Wisata Lombok, Pulau Kecil Dengan Sejuta Keindahan

Setiap tahunnya banyak turis asing yang tertarik dan datang ke pulau Bali sebagai bagian dari liburan mereka. Padahal tepat di sebelah timur pulau dewata tersebut, terdapat pulau keci yang diberi nama Lombok. 

Kebanyakan dari wisatawan asing tak melirik tempat ini dan hampir belum terjamah sama sekali. Padahal, puluhan objek wisata tengah menanti mereka untuk disambangi. 

Dengan begitu, wisata Lombok bisa menjadi pilihan terbaik buat kamu yang ingin bermain ke pantai yang suasanya mirip dengan pulau Bali, akan tetapi masih dapat terhindar dari keramaian. 

Demi menunjang aktivitas bermain kamu di pulau tersebut, pastikan kamu mendatangi beberapa tempat rekomendasi yang telah dituliskan secara lengkap di bawah ini. 

Pulau Gili

Di dekat pulau Utama Lombok, terdapat 3 buah surga dunia yang wajib kamu sambangi, yakni Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan, yang secara kolektif kita gabung namanya menjadi Pulau Gili. 

Tak hanya sebagai tempat untuk bersantai dan menenangkan diri sambil melihat pemandangan indah, Pulau Gili juga sebenarnya sangatlah populer untuk aktivitas scuba diving dan snorkeling yang bisa dicoba buat kamu yang suka dengan hobi tersebut. 

Di saat yang bersamaan, suasana anak pantai akan begitu terasa karena memang sudah mendarah daging dengan warga sekitar.

Jika beruntung, maka kamu pun akan bertemu dengan penyu laut si binatang langka. Pastikan untuk melihatnya dari jauh dan jangan mengganggunya ya! 

Gunung Rinjani

Sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, gunung Rinjani juga menjadi daya tarik dari Pulau Lombok yang indah dan alami. 

Agar dapat mendaki secara aman, maka disarankan untuk menggunakan jasa agen atau tur berpemandu selama beberapa hari agar lebih aman. 

Dengan menggunakan jasa tersebut, maka kita akan diajak untuk pergi ke danau kawah dan bahkan ke puncak di semua tempat. 

Tapi persiapkan dengan matang ya! Soalnya kita akan terus mendaki selama 8 jam non stop per hari. 

Sekalipun pemandangan di atas puncak benar-benar mengagumkan, akan tetapi tak disarankan buat kamu yang tidak terbiasa hiking atau bahkan memiliki fisik yang lemah.  

Senggigi

Sebagian besar turis datang ke tempat ini sebagai area penginapan berkat fasilitas hotelnya yang begitu mewah. 

Padahal, Senggigi pun sebenarnya bisa menjadi tempat menakjubkan untuk menikmati hidangan lokal, apalagi jika kamu keluar di malam hari.

Sementara di siang hari kita bisa mengunjungi pantainya yang indah. Bahkan diantara penduduk lokal, pantai Senggigi sangatlah terkenal dengan aktivitas surfing atau berselancarnya. 

Di saat yang bersamaan, para penjual dan penduduk di tempat ini tak memaksakan kehendak mereka terhadap para turis (berbeda dengan Jakarta).

Penduduk Senggigi hampir-hampir tak akan memanfaatkan para turis asing dengan menyuruh membeli sesuatu dan kemudian mencekiknya dengan harga mahal.

Pemenang

Pemenang sebenarnya bukanlah nama tempat, pantai, ataupun gunung, melainkan sebuah jalan yang begitu terkenal akan pemandangannya yang indah. 

Untuk menjelajahi jalanan ini yang letaknya tepat di pinggir pantai, maka disarankan untuk menyewa sepeda motor di agen terdekat. 

Salah satu pemandangan terbaik yang akan kamu lihat dari jalan Pemenang ini adalah Bukit Malimbu 1 dan 2. 

Sementara di area pinggirannya, kita akan melihat pemandangan laut sejauh mata memandang. 

Bisa dibilang ini adalah jalan yang paling wajib untuk kamu lalui saat berkunjung ke Lombok. Jika tidak, maka akan sangat rugi sekali. 

