Gunung Rinjani; Fakta Unik dan Keindahan Tempat Wisatanya


Siapa yang tidak tahu dengan Gunung Rinjani, salah satu gunung yang sangat populer berada di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Gunung yang berada di ketinggian 3.726 mdpl ini dinobatkan sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia.

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung cantik di Indonesia yang terletak pada tiga kabupaten yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Gunung tersebut masuk ke dalam bagian Taman Nasional Gunung Rinjani dan dinobatkan sebagai geopark oleh UNESCO pada tahun 12 April 2018.

Tidak hanya menyajikan pandangan indah, di Gunung Rinjani kamu dapat menikmati spot-spot wisata yang tersebar di Taman Nasionalnya. Sebab itu, banyak para pencinta alam yang menjadikan gunung tersebut sebagai salah satu pilihan tempat pendakian.

Sejarah dan Makna Gunung Rinjani

Setidaknya hingga saat ini, ada tiga sejarah asal muasal penamaan Gunung Rinjani di kalangan masyarakat.

Sejarah pertama mengatakan bahwa kata "Rinjani" berasal dari bahasa Jawa Kuno yang memiliki arti "Tuhan". Sedangkan versi kedua mengatakan nama "Rinjani" diambil dari nama seorang putri kerajaan yang pergi menemani ayahnya bersemedi di gunung ini. Dan versi ketiga mengatakan bahwa nama "Rinjani" diambil dari kisah cinta kerajaan seorang hamba miskin yang tidak direstui sang raja.

Entah mana dari ketiga itu yang menjadi awalan, namun yang pasti nama Rinjani sudah ada semenjak semua orang mengenal gunung tersebut.

Harga Tiket Masuk Gunung Rinjani


Ketika mendaki Gunung Rinjani, kamu akan menghabiskan setidaknya 3 hari 2 malam perjalanan. Dalam melakukan perjalanan ini, ada sejumlah harga yang harus kamu bayar dan terbilang cukup besar. Namun harga tersebut dapat berkurang jika pendaki sudah melengkapi peralatan mereka sendiri.

Ketika ingin berkunjung ke gunung rinjani, harga tiket yang harus kamu bayar ketika memasuki kawasan gunung ialah Rp 5.000 per orang di hari biasa. Sedangkan di hari libur harga tiket naik menjadi Rp 7.500 per orang. Harga ini hanya berlaku bagi pengunjung lokal saja.

Sedangkan untuk wisatawan asing, harga tiket untuk hari biasa ialah Rp 150.000 per orang. Sedangkan untuk weekend, harga tiket masuk kawasan ialah Rp 250.000 per orang.

Harga ini baru sebatas masuk kawasan saja, belum termasuk kedalam harga penyewaan barang, guide, jasa potret dan lainnya. Jika kamu datang ke lokasi tanpa membawa alat pendakian, maka kamu bisa menyewa alat-alat di lokasi dengan harga yang cukup mahal.

Selain itu juga ada harga tambahan yang harus ku bayar ketika mau berkunjung ke lokasi yang ada di sekitar gunung rinjani seperti taman nasional.

Fakta Unik Tentang Gunung Rinjani


Selain mitos yang beredar di kalangan masyarakat tentang gunung rinjani, terdapat beberapa fakta unik tentang gunung ini. Apa saja fakta tersebut, berikut beberapa fakta menarik tentang gunung rinjani :

1. Rumah Ribuan Spesies Flora dan Fauna

Karena gunung rinjani masuk kedalam wilayah Tanam Nasional Gunung Rinjani (TNGR), membuatnya menjadi salah satu ekosistem dengan tipe hutan hujan pegunungan dan savana seluas 40.000 hA. Pada kawasan ini terdapat ribuan spesies baik flora maupun fauna.

2. Berdekatan dengan Beberapa Gunung Lain

Di dekat gunung rinjani terdapat dua buah gunung lainnya yaitu gunung Baru (Barujari) dan gunung Rombongan. Kedua gunung tersebut sama-sama merupakan gunung berapi aktif. Sebab itu jika kamu berada di titik tertinggi gunung rinjani ini, maka ada kemungkinan kamu akan melihat kedua gunung tersebut.

3. Pernah Meletus

Karena Gunung Rinjani merupakan gunung berapi aktif, maka sudah wajar jika gunung ini pernah mengalami letusan.

Setidaknya hingga saat sekarang ini gunung rinjani sudah mengalami letusan sebanyak 10 kali. Letusan pertama gunung rinjani terjadi pada tahun 1846 dan yang terakhir terjadi di tahun 2009 lalu.

