8 Rekomendasi Wisata Sukabumi Buat Kamu yang Cinta Alam

Menghampar luas di wilayah selatan Pulau Jawa, terdapat sebuah kota yang begitu mencintai alamnya sendiri yang diberi nama Sukabumi.

Tempat ini begitu strategis karena bisa diakses dari berbagai macam wilayah, termasuk dari Bandung, Cianjur, dan Bogor.

Dimanapun saat ini kamu menginjakkan kaki, maka bisa dengan mudah mendatanginya untuk berbagai macam keperluan.

Tak perlu dielakkan pula jika kota Sukabumi memang terkenal akan daerah wisatanya karena menyimpan harta karun alam yang tak ternilai, dimulai dari pantai, air terjun, puncak, hingga pegunungan. 

Suhu udaranya sendiri sangatlah konstan dan agak dingin, sehingga cocok buat kamu yang tengah membutuhkan suasana santai dan terlepas dari kesibukan kota besar sehari-hari.

Untuk itulah, beberapa area wisata berikut ini wajib kamu datangi sebagai bagian dari wisata Sukabumi yang telah kamu rencanakan selama ini. 

Curug Sawer

Kata curug berasal dari bahasa Sunda yang berarti air terjun. Kita tentunya bisa menemukan berbagai macam spot wisata yang menyediakan area curug tersebut di dalam dan sekitaran kota Sukabumi. 

Curug Sawer sendiri tercipta secara alami dan berhasil membuat sebuah kolam yang begitu indah di bawahnya. Kita dapat mencapainya setelah melewati sebuah jembaan gantung karena lokasinya yang memang dikelilingi oleh hutan hujan yang lebat.

Meskipun begitu, semua fasilitas yang ada di tempat ini sudah mampu memudahkan para wisatawan untuk mengaksesnya dengan berjalan kaki tanpa harus mengeluarkan ekstra tenaga.

Tak perlu juga capek-capek membawa makanan dari rumah karena di sekitaran Curug Sawer menawarkan banyak stan makanan. 

Salah satu aktivitas yang bisa kamu nikmati di tempat ini selain menyaksikan pemandangan air terjun itu sendiri adalah mencoba pengalaman baru bersama arum jeram. Namun dikhususkan untuk orang dewasa saja.

Sementara jika kamu membawa si buah hati main ke tempat ini, maka masih bisa mengajaknya menjelajahi alam lebih jauh lagi sebagai aktivitas piknik dan rekreasi. 

Sayangnya, tempat ini akan banyak dikunjungi orang dan terkesan ramai jika kamu memutuskan untuk datang di akhir pekan.

Jembatan Situ Gunung

Sebuah area alami yang rimbun dengan pepohonan juga bisa kita jelajahi dengan santai melalui sebuah jembatan gantung bernama Situ Gunung. Jembatan ini terbuat dari kayu panjang nan kokoh dan mampu menampilkan pemandangan indah di sekitarnya.

Desain dan arsitektur jembatannya sendiri sangatlah menakjubkan, sehingga cocok buat kamu yang cinta dengan petualangan bertema alam. Tempat ini tentunya terbuka untuk umum dan berhasil terkelola dengan begitu baik. 

Jika misalnya kamu takut akan ketinggian namun masih penasaran untuk menyeberang, maka disediakan sebuah alat pengaman berupa sabuk yang bisa kita sewa seharga 100.000 rupiah saja.

Ada juga paket glamping yang ditawarkan, tetapi harus melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum kamu pergi ke sana.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Rasakan getaran alami dari sebuah pegunungan yang dijadikan sebagai Taman Nasional oleh pemda setempat di Gunung Halimun Salak. Banyak sekali air terjun dan pemandangan indah yang tengah menanti kita untuk dijamahi.

Harga tiketnya cukup murah. Jadi, budget bermain sebesar 100.000 rupiah saja sudah cukup untuk membuat kamu merasa nyaman dan tenang.

Tapi perlu berhati-hati saat di perjalanan karena cenderung bergelombang. Jika kamu bawa mobil pribadi, sewalah supir berpengalaman agar tidak mengalami hal-hal yang tak diinginkan.

Secara keseluruhan, Taman Nasional Gunung Halimun Salak sangat cocok untuk kamu jadikan area rekreasi bersama keluarga atau solo traveling demi bersembunyi dari kesibukan kota besar.

