9 Wisata Sentul Bernuansa Alam dan Penuh Kenangan

Tak begitu jauh dari Kota Jakarta, kita bisa dengan mudah mengakses salah satu area terluas dan terkenal di kota Bogor, yaitu Sentul. 

Wisata sentul sendiri sebenarnya bisa terbilang mewah dan alamiah, akan tetapi masih bisa dinikmati oleh semua kalangan berkat harganya yang tak bikin was-was.

Dimulai dari Taman Bermain dan Outbound, hingga menjelajahi pegunungan dan air terjun, kita bisa melakukannya hanya dalam satu kawasan saja. 

Dengan begitu, semua aktivitas menyenangkan tersebut bisa dilakukan tanpa membuang banyak waktu di perjalanan. 

Jika kebetulan di akhir pekan ini kamu berada di kota Bogor, maka segera bawa keluarga atau orang terdekat kamu menuju beberapa lokasi berikut ini sebagai bagian dari wisata Sentul yang penuh dengan keseruan tiada akhir. 

Hutan Pinus Gunung Pancar

Dengan harga tiket yang terjangkau, kita bisa menikmati keindahan alam berupa hutan pinus yang terletak di Gunung Pancar.

Meskipun banyak orang yang menilai bahwa kata hutan itu identik dengan alam liar dan rimba, akan tetapi Hutan Pinus Gunung Pancar malah selalu dikerumuni banyak orang setiap minggunya. 

Jika kamu datang di akhir pekan, maka akan banyak sekali pengunjung yang datang dari berbagai macam arah, berkat suasananya yang sejuk, pemandangannya yang indah, dan fasilitasnya yang lengkap termasuk mushola dan kamar mandi.

Harga makanan dan minuman pun terbilang wajar, sekalipun dijual kepada para pelancong yang datang dari luar kota.

Kampung Koneng

Beberapa area dari Kampung Koneng menawarkan nuansa dengan desain seperti di negara Jepang, akan tetapi tanpa menghilangkan unsur Indonesianya yang begitu kental dan khas.

Disarankan untuk datang ke tempat ini pagi-pagi sekitar pukul 8, agar masih mendapatkan tempat terbaik untuk sarapan.

Menu makanan dari resto itu sendiri sangatlah bervariatif lengkap dengan taman bermain dan bergaya kekeluargaan. Namun hal yang paling penting adalah harga dari makanan dan minumannya yang tak bikin kantong kita menjerit kesakitan.

Salah satu menu terfavorit di tempat ini adalah sate tulang, yang juga bisa kamu pesan dalam porsi besar untuk disantap barengan bersama keluarga.

Curug Leuwi Hejo

Perjalanan kamu bisa dilanjutkan menuju sebuah tempat bernuansa alami, tepatnya di Curug Leuwi Hejo. Area ini menawarkan kita aktivitas hiking singkat yang kemudian berakhir di sebuah air terjun yang airnya terasa sangat dingin. 

Saat artikel ini dibuat, tiket masuknya adalah 30 ribuan saja, dan gratis bagi anak-anak. Siapkan juga tarif parkir sebesar 20 ribu jika kamu datang dengan kendaraan pribadi. 

Sekalipun aliran airnya begitu indah dan jernih, kekurangannya adalah datang dari para pelancong itu sendiri. Seringkali kita menemukan beragam sampah kota seperti gelas plastik, kantong sasetan bekas kopi, puntung rokok, dan sebagainya. 

Jadi, pastikan kamu tak meniru perbuatan yang merusak alam tersebut ya. Soalnya, sampah apapun yang kita buang di hulu sungai dan gunung, maka akan kembali ke kota di dataran rendah dan menyebabkan bencana berupa banjir.

Curug Bidadari

Masih liburan yang bernuansa alam, curug bidadari juga termasuk area tempat yang wajib kamu datangi untuk mendapatkan pemandangan indah dan udaranya yang segar, lengkap dengan aliran sungai yang berasal dari hempasan air terjun yang lumayan tinggi. 

Sayangnya, datang ke tempat ini bisa dibilang untung-untungan, karena kamu harus mampu mendapatkan jalur alternatif. Jika tidak, maka akan dihalau oleh beberapa warga yang ingin memanfaatkan situasi. 