Letusan dari gunung rinjani ini menyebabkan munculnya banyak gunung-gunung kecil di sekitaran kaki gunung batujari.

4. Rumah Bagi Danau Tertinggi

Pada gunung Rinjani terdapat sebuah kawah yang menjadi objek danau cantik. Danau tersebut memiliki nama danau segara anak.

Danau ini menjadi salah satu danau tertinggi yang ada di Indonesia dengan ketinggian sekitar 2.010 mdpl. Di sini kamu dapat melihat pemandangan yang indah, memancing hingga menyusui gua-gua.

5. Dinobatkan Sebagai Global Geopark

Pada tahun 2018, gunung rinjani ditetapkan oleh UNESCO sebagai anggota global geopark. Efek dari penetapan ini, membuat gunung rinjani menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki baik lokal maupun mancanegara.

Pesona dan Daya Tarik Gunung Rinjani


Selain memiliki fakta unik, gunung rinjani juga memiliki daya tarik dan pesona tersendiri dalam menarik pengunjung. Berikut beberapa pesona dan daya tarik gunung rinjani :

1. Tempat Mendaki yang Indah

Alasan gunung rinjani menjadi pilihan banyak pendaki ialah karena memiliki pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan. Sepanjang perjalanan para pendaki akan disuguhkan dengan pemandangan yang memanjakan mata. Sebab itu tidak heran gunung ini menjadi pilihan banyak orang, baik wisata lokal maupun asing.

2. Air Terjun

Pesona lain yang ada di gunung rinjani ini ialah terdapatnya sebuah air terjun. Air terjun pada gunung ini memiliki ketinggian 25 meter yang menjadi salah satu objek yang menghipnotis pengunjung. Dengan adanya pesona air terjun ini, membuat jalur gunung rinjani menjadi terasa lebih asri.

3. Pemandian Air Panas

Pada gunung rinjani juga terdapat sebuah pemandian air panas yang menjadi daya tarik sendiri. Pemandian ini sudah difasilitasi sehingga bisa dinikmati dengan mudah oleh pengunjung. Bukan hanya itu saja, di sekitaran lokasi ini juga banyak terdapat hewan berkeliaran seperti kera, burung, rusa bahkan lutung.

4. Danau Segara Anak

Pada gunung rinjani ini, terdapat sebuah danau yang bernama danau segara anak. Danau ini sangat indah karena mempunyai bentuk menyerupai bulan sabit. Penamaan diambil dari bentuknya yang menyerupai seperti anak lautan.

Di danau ini kamu diperbolehkan untuk melakukan pemancingan serta mendirikan camp di area pesisir danau yang luas. Hal ini tentu akan menciptakan suasana camping yang sangat menyenangkan.

5. Desa Adat

Di kawasan gunung rinjani juga terdapat sebuah desa adat yang bernama desa Senaru. Desa ini memiliki arsitektur yang unik dan kental akan unsur tradisional Indonesia.

Hal ini menjadikannya sebagai salah satu objek wisata budaya yang kental akan akan adat istiadat daerah setempat. Walaupun terkesan kuno, di area sekitar desa ini ternyata juga terdapat penginapan berkualitas serta restoran. 

Hal ini membuatnya menjadi salah satu tempat yang cukup berkualitas dijadikan sebagai lokasi liburan.

6. Padang Savana Sembalun Lawang

Sembalun lawang merupakan salah satu jalur pendakian gunung rinjani yang cocok dilalui pemula. Jalur pendakian ini memiliki pemandangan khas savana sepanjang 6 kilometer. Pada savana kamu akan melihat pemandangan sekitar didominasi oleh rerumputan yang tumbuh menjulang dengan ketinggian 1 hingga 1,5 meter.

7. Palawangan Sembalun dan Romantisme Sunset

Palawangan sembalun ini merupakan lokasi camp yang cukup luar dan biasa dijadikan oleh pendaki sebagai persinggahan. Selain memiliki lokasi yang landai dan rata, alasan lokasi ini sering dipilih karena berhadapan langsung dengan segara anak.

Disini kamu bisa menyaksikan pemandangan sunset dengan hiasan pulau Lombok. Selain itu di lokasi ini kamu juga bisa menyaksikan penampakan gunung lainnya yang diselimuti oleh awan.

8. Puncak Rinjani

Tujuan akhir dari proses pendaki ialah menemukan titik tertinggi yaitu puncak. Pada puncak ini kamu bisa menyaksikan pemandangan mengagumkan pulau Lombok dan Sumbawa. Selain itu dari lokasi puncak ini kamu juga bisa menyaksikan seluruh area sekitar gunung rinjani ini.