Hutan Monyet Pusuk

Jalan Pemenang sendiri sebenarnya merupakan salah satu akses menuju Bangsal, yaitu sebuah objek wisata lainnya di Lombok yang sekaligus menjadi rumahnya para monyet. 

Disebut pula dengan Hutan Monyet Pusuk, nama tersebut diberikan berkat sifatnya yang dipenuhi dengan primata liar. 

Jika mau, kamu pun boleh memberi makan mereka dengan memberi sepotong roti atau buah-buahan segar.

Namun tetap hati-hati terhadap barang bawaan terutama tas, ransel, atau dompet. Karena mereka biasanya akan menyerang. Kita juga bisa menggunakan sepeda motor untuk sampai ke hutan ini. 

Terdapat sebuah travel guide yang akan membawa kita ke Hutan Monyet sekaligus Bukit Malimbu dalam satu hari.

Kuta

Bukan Kuta yang di Bali ya, melainkan terletak berdekatan dengan Senggigi di atas, yang mana sekaligus menjadi hotspot wisata kedua terbesar di pulau Lombok. 

Namun sama halnya seperti tempat-tempat wisata yang ada di atas, Kuta pun sebenarnya menawarkan pantai yang indah, namun dilengkapi dengan hotel dengan akomodasi terbaik serta restoran dengan masakan lokalnya yang menggoyang lidah.

Dari sini, kita berkesempatan untuk menjelajahi area terdekat seperti pantai impian Mawun, Tanjung Aan, dan Selong Belanak karena lokasinya yang begitu berdekatan.

Untuk itulah, disarankan untuk menginap di tempat ini sebagai area yang strategis agar kamu dapat mengunjungi ketiga tempat tersebut dengan jauh lebih mudah dan leluasa.

Pantai Mawun

Memang tidak begitu terkenal, tapi banyak para wisatawan yang langsung memfavoritkan tempat ini sebagai pantai terbaik yang ada di Pulau Lombok. 

Tergantung harinya, jumlah orang yang datang pun bisa begitu beragam. Jadi buat kamu yang tak ingin terganggu dengan suasana ramai, maka disarankan untuk berkunjung di pesisir pantai dengan pasirnya yang putih pada hari kerja. 

Hati-hati juga jika ingin berenang, karena seringkali ombaknya begitu besar dengan terjangannya yang tiada ampun.

Namun bagi para peselancar profesional, kondisi alam tersebut senantiasa dimanfaatkan sebagai bagian dari wisata Lombok mereka.

Pantai Mawun sendiri lumayan terpencil dan terletak di sebelah barat Kuta dan hampir tertutupi. Namun masih bisa kita akses dengan mudah menggunakan sepeda motor.

Selong Belanak

Sudah dipastikan kamu tak akan mudah menemukan pantai yang luas tetapi dangkal layaknya yang ada di Selong Belanak. 

Berkat kondisi lapangannya yang begitu aduhai, maka kita pun dapat melakukan banyak sekali aktivitas secara sempurna, seperti berselancar, berenang, atau merendam diri sambil bermain air.

Sangat disarankan untuk menikmati keindahannya dari sudut pandang yang menghadap ke pantai dan teluk, yang mana letaknya sedikit ke arah utara dari pantai itu sendiri, karena akan melihat sebuah pemandangan luar biasa dan unik, yang mana tak akan kamu temukan di pantai-pantai lainnya di Indonesia.

Tanjung Aan

Laut berwarna pirus dan pasir putihnya yang bercahaya dapat menjadi salah satu objek terbaik yang akan kamu rasakan di tempat ini. 

Tanjung Aan memiliki ombak yang tenang serta penduduk lokalnya yang begitu ramah. Untuk dapat melihat pemandangan laut yang lebih luas, kamu bisa mendaki ke Bukit Merese agar nampak lanskap sejauh mata memandang. 

Namun jangan lupa untuk menggunakan tabir surya karena cuaca di tempat bisa begitu terik dan panas.

Pastikan juga untuk membeli souvenir yang dijajakan di area tersebut agar mendukung mata pencaharian penduduk lokal sekaligus menjadi cendramata, sebagai bukti kamu telah berkunjung ke tempat ini.