Mengenal Gunung Kawi dan Tempat-Tempat Wisatanya


Gunung kawi merupakan gunung berapi yang diketahui sudah lama sekali tidak aktif kembali. Gunung eksotis satu ini berada di antara dua Kabupaten di Jawa Timur, tepatnya di sebelah daya Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Gunung Kawi mempunyai ketinggian sekitar 2.551 MDPL.

Gunung Kawi mempunyai banyak sebutan, di antaranya adalah Gunung Tidur karena jika dilihat dari spot tertentu gunung satu ini akan tampak seperti seorang wanita yang sedang tertidur pulas, dengan anggota kepala berada si sebelah selatan, dada dan kakinya menjulur panjang ke arah kawasan utara.

Gunung Kawi memiliki pemandangan yang cukup indah, sejauh mata memandang terlihat pegunungan hijau dihiasi dengan hutan dan daerah pertanian warga. Kalau kamu melihat ke arah utara dari puncak Gunung Kawi, maka akan terlihat pemandangan perkotaan yang tidak kalah indah dari pemandangan lain karena akan tampak seperti ikon di tengah pegunungan yang menjulang.

Jika kamu tertarik mendaki Gunung Kawi, maka kamu harus mengetahui beberapa jalur aman untuk kamu lewat. Jalur pendakian menuju gunung tersebut di antaranya: Jalur Panderman dari Kota Batu, jalur Kerinci dari Kota Batu, jalur Precet dari Wagir Kabupaten Malang, jalur Kraton Gunung Kawi, dan jalur Kebun teh Sirah Kencong. Dari Wlingi Kabupaten Blitar.

 Tempat-tempat Wisata di Kawasan Gunung Kawi

Gunung Kawi juga terkenal akan objek wisata alam yang eksotis. Selain bisa menikmati nuansa alam yang terdapat di kawasan gunung tersebut, pengunjung juga bisa mendatangi tempat-temat wisata menarik yang ada di sana.

Apa sajakah tempat-tempat wisata yang ada di sana? Ulasan di bawah ini akan menyebutkannya secara detail : 

1. Lembah Indah Malang Gunung Kawi


Tempat wisata alam pertama yang sangat terkenal di kawasan Gunung Kawi adalah lembah indah Malang Gunung Kawi. Tempat wisata satu ini berada di lereng gunung tersebut, sehingga masyarakat sekitar menyebutnya dengan Lembah Gunung Kawi.

Meskipun tergolong baru, wisata alam Lembah Gunung Kawi cepat mendapat respon positif dari masyarakat. Tidak sedikit pengunjung yang datang dari luar daerah Malang, bahkan dari mancanegara.

Wisata alam Lembah Gunung Kawi merupakan wisata yang memadukan beberapa spot dan tempat menarik sebagai daya tariknya. Keunikannya terlihat jelas dari konsep utama wisata alam ini yang memanfaatkan keindahan alam berupa lembah dipadu dengan hijaunya perbukitan lereng gunung. Selain itu, terdapat penginapan kecil yang menjadi ikon utama di tempat tersebut yaitu berupa Glamping (Glamping Camping) yang akan tampak dari atas seperti topi-topi berwarna putih berjejer rapi.

Lembah Gunung Kawi memiliki banyak fasilitas menarik yang dapat pengunjung nikmati, di antaranya adalah: Gazebo, Glamping, Tempat Parkir Luas, Camping Ground, Mushola, Kantin, Toilet, Villa dan masih banyak yang lainnya.

Jika kamu ingin merasakan sensasi menginap di dalam camping, kamu hanya perlu menyewanya dengan harga Rp. 400.000. Harga sewa Camping Ground mulai dari harga Rp. 75.000 hingga Rp. 200.000, dan harga untuk menginap di Villa mulai dari harga Rp. 1.000.000 sampai Rp. 2.000.000.

Jika kamu tertarik menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di kawasan wisata alam Lembah Gunung Kawi Malang, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000 untuk satu orang.

Biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak pengelola wisata alam Lembah Gunung Kawi.

