kota Medan secara lebih dekat, maka bisa membuat kita lebih menghargai hal-hal yang akan kita temui setelahnya.

Rumah Tjong A Fie

Tjong A Fie merupakan rumah besar atau mansion bekas seorang penduduk terkaya yang pernah tinggal di kota Medan, yakni seorang saudagar dari Tionghoa yang meninggal pada tahun 1921 silam. 

Namun di masa sekarang, mansion ini menjadi contoh ikonik dari kemewahan yang begitu murni, termasuk lukisan tangan Fresco yang tergambar dengan begitu sempurna di langit-langit rumahnya. 

Beberapa furnitur hebat juga tersebar yang berhiaskan marmer serta mutiara. Diserta pula dengan aula di lantai atas dan kuil Tao untuk bersembahyang.

Rumah Tjong A Fie ini terdiri dari 35 kamar denan arsitektur yang begitu megah, sehingga wajib kamu lihat dengan mata telanjang. 

Istana Maimun

Berbeda dengan Istana Maimun, mansion ini dibangun oleh seorang Sultan Deli pada tahun 1888 dan merupakan contoh lain dari kemewahan murni, tetapi bernuansa lebih ke budaya Indonesia.

Silahkan masuk ke ruang utama untuk menemukan sebuah singgasana kerajaan berukuran penuh dengan koleksi keris hias yang tak ternilai harganya.

Area ini tentunya terbuka untuk umum dan bahkan kamu pun boleh ber-cosplay dengan mengenakan kostum tradisional Melayu. 

Terdapat juru foto profesional yang akan mengambil gambar kamu selama masa kunjungan dengan tarif hanya 20.000 rupiah saja.

Air Terjun Sipiso-Piso

Dari perkotaan kita langsung menyusuri area alam yang indah. Agar kamu bisa menemukan air terjun tertinggi di Indonesia, maka harus berkendara beberapa jam dari pusat kota Medan. 

Air terjun tertinggi tersebut diberi nama Sipiso-Piso, dengan ketinggian hingga mencapai 120 meter.

Momen paling menarik yang bisa kita temukan dari tempat ini adalah ketika adanya kemunculan sebuah pelangi ganda yang bisa kita intip di pagi hari.

Terdapat tiket yang harus kamu bayarkan tentunya, yaitu 45.000 rupiah untuk satu mobil yang ditumpangi oleh 4 orang (anak-anak tak dihitung).

Untuk bisa mengaksesnya, kamu pun harus turun melalui banyak anak tangga. Di bawah sana, kita akan disambut dengan sebuah resto kecil dan beberapa spot foto yang menarik untuk dicoba.

Berastagi Highland

Selanjutnya terdapat pula sebuah tempat yang akan membuat kamu terhindar dari keramaian dan hiruk pikuk kota Medan, yaitu Berastagi Highland. 

Lokasinya sendiri terletak di dataran tinggi sehingga suhu udaranya lumayan sejuk, dan bahkan terkadang dingin saat menjelang malam.

Di tempat ini jugalah, kita akan menemukan sebuah pedesaan bergaya modern yang dijaga oleh sederet pegunungan yang menjulang tinggi, seperti Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung yang terkenal.

Jika kamu doyan mendaki, maka pergi ke kedua gunung tersebut pun bisa menjadi hiburan tambahan yang bisa kamu lakukan. 

Gunung Sibayak

Puncak Gunung Sibayak memiliki ketinggian hingga mencapai 2.212 mdpl. Meskipun begitu, aktivitas pendakiannya sendiri terbilang sangat mudah, sekaligus menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari atas

Gunung ini sebenarnya masuk ke dalam stratovolcano yang masih aktif. Sejarah mencatat pernah terjadinya letusan terakhir pada tahun 1881.

Berkat letusan tersebut jugalah, kita akan melihat banyak sekali aktivitas termal seperti mata air panas dan kolam termal, sekalipun letusannya sendiri sudah terjadi lebih dari 1 abad yang lalu.

Selanjutnya, kita pun akan disuguhkan dengan pemandangan dunia dengan awan belerang di puncaknya. 

Disarankan untuk mendaki sebelum matahari terbit. Terdapat pula agen atau panduan yang bisa digunakan untuk mendaki di malam hari yang gelap.

Air Terjun Sibolangit

Tak jauh dari tempat pendakian di Gunung Sibayak di atas, pastikan kamu pun mengunjungi sebuah spot wisata terindah yang menyegarkan bernama Air Terjun Sibolangit.

Bahkan saking bagusnya, tempat ini menyediakan pemandangan berupa air terjun dua warna yang nampak begitu ajaib.

Air terjun putih tersebut akan mengair ke perairan biru pirus di bawahnya. Perubahan warna tersebut disebabkan oleh belerang yang mengalir dari Gunung Sibayak di atas.

Berkat fenomena alamnya yang unik tersebut jugalah, spot wisata ini berhasil menarik banyak orang untuk melihatnya secara langsung dan mengambil beberapa foto sebagai objek indah terbaik di kota Medan.

Kuil Sri Mariamman

Dibangun kembali pada tahun 1884, Kuil Sri Mariamman termasuk ke dalam spot wisata paling banyak diincar oleh para traveler lokal dan luar negeri berkat desain dan arsitekturnya yang begitu unik.

Sri Mariamman sendiri merupakan sebuah kuil Hindu tertua yang ada di kota Medan, sekaligus menjadi tempatnya pemujaan dewi hujan Hindu.

Bangunannya sendiri memiliki dekorasi penuh warna dan hiasan, yang mana digunakan oleh para pemeluk agama Hindu untuk berdoa sambil membakar dupa

Sekalipun termasuk ke dalam gedung keagamaan, akan tetapi kita pun bisa mendatanginya meskipun bukan pemeluk agama Hindu, selama tidak merusak fasilitas dan mengotori area di dalamnya.

Danau Toba

Dan yang terakhir adalah tempat yang paling terkenal sekaligus simbol dari kota Medan itu sendiri, yaitu Danau Toba.

Lebih dari 75.000 tahun yang lalu, sebuah gunung supervolcano meletus dan meninggalkan danau kawah raksasa yang bahkan memiliki ukuran dua kali lipat dari negara Singapura.

Ini merupakan tempat yang paling menakjubkan untuk kamu kunjungi. Selain dari pemandangan danaunya itu sendiri, terdapat pula beberapa atraksi yang disediakan, sehingga para pengunjung dapat bersenang-senang dan tertawa lepas.

Danau ini sebenarnya akan nampak jauh lebih indah jika ditatap dari kejauhan, karena nampak semua lanskap yang mempercantik segalanya.

Beberapa café dan hostel di sepanjang jalanan menuju tempat ini pun disediakan, sehingga aksesnya menjadi lebih mudah untuk dilakukan.