Terlepas daripada itu, kita akan disuguhkan dengan kejernihan air terjun tiada tara. Dikarenakan situasinya yang negatif tersebut jugalah, area ini sangat sepi pengunjung, padahal objek wisatanya tak kalah jika dibandingkan dengan di tempat lain saat berwisata Sentul berlangsung. 

Sawah Segar

Berbeda dengan wisata Sentul air terjun di atas, Sawah Segar tentunya jauh dari masalah karena dikelola oleh orang yang tepat. 

Landmark dari tempat ini sebenarnya berupa restoran berdekorasi ala Sunda untuk menikmati makan siang atau makan malam bersama keluarga. 

Akan tetapi di sekelilingnya memiliki pemandangan indah yang akan menawarkan suasana pedesaan yang asri dan damai.

Akses jalannya memang agak sedikit bergelombang, akan tetapi sebuah kesulitan kamu saat mengemudi tentunya akan terbayar lunas dengan makanannya yang enak, suasana lingkungannya yang nyaman, serta para staf-nya yang ramah. 

Epic Outbound

Sesuai namanya, tempat ini menawarkan kegiatan luar ruangan yang menyenangkan dan terkadang memicu adrenalin. 

Dengan begitu Epic Outbound sangatlah cocok buat kamu yang ingin menggerakkan badan dan berolahraga, sambil menikmati berbagai macam atraksi dan kegiatan yang ditawarkannya. 

Misalnya, kita bisa melakuan paintball dan glamping di tempat ini. Berbagai macam aktivitas seru lainnya juga cocok kamu alami sendiri bersama teman-teman, rombongan, atau keluarga besar saat berkunjung ke Wisata Sentul.

JungleLand

Selanjutnya ada pula sebuah lokasi taman bermain bagi orang dewasa dan anak-anak bernama JungleLand. 

Ada banyak sekali atraksi yang disediakan di tempat ini, dimulai dari bermain air hingga melihat pemandangan dari atas menggunakan bianglala.

Disebut cocok buat seluruh usia karena wahana permainan bagi orang dewasa dan anak-anak dipisahkan.

Jadi siapapun kamu dan berapapun usia kamu saat ini, maka bermain ke JungleLand haruslah menjadi tujuan utama kamu saat Wisata Sentul berlangsung. 

Secara keseluruhan, tempat ini sangatlah menyenangkan, menghibur, dan lokasi terbaik untuk melepas penat dari rutinitas kerja sehari-hari. Makanan dan minuman yang dijual juga tidak terlalu mahal, dan rasanya pun sangat enak. 

Gunung Ciung

Jika beberapa pungli yang terdapat di area alam seperti air terjun bisa bikin kamu kesal, maka kabur saja ke Gunung Ciung untuk membalikkan mood kamu menjadi seru kembali.

Pasalnya, sejauh ini belum ada yang mengeluhkan tentang oknum-oknum tak bertanggung jawab, sehingga menjadi pelarian yang cocok untuk rekreasi berbasis alam berwisata ke Sentul. Ini berkat pemilik tanah yang tak serakah dan mampu mengelola areanya dengan sangat baik. 

Buat kamu yang belum tahu, Gunung Ciung ini sebenarnya properti pribadi yang dibuka untuk umum. Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di tempat ini, dimulai dari piknik dan makan-makan, hingga berkemah di camping ground yang mereka sediakan. 

Garuda Farm Sentul

Lokasi peternakan ini dimiliki oleh tokoh politik terkenal Bapak Prabowo, dan terbuka bagi umum. 

Selain peternakan sapi yang menghasilkan produk susu, kita juga bisa bermain ke perkebunan hidroponik, peternakan ayam petelur, dan peternakan ikan. 

Jadi selain memberikan kesenangan tersendiri dengan menyatu bersama kehidupan flora fauna, juga menghadiahi kita dengan sisi edukasinya secara langsung. 

Saat kaki mulai letih berjalan, maka kita bisa beristirahat di bale-bale yang terbuat dari bambu. Pihak Garuda Farm Sentul menyediakan fasilitas tersebut secara gratis untuk kita gunakan. 

Jangan lupa untuk membeli susu murni secara langsung dan menikmatinya hangat-hangat sambil beristirahat bersama keluarga tercinta.