2. Keraton Gunung Kawi


Keraton Gunung Kawi merupakan tempat bersejarah di kawasan Gunung Kawi. Suasana yang sarat akan nilai sejarah akan terasa saat kamu berkunjung ke tempat ini. Seakan-akan kamu kembali ke masa lalu pada masa Kerajaan Mataram yang berkuasa di daerah Malang dan sekitarnya.

Tempat wisata sejarah satu memiliki suasana nyaman, sejuk disertai dengan parit-parit kecil yang mengalirkan air pegunungan dari atas Gunung Kawi ke daerah persawahan warga yang berada di bawahnya. 

Wisata alam Keraton Gunung Kawi berada di Dusun Gendogo, Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang Jawa Timur. 

3. Wisata Air Terjun Coban Baung


Tempat wisata selanjutnya yang tidak kalah keren adalah Air Terjun Coban Baung. Tempat wisata alam eksotis ini berada di kawasan lereng Gunung Kawi, tepatnya berada di Desa Kebobang, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang Jawa Timur.

Wisata alam Air Terjun Coban Baung sangat cocok untuk penggemar wisata air terjun yang dihiasi dengan pemandangan pegunungan yang sejuk. Di tempat tersebut terdapat air mancur yang mengucur deras dari ketinggian lebih dari 90 meter. Air  yang mengalir ini juga tidak terlalu deras, menjadikan wisata alam air terjun satu ini aman dan nyaman untuk semua kalangan masyarakat.

Jika kamu tertarik berkunjung ke tempat wisata alam Air Terjun Coban Baung, kamu hanya perlu melewati beberapa jalan setapak menuju ke sana. Di sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi panorama alam nan memukau berupa sungai, pesawahan, hutan dan perbukitan hijau. Setelah sampai di kawasan Air Terjun Coban Baung, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 untuk satu orang pengunjung. Harga ini tentu saja bisa berubah sewaktu-waktu.

4. Perhutani Precet Lereng Gunung Kawi


Perhutani Precet Lereng Gunung Kawi merupakan wisata alam yang menjadikan hutan pinus sebagai ikon utamanya. Wisata alam satu ini berada di Dusun Precet, Desa Parangargo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang Jawa Timur.

Perhutani Precet Lereng Gunung Kawi memiliki fasilitas yang lengkap untuk dapat pengunjung nikmati bersama keluarga. Fasilitas ini di antaranya area parkir luas, area outbond, spot foto keren beragam bentuk mulai dari love, gambar binatang dan lain sebagainya dan memiliki banyak fasilitas lainnya.

Meski tergolong masih dalam tahap pembangunan, Perhutani Precet Lereng Gunung Kawi sudah memiliki banyak pengunjung setia, baik dari warga sekitar Kabupaten Malang maupun dari daerah luar pulau Jawa.

Harga tiket masuk ke kawasan wisata alam yang satu ini sebesar Rp. 5.000 untuk satu orang pengunjung.

5. Wisata Alam Agro Tumpeng


Wisata alam selanjutnya adalah Alam Agro Tumpeng. Wisata alam satu ini berada di area perkebunan teh, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang Jawa Timur. Alam Agro Tumpeng memiliki sejumlah fasilitas utama untuk dapat dinikmati oleh pengunjung yang datang. Fasilitas ini di antaranya area parkir yang luas, perkebunan buah-buahan, musholla, area anak, toilet dan lain sebagainya.

Alam Agro Tumpeng memadukan wisata alam dengan edukasi perkebunan buah untuk pengunjung yang datang. Sehingga, pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan yang tersedia, namun juga dapat belajar menjadi petani buah-buahan.

Harga tiket masuk untuk dapat memasuki kawasan Alam Agro Tumpeng adalah Rp. 10.000 untuk satu orang pengunjung.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Gunung Kawi dan tempat-tempat wisata yang ada di dalamnya. Semoga informasi yang dibagikan pada postingan kali ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi yang ingin mengunjungi gunung tersebut.