8 Objek Wisata Puncak Unik Lain Dari yang Lain

Jika berbicara mengenai udar segar, sejuk, dan berangin, maka daerah Puncak Bogor menjadi jagoannya. Tempat yang dikemas dengan kebun teh ini juga tentunya menyimpan banyak permata lain yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

Dimulai dari sekedar bermain-main melihat pemandangan dan mencicipi makanan lokal, hingga memompa adrenalin dengan menggunakan paralayang untuk mendapatkan pemandangan indah secara sempurna, semunya bisa dilakukan tanpa harus jauh berjalan dari satu kota ke kota yang lain. 

Wisata Puncak Bogor tentunya menawarkan banyak kegiatan yang menyenangkan, mendebarkan, serta santai bersama keluarga.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah hal-hal luar biasa dan menarik yang bisa kamu lakukan saat bermain ke kota Bogor sebagai bagian dari Wisata Puncak yang tak terlupakan. 

Negeri Dongeng di Kota Bunga

Area ini sebenarnya sebuah pemukiman dengan rumah villa yang berjejer di kiri dan kanan. Namun uniknya, semua bangunan di tempat ini memiliki desain dan arsitektur yang datang dari berbagai macam belahan dunia, sebut saja Eropa, Jepang, China, hingga beberapa yang ada di dunia dongeng.

Khusus untuk rumah bergaya Eropa, kebanyakan darinya memiliki desain kuno yang penuh dengan artistik. 

Sekalipun secara demografik tempat ini sudah termasuk ke dalam Kabupaten Cianjur (sebelah Bogor), namun masih tetap berada di kawasan Puncak, sehingga mebuatnya memiliki suhu udara yang menyegarkan. 

Di dalamnya dilengkapi dengan kolam renang, lapangan tenis, taman hiburan mini, kebun binatang mini, peternakan menunggang kuda, hingga Little Venice.

Semua area ini cocok untuk didatangi oleh kamu yang memiliki keluarga dan si kecil. Dijamin, anak-anak akan menyukai permainan yang ada di Arena Fantasi dan Little Venice yang dikelola oleh PT. Funworld.

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Bagi para pendaki gunung yang hendak hiking ke Gunung Gede Pangrango, mungkin Kebun Raya Cibodas ini sudah tak asing lagi di telinga mereka. Pasalnya, tempat ini pun menjadi salah satu pintu masuk menuju gunung tertinggi kedua di Jawa Barat tersebut. 

Tapi siapa sangka, ternyata kita pun akan disuguhkan dengan pemandangan bunga Sakura yang bermekaran di area tertentu.

Tanpa harus mahal-mahal pergi ke Jepang, tentunya kita bisa jauh lebih berhemat jika ingin menikmati suasana siraman bunga indah berwarna merah muda tersebut.

Namun sama halnya seperti di Jepang, bunga sakura di tempat ini pun memiliki usia yang sangat singkat, dan hanya mekar setahun sekali. 

Cuaca dan suhu udara di Taman Cibodas pada bulan Januari dan Februari nampak memiliki kesamaan dengan musim semi di Jepang, sehingga pada waktu itulah bunga Sakura mulai bermekaran. 

Jadi, pastikan kamu datang di waktu-waktu tersebut jika ingin menikmati keindahan pohon sakura yang unik. 

Little Venice Puncak

Kita kembali lagi ke Kota Bunga. Tepat di ujung villa-villa bernuansa negeri dongeng ini, terdapat sebuah objek wisata dengan wahana permainan yang disebut sebagai Little Venice.

Sesuai namanya, Little yang artinya kecil dan Venice yang mewakili salah satu nama kota di Italia, maka tempat ini dibuat dengan sedemikian rupa untuk menyerupai kota Venisia yang indah, namun dengan versi yang lebih kecil.

Di sana, kita bisa menaiki perahu gondola dan mengelilingi danau serta sungai yang di pinggirannya dipenuhi dengan rumah-rumah bernuansa Eropa yang hebat. Beberapa spot juga sangatlah instagrammable, sehingga hunting foto terbaik di tempat ini bisa dilakukan dengan begitu mudah. 

Glamping di Highland Park Resort

Akomodasi lain dari yang lain bisa kamu dapatkan di Highland Park Resort, dan sekaligus menjadi pilihan tepat jika kamu mencari petualangan dan liburan dengan nuansa berbeda.

Dengan konsep tenda bergaya Mongolia, resort ini menawarkan tempat yang tidak menawarkan sisi petualangan saja, juga memberikan kenyamanan super layaknya menginap di hotel berbintang.

Sesuai namanya, Glamping yang berarti “glamorous and camping” pastinya menyediakan fasilitas yang bisa membuat kita betah berlama-lama berada di tempat tersebut. 

Tersedia tempat tidur yang nyaman, sofa, toilet, dan bahkan AC – meskipun sebagian besar waktu kita tak membutuhkan pendingin ruangan karena suhu cuacanya yang konstan antara 13-24 derajat celcius.

Menjelajahi Labirin di Taman Bunga Nusantara

Sebuah tempat romantis yang dipenuhi dengan berbagai macam spesies bunga cantik hadir di Puncak untuk menyuguhkan beragam kenangan indah bersama pasangan atau orang terdekat.

Taman Bunga yang terletak bersebelahan dengan kota Cipanas ini memiliki beberapa taman yang terinspirasi dari berbagai macam tempat di dunia, seperti Perancis, Mediterania, Jepang, dan keindahan lokal bertema Bali.

Namun daya tarik utamanya ada di taman labirin yang terinpirasi oleh konsep Tembok Troy yang ada berabad-abad lalu. 

Kita akan berada di dalam jalan berliku dengan tanaman setinggi satu setengah meter berjejer di sepanjang perjalanan, membentuk sebuah jalan setapak yang seringkali membuat kita tersesat di dalamnya.

Mengecoh Mata di The Illussion

Tempat lainnya yang juga begitu sangat instagrammable dan mampu menghasilkan foto-foto unik yang bikin orang terpelongo.

Ini karena di dalamnya disedikan gambar-gambar 3D yang seolah kita berinteraksi dengannya secara langsung, sehingga menciptakan kejadian yang benar-benar absurd.

Beberapa area ruangan juga menampilkan rumah dengan posisi yang tak semestinya, sehingga kita akan nampak seperti menempel di langit-langit atau dinding melawan gravitasi.

Tempat ini berada di The Jungele Mall yang dilengkapi hingga 55 spot foto yang menarik! Dijamin akan membuat kamu puas deh!

Mandi di Curug Leuwi Lieuk

Wisata Puncak memang sebagian besar bernuansa alam, sehingga mandi di air terjun pun bisa menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan. 

Diberi nama Curug Leuwi Lieuk, air terjun yang indah ini berada tepat di tepi sungai yang bertabur bebatuan. Kita bisa mencapainya dengan berjalan melalui jalan setapak berbatu diantara lokasi alami yang rimbun dengan tumbuhan hutan. 

Akan sangat mengasyikkan untuk hiking menuju tempat ini bersama keluarga. Saat tubuh masuk ke dalam air sungai, maka perasaan dingin dan segar akan langsung menghantam seluruh sel-sel dalam tubuh kamu. 

Biaya masuknya sendiri adalah sekitar 30 ribu untuk orang dewasa, serta gratis bagi anak-anak. Siapkan pula biaya parkir sebesar 20 ribu rupiah.

Jajanan Sehat di Cimory Riverside Puncak

Yogurt memang sudah terkenal akan kemampuannya dalam menjaga usus kita agar tetap sehat. Namun di Cimory Riverside Puncak, kita bisa mendapatkan area menarik lainnya yang cocok untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. 

Terutama buat anak-anak, area ini bisa memberikan pengalaman dan pelajaran bagi si kecil untuk mengenal satwa secara langsung.

Tepi sungai yang bersih, jernih, dan terawat serta hutannya juga menjadi pemandangan yang begitu asri dan menenangkan. 

Disarankan untuk berkunjung pagi-pagi ke tempat ini sebelum ramai untuk berburu cuaca segar yang menyehatkan.