Danau Bacan

Masih berbicara mengenai keindahan alam, tempat selanjutnya yang wajib kamu datangi sebagai bagian dari Wisata Sukabumi adalah Danau Bacan.  

Menawarkan pemandangan yang indah, Danau Bacan juga tentunya mampu menyediakan sebuah air yang begitu jernih sehingga membuat siapa saja yang melihatnya merasa damai.

Namun sekalipun menawarkan air yang nampak menyegarkan, akan tetapi kita tak diperkenankan untuk berenang karena terlalu beresiko.

Sebagai gantinya, kita bisa berekreasi di sekitaran tempat untuk menenangkan diri atau meditasi. Banyak pula para pengunjung yang melakukan photoshot di sekitaran danau demi hunting gambar yang sempurna untuk dipajang di akun medsos masing-masing.

Curug Cimarinjung

Tak heran jika kota ini dinamakan sebagai Sukabumi, karena memang mampu menawarkan sejuta keindahan alam yang tiada tara. 

Termasuk Curug Cimarinjung, tempat ini menawarkan pemandangan air yang berjatuhan dari ketinggian dan terhempas di bebatuan dengan kolam kecil di bawahnya. Tempat ini akan nampak begitu dramatis jika kamu berkunjung pada saat musim hujan. 

Curugnya begitu tinggi, airnya bersih, dan lingkungan sekitar benar-benar terawat dengan baik. Memang masih ada beberapa sampah kota yang dibawa oleh para pengunjung, akan tetapi para penjaga dan pengelola tempat ini senantiasa membersihkannya setiap waktu.

Fasilitasnya pun sangatlah lengkap, dimulai dari toilet hingga warung makan yang mampu menggoyang lidah kita sambil melihat pemandangan indah bernuansa alam. 

Curug Cigangsa

Seperti yang sudah disebutkan di awal-awal bahwa Sukabumi memang menawarkan banyak sekali area air terjun yang bisa kamu sambangi, tak terkecuali Curug Cigangsa yang ada di Surade.

Memang ada sedikit usaha tambahan untuk bisa sampai di tempat ini, akan tetapi semua rasa lelah kamu tersebut akan segera terbayarkan karena mampu memperlihatkan sebuah air terjun yang begitu indah. 

Disarankan untuk tidak berkunjung di musim kemarau karena biasanya air sungai akan mengering sehingga tak begitu bisa untuk dinikmati.

Situ Gunung

Situ Gunung Sukabumi akan memberikan pengalaman glamping yang luar biasa. Udara dingin yang menyegarkan akan langsung masuk ke pusat pikiran kita sesampainya di tempat ini. Staf dan layanannya juga begitu tanggap, baik, dan profesional. 

Dikarenakan menawarkan nuansa hijau yang alamiah, maka akan lebih indah saat dikunjungi di pagi hari. Bawa tikar atau karpet sebagai alat untuk berpiknik dan menikmati waktu berkualitas bersama keluarga dan orang terdekat.

Namun sebelumnya, kamu harus memiliki fisik yang lumayan kuat karena harus berjalan naik turun untuk bisa sampai ke tempat ini. Tak ada akses jalan mobil dan motor karena hanya berupa jalan setapak. 

Tebing Panenjoan

Area terakhir yang bisa kamu datangi saat wisata Sukabumi berlangsung adalah Tebing Panenjoan yang memungkinkan kita melihat alam dari ketinggian. 

Dapat diakses dengan berkendara selama 30 menit dari Pantai Palangpang, tempat ini mampu menyediakan lanskap yang begitu indah lengkap dengan geopark Ciletuh sebagai ampiteater di sana. Disediakan papan informasi untuk mengenal lebih jauh akan tempat ini. 

Buat kamu yang doyan selfie, ada pula sebuah set rotan yang bisa memfasilitasi hobi kamu tersebut yang bisa dibayar seharga 3.000 per orang saja.

Secara keseluruhan, Tebing Panenjoan bisa menjadi tempat dengan pemandangan geopark terbaik di Sukabumi. Untuk lebih memuaskan kunjungan, ada sebuah toko kecil di pintu masuk yang menjual keripik pisang dan nasi hitam buatan sendiri yang lezat, cocok kamu jadikan oleh-